ZIGI – Suga BTS dipercaya untuk mengarasemen ulang lagu Over The Horizon versi remix tahun 2021 yang merupakan signature sound dari smartphone seri Galaxy keluaran Samsung. Sang pemilik nama asli Min Yoongi ini berhasil memperdengarkan instrumen melodi berbeda dari karya yang sudah dipatenkan sejak 10 tahun silam itu.

Dalam sebuah kesempatan, Suga BTS menceritakan proses menciptakan Over The Horizon versi remix yang merupakan lagu pengiring untuk iklan Samsung Galaxy. Berangkat dari kecintaannya terhadap lagu instrumen sejak kecil, idol kelahiran 1993 ini berhasil menghasilkan karya yang spektakuler.

Yuk simak fakta-fakta di balik lagu Over The Horizon produksi Suga BTS di bawah ini!

Latar Belakang Over The Horizon, Signature Sound Samsung Galaxy

Setiap kali Samsung mengeluarkan seri terbaru smartphone Galaxy, terdengar dentingan melodi yang menjadi signature mereka sejak 10 tahun silam dan itu dinamakan Over The Horizon

Over The Horizon juga merupakan suara resmi dari ponsel galaxy. Di mana nada deringnya dipakai sebagai suara notifikasi default ponsel, serta suara saat dihidupkan dan dimatikan.

Dibuat oleh Joong Sam Yun, Over The Horizon pertama kali debut dengan Samsung Galaxy S II pada tahun 2011. Sepuluh tahun kemudian, lagu Over The Horizon sudah diarasemen ulang oleh sederet penyanyi termasuk Quincy Jones, Icona Pop, dan Yiruma.

Beberapa versi terbaru termasuk aransemen orkestra Jamie Christopherson pada 2015, karya Jacob Collier untuk Samsung Galaxy S7 tahun 2016, Dirty Loops untuk Samsung Galaxy S7, komposer pemenang Academy Award, Steven Price, pada 2019, dan pianis Korea Yiruma pada tahun 2021.

Suga BTS lantas menjadi musisi selanjutnya yang dipercaya mengarasemen ulang atau memproduksi remix dari lagu Over The Horizon. Karya terbaru artis asuhan BigHit Music ini baru diperdengarkan pada Rabu, 11 Agustus 2021 lalu.

Suga BTS Juga Merupakan Brand Ambassador Samsung

BTS sendiri sudah menjadi brand ambassador Samsung sejak 2020. Terbaru, Suga kini digandeng oleh Samsung untuk mengarasemen ulang signature sound Over The Horizon, yang lekat dengan seri Samsung Galaxy.

Dalam sebuah kesempatan, Suga BTS menceritakan proses penggarapan versi remix lagu Over The Horizon yang merupakan salah satu mimpinya sejak lama.

“Proyek ini adalah untuk mengaransemen lagu Over the Horizon. Sebagai penggemar berat Galaxy, itu adalah pengalaman yang sangat istimewa. Semua orang tahu bahwa lagu tema Galaxy (Over The Horizon) hanya dari melodinya. Aku sangat senang ketika mereka memintaku berpartisipasi di proyek tersebut. Aku mulai merasa seperti itu seharusnya,” kata Suga BTS, dalam salah satu video yang diunggah channel YouTube resmi, dikutip Zigi.id pada Kamis, 12 Agustus 2021.

 

Kecintaan Suga pada Lagu Instrumental

Suga BTS sudah terbukti kemampuannya dalam memproduksi lagu. Namun ini menjadi pengalaman perdana baginya mengarasemen ulang lagu instrumental. Terungkap bahwa genre ini sudah disukainya sejak lama.

“Aku mendengarkan banyak instrumental sejak usia muda, dan aku selalu ingin membuat lagu instrumental, jadi seluruh proses ini  luar biasa," ujarnya.

Interpretasi Suga BTS Dimasukkan dalam Over The Horizon

Karena Over The Horizon merupakan karya yang telah bertahan selama 10 tahun, Suga BTS berusaha mempertahankan cukup banyak melodi aslinya. Dia tidak terlalu banyak mengubah lagu, sehingga dapat beresonansi dengan masyarakat yang sudah familiar dengan lagu Over The Horizon

"Aku mencoba untuk menempatkan interpretasiku sendiri sambil menjaga melodi yang sebagian besar sama agar beresonansi dengan audiens yang lebih luas," katanya.

Selama proses penataan ulang lagu, Suga tidak hanya merefleksikan lagu Over The Horizon versi aslinya tetapi juga mendengarkan konsep remix dari penyanyi-penyanyi lain. Ketika Suga mengerjakan arasemen, disebutnya tidak membutuhkan waktu lama. Kemudian, Suga bercerita bahwa dia menambahkan elemen-elemen baru dalam lagu agar terdengar lebih dramatis. 

"Sketsa pertama tidak memakan waktu lama. Semua orang menyukai apa yang aku lakukan dengan lagu itu. Aku mendengarkannya berulang kali, menambahkan string solo kemudian gitar untuk membuatnya lebih dramatis dan memberikan kemegahan penuh," tandasnya.

Ada Suara Suga BTS dalam Lagu Over The Horizon

Over The Horizon sendiri memang didominasi oleh alunan instrumental sehingga tidak adalah lirik lagu sebagai media penyampaian pesan, cukup berbeda dari lagu-lagu milik BTS. Namun Suga akhirnya memasukkan suaranya sendiri berbicara dalam bahasa Inggris jelang akhir lagu Over The Horizon.

"Seperti judul Over the Horizon, ini tentang melampaui batas kita. Tidak ada yang tahu apa yang akan terungkap. Tapi impian kita membuat kita melangkah lebih jauh dari sebelumnya. Aku harap bersama dengan Galaxy, kalian bisa merasakan hati terbuka,” tutupnya.

Signature sound seri Galaxy keluaran Samsung yang diberi judul Over The Horizon secara resmi diarasemen ulang Suga BTS. Dengan ini, hasil karya terbaru sang pemilik Min Yoongi itu akan dijadikan sebagai background music setiap kali Samsung mengeluarkan smartphone seri terbaru Galaxy. Congrats, Suga BTS!