Kontroversi dan Biodata Onew SHINee, Pernah Operasi Pita Suara

Marie Claire
Onew SHINee
Penulis: Yasmin Karnita
4/8/2021, 16.10 WIB

ZIGI – Onew SHINee tengah digandrungi oleh publik berkat penampilannya dalam acara JTBC, Sea of Hope. Interaksi artis asuhan SM Entertainment itu dengan jajaran host mencakup Lee Dong Wook, Lee Suhyun AKMU hingga Rose Blackpink juga difavoritkan.

Sang pemilik nama asli Lee Jin Ki ini telah berkiprah di industri hiburan sejak tahun 2008. Sepanjang kariernya, Onew menuai kesuksesan luar biasa juga sebagai aktor dan solois. Namun, dia sempat beberapa kali terseret dalam kontroversi.

Kini nama Onew menjadi trending di berbagai platform media sosial. Bagi kamu yang masih belum familiar dengan sosok pria satu ini, yuk simak fakta, profil lengkap biodata Onew SHINee di bawah ini!

Karier Onew Sebagai Member SHINee

Onew lolos audisi SM Entertainment lewat S.M. Casting System pada 2006, kemudian menjalani masa training selama kurang lebih dua tahun sebelum akhirnya debut dalam boyband SHINee bersama mendiang Jonghyun, Choi Minho, Key serta Taemin.

Nama panggung Onew diambil dari dua penggalan kata bahasa Mandarin yang berarti kehangatan dan mengalir. Diketahui bahwa nama tersebut diberikan langsung oleh Lee Soo Man, sang pendiri SM Entertainment. 

Onew melakukan debut solo dengan merilis album VOICE pada 5 Desember 2018. Sayang, dia tidak menjalani aktivitas promosi karena langsung mendaftar wamil tanggal 10 Desember 2018. Onew menyelesaikan pengabdian negaranya itu per 20 Juli 2020. Idol 31 tahun ini juga seringkali menyumbangkan suaranya untuk OST (soundtrack) drama serta menjadi featuring penyanyi-penyanyi terkenal. 

Selain sukses berkarier sebagai member SHINee dan solois, Onew aktif menjajal berbagai peran drama musikal. Pria kelahiran 1989 ini juga sering diundang untuk tampil sebagai bintang tamu.

Onew pernah menjadi host tetap untuk sederet variety show mencakup MBC Music Core (2011), SBS Law of the Jungle (2014), tvN Eat Sleep Eat (2016) dan terbaru JTBC Sea of Hope (2021). 

Onew SHINee Sempat Operasi Pita Suara

Sebagai vokalis utama grup SHINee, Onew sempat mengkhawatirkan penggemar karena mendadak dikabarkan menjalani operasi pengangkatan polip pita suara dan memperbaiki lipatan mukosa pada Juni 2014.

Untungnya operasi tersebut berjalan lancar dan tidak meninggalkan efek samping yang dapat mengganggu aktivitas sehari-harinya. Karena operasi dan pemulihan ini, Onew tidak dapat bergabung dengan SHINee lainnya ketika mereka berangkat ke Brazil untuk menghadiri konser musik Music Bank dan gagal tampil di drama musikal Singing in the Rain.

Di lain sisi, Onew merupakan salah satu idol Kpop yang sering mengalami cedera hingga insiden di atas panggung. Sehingga kondisinya seringkali membuat Shawol, sebutan nama fandom untuk SHINee, khawatir. 

Tahun 2009, dia sempat kejatuhan lighting yang cukup berat saat berada di panggung acara Music Bank. Kala itu, Onew tak mengalami luka-luka yang serius.

Kemudian tahun 2013, Onew lagi-lagi dikabarkan mengalami cedera namun pada bagian leher. Karena kondisi tersebut, dia terpaksa absen dari aktivitas promosi comeback lagu Everybody bersama SHINee. Saat melakukan konser SHINee World V di 2016, Onew juga dilaporkan terjatuh hingga cedera karena kehilangan keseimbangan di atas panggung. 

