ZIGI – Fu Yaning, salah satu trainee sekaligus kontestan dari acara survival terbaru Mnet bertajuk Girls Planet 999 dicibir oleh netizen usai berperilaku tidak sopan kepada Yujin CLC. Terbaru, perempuan asal Tiongkok ini terseret kontroversi rasial.

Saat acara survival Girls Planet 999 baru akan menayangkan episode perdana pada Jumat, 6 Agustus 2021, sosok Fu Yaning sudah dihujat habis-habisan. Terlebih lagi, dia kedapatan pernah mengucapkan kalimat-kalimat yang menjurus pada tindak rasis.

Lantas siapakah sosok Fu Yaning yang sebenarnya? Simak fakta, profil hingga biodata Fu Yaning yang kini menjadi salah satu kontestan di Girls Planet 999 lewat artikel di bawah ini.

Latar Belakang Fu Yaning

Fu Yaning lahir pada 14 Juli 1997 di Beijing, China. Kini usianya baru menginjak 24 tahun. Dia memiliki nama Inggris Jessie Fu serta nama panggung YENNY. Fu Yaning merupakan lulusan Communication University of China, School of Music and Recording Arts tahun 2015.

Kemudian Fu Yaning direkrut oleh Gramarie Entertainment sekitar 2017-2018. Hingga tahun 2021, dia menjalani masa training di sana. Selain memiliki suara yang bagus, Fu Yaning juga memiliki ketertarikan di dunia akting. Dia debut dengan membintangi drama Who’s the Drama Queen tahun 2020.

Semenjak saat itu, Fu Yaning sudah aktif berkarier di industri hiburan. Per 2021, dia telah dikonfirmasi membintangi dua drama Tiongkok bertajuk The Flowers Are Blooming dan My Heart. Namun belum diketahui pasti tanggal perilisannya.

Fu Yaning Pernah Ikutan Program Survival Youth With You 2

Tidak hanya menjalani syuting drama, Fu Yaning juga telah merilis single album perdananya bertajuk I’m Done pada tahun 2020. 

Fu Yaning sempat mencoba peruntungan dengan mengikuti program survival populer di Tiongkok, Youth With You 2, pada 2021. Kala itu, awal Fu Yaning menjadi kontestan tidak mulus karena dia mendapatkan peringkat C di evaluasi juri pertama. Lalu peringkat Fu Yaning juga kian menurun setiap episodenya. Dia akhirnya bertahan hingga episode 16 sebelum tereliminasi.

Kontroversi Fu Yaning Berperilaku Tidak Sopan ke Yujin CLC di Girls Planet 999

Acara survival show terbaru Mnet, Girls Planet 999 akan tayang perdana pada Jumat, 6 Agustus 2021. Total 99 trainee dari tiga negara berbeda mencakup Korea, Jepang dan China siap berkompetisi. 

Nantinya, girlband jebolan Girls Planet 999 akan debut dalam grup dengan latar belakang, bahasa hingga budaya masing-masing member berbeda. Program ini dipandu oleh Yeo Jin Goo, juga menghadirkan Sunmi dan Tiffany SNSD sebagai Kpop Masters.

Fu Yaning menjadi satu dari 99 kontestan yang akan berkompetisi dalam program Girls Planet 999. Sebelumnya, Mnet sudah merilis sejumlah teaser sebelum penayangan resmi. Lalu sikap Fu Yaning yang tertangkap kamera  sukses membuat netizen naik pitam.

Kala itu, seorang kontestan dari C-group (grup Cina) yakni Fu Yaning, tiba-tiba diminta untuk mengucapkan sepatah kata kepada Yujin CLC. Berbeda dari kontestan lain, Yujin bukanlah seorang trainee melainkan idol Kpop yang sudah debut di grup CLC di bawah naungan Cube Entertainment pada 2015 silam.

Lalu Fu Yaning menyanyikan penggalan lirik lagu Helicopter milik CLC berbunyi ‘We go up (kami naik)’. Bukan dilanjutkan dengan lirik yang semestinya, Fu Yaning justru mencibir Yujin dengan mengucap ‘But you don’t (tapi kau tidak)’.

Sontak pernyataan tersebut membuat Tiffany SNSD dan Sunmi selaku juri, mengubah ekspresi wajah mereka. Begitu juga dengan kontestan lain yang terkejut dengan perkataan Fu Yaning. 

Maka dari itu, sosok Fu Yaning dihujat oleh netizen selama beberapa hari terakhir dengan menyoroti sikapnya yang kasar, juga tidak menghormati sesama kontstan Girls Planet 999.

Fu Yaning Terseret Kontroversi Rasial

Di tengah panasnya kontroversi Fu Yaning berperilaku tidak sopan kepada Yujin CLC, dia justru kembali dihujat karena kedapatan pernah berulang kali mengucap kata-kata yang mengarah ke isu rasisme.

Di media sosial Twitter, beredar kompilasi video Fu Yaning menyanyikan berbagai lagu tanpa menyensor kata ‘nigga’ yang punya konotasi negatif untuk orang-orang kulit hitam. 

Melalui akun Weibo pribadi, Fu Yaning akhirnya mengeluarkan permintaan maaf. Dalam surat yang ditulis tangan itu, dia mengaku belum memahami tentang kata-kata rasis tersebut. 

“Karena perbedaan budaya dan aku gagal memahami irik lagu yang mengandung kata-kata yang diskriminatif dan sensitif secara rasial itu, telah mengakibatkan penampilanku menyakiti banyak orang dan aku ingin mengungkapkannya dengan tulus, permintaan maafku kepada semua orang. Maafkan aku,” tulisnya, dikutip dari Koreaboo pada Jumat, 6 Agustus 2021.

Terakhir Fu Yaning menyatakan bahwa dia akan merenungkan kesalahannya juga menanggung seluruh konsekuensi termasuk kritikan yang dia terima. 

Profil dan Biodata Fu Yaning

Nama lengkap: Fu Yaning
Nama panggung: YENNY
Nama Inggris: Jessie Fu
Tempat, tanggal lahir: Beijing, 14 Juli 1997
Tahun aktif: 2020-sekarang
Agensi: Gramarie Entertainment
Media sosial: @fuyaning_fyn (Instagram)

Sementara itu, penampilan Fu Yaning dapat disaksikan dalam porogram survival terbaru Mnet bertajuk Girls Planet 999 yang mulai tayang perdana pada Jumat, 6 Agustus 2021. Sebelum resmi muncul, trainee asal China ini sudah terseret kontroversi termasuk berperilaku tidak sopan kepada salah satu kontestan, Yujin CLC, dan kedapatan menyanyikan lirik lagu terindikasi rasial.