Karier Onew SHINee di Dunia Akting

Lantas Onew SHINee melebarkan sayapnya dengan menjajal dunia akting. Dia membintangi proyek perdana lewat drama Dr. Champ (2010) sebagai cameo. Lalu dilanjutkan dengan penampilan singkat di drama Athena: Goddess of War (2010), Oh My God 2 (2012), Pure Love (2013) serta Welcome to Royal Villa (2013).

 

Sosok Onew sebagai aktor mulai diperhitungkan saat dia ambil peran di drama Descendants of the Sun (2016). Kala itu, Onew berperan sebagai seorang dokter bernama Lee Chi Hoon. Selain beradu akting dengan Song Hye Kyo dan Song Joong Ki, Onew diceritakan punya jalinan asmara dengan karakter yang diperankan Park Hwan Hee, Choi Min Ji.

Usai merampungkan syuting drama Descendants of the Sun, Onew sempat terseret rumor pacaran dengan Park Hwan Hee yang diduga terlibat cinta lokasi. Masing-masing agensi yang menaungi Onew dan Park Hwan Hee tak pernah memberikan tanggapan mengenai rumor itu.

Skandal Pelecehan Onew SHINee Tahun 2017

Onew SHINee pernah terseret dalam skandal yang cukup serius tahun 2017.

Pada 12 Agustus 2017, Onew dilaporkan atas pelecehan seksual oleh seorang wanita berusia 20-an, di sebuah klub di daerah Gangnam. SM Entertainment mengatakan bahwa kejadian itu hanyalah salah paham karena kondisi Onew yang sedang mabuk. Tetapi, orang yang sebelumnya mengaku sebagai korban menyadari kesalahpahaman tersebut dan mencabut laporannya.

Meski begitu, skandal tersebut terlanjur menjadi perbincangan hangat di publik hingga membuat Onew harus keluar dari proyek drama Age of Youth 2 (2017), absen konser, hingga benar-benar menghilang dari dunia hiburan. Namun Kantor Polisi Gangnam Seoul mengungkap bahwa kasus itu sempat diteruskan ke kejaksaan, seiring dengan tidak ada anjuran penahanan.

Setelah empat bulan bungkam, Onew akhirnya mengunggah surat permintaan maaf kepada publik dan mengabarkan bahwa dirinya memilih hiatus demi introspeksi diri.

Kegiatan Onew SHINee di Tahun 2021

Kini, Onew masih aktif bekarier bersama SHINee. Terbaru, dia menjadi host tetap dalam variey show Sea of Hope bersama Lee Dong Wook, Kim Go Eun, Lee Ji Ah, Yoon Jong Shin dan Lee Suhyun AKMU.

Interaksi Onew bersama para host yang lain begitu difavortikan, terlebih lagi dengan Rose Blackpink yang menjadi bintang tamu perdana acara tersebut. Dalam Sea of Hope, Onew menunjukkan bakat menyanyinya dengan tampil membawakan sederet cover lagu penyanyi-penyayi terkenal.

Profil dan Biodata Onew SHINee

Nama lengkap: Lee Jin Ki
Nama panggung: Onew
Tempat, tanggal lahir: Gyeonggi, 14 Desember 1989 (31 tahun)
Tahun aktif: 2008-sekarang
Agensi: SM Entertainment
Pendidikan: Chungwoon University jurusan Practical music (Sarjana), Chungwoon University jurusan Practical Music (Magister)
Keluarga: Ayah, ibu (anak tunggal)
Agama: Kristen Protestan
Media sosial: @dlstmxkakwldr (Instagram), @skehehdanfdldi (Twitter)

Sementara itu, penampilan terbaru Onew SHINee dapat disaksikan lewat acara Sea of Hope yang tayang setiap hari Selasa di JTBC. Selain menampilkan bakat memasak, sang pemilik nama asli Lee Jin Ki ini juga menyuguhkan berbagai penampilan membawakan cover lagu penyanyi-penyanyi terkenal.

Dalam acara Sea of Hope episode 7 yang mengudara pekan depan, Selasa, 10 Agustus 2021, Onew akan menyanyikan lagu Selene 6.23 milik SHINee.