10 Fakta Girlband CLC: Member, Debut hingga Bubar

Instagram/@cube_clc_official
CLC
14/8/2021, 17.58 WIB

ZIGI – CLC tengah ramai menjadi perbincangan, bahkan sampai menduduki trending Google Indonesia pada Sabtu, 14 Agustus 2021. Hal ini setelah salah satu membernya, Yujin CLC mengatakan pada dasarnya grup tersebut sudah bubar.

Sambil menangis, penyanyi bernama asli Choi Yujin itu menyebut agensinya yakni Cube Entertainment sudah tidak memberikan aktivitas untuk grupnya. Sontak saja, kabar ini mengejutkan publik. Banyak yang penasaran dengan grup CLC. Kamu juga penasaran kan? Simak fakta CLC berikut yuk!

Baca juga: Pengalaman Sorn CLC Ikut Puasa Satu Hari Penuh di Bulan Ramadan

Debut Sejak 2015

CLC merupakan singkatan dari Crystal Clear. Girlband yang dibentuk CUBE Entertainment ini memulai debutnya di industri musik Korea melalui penampilan di panggung Mnet M!Countdown pada 19 Maret 2015.

Lagu Debut Berjudul Pepe

Lagu debut CLC berjudul Pepe. Lagu ini merupakan bagian dari mini album pertamanya bertajuk First Love. Selain lagu Pepe, ada empat lagu lainnya yang dimuat dalam mini album tersebut diantaranya First Love, Sharala, Cafe Mocha Please dan Opening the Window.

Debut Awal Hanya 5 Member

CLC memulai debutnya hanya dengan formasi lima anggota yakni Seunghee, Yujin, Seungyeon, Sorn, dan Yeeun. Sampai akhirnya, Cube Entertainment menambahkan dua orang anggota yakni Elkie yang berasal dari Hong Kong dan Eunbin asli Korea pada Februari 2016.

Awal Karier Sebagai Penari Latar

Sebelum resmi debut, Seunghee, Yujin, Seungyeon, Sorn dan Yeeun muncul pertama kali sebagai penari latar penyanyi wanita, G.Na. Dilansir dari Kpop Herald, mereka juga tampil reguler di jalanan dalam rangka kampanye membantu anak-anak disabilitas.

Ubah Citra

Pada 17 Januari 2017, CLC merilis mini album Korea kelima mereka, bertajuk Crystyle. Namun album ini berbeda dari sebelumnya. Pasalnya, di album ini CLC mengubah citra mereka yang sebelumnya bernuansa pop dan girly, menjadi konsep hip-hop yang lebih karismatik.

Kegiatan Amal

Di balik aktivitas sebagai idol K-Pop, CLC ternyata juga melakukan kegiatan amal. Sebelum debut, 5 anggota CLC pernah mengumpulkan uang bagi anak-anak disabilitas dengan menari di jalanan. Rupanya, aksi mulia ini berlanjut.

Tapi bukan lagi dengan mengamen. CLC memutuskan untuk menyumbangkan keuntungan dari lagu b-side mereka, Sharala, di album debutnya, First Love, untuk anak-anak yang mengalami gangguan dalam perkembangannya.

Ditinggalkan 1 Anggota

Tapi kini, CLC hanya tersisa enam orang member. Pada 3 Februari 2021, Cube Entertainment mengumumkan Elkie keluar dari CLC dan agensi. Elkie dikabarkan merasa ada yang tidak beres dengan sistem yang dilakukan agensinya terkait transparansi aktivitasnya baik dari karier musik maupun akting.

Elkie juga diduga tidak menerima bayaran untuk sejumlah kegiatan akting yang dilakukannya. Hal itu yang akhirnya membuat kepercayaan pemilik nama asli Chong Ting Yan ini kepada agensi menurun. Meski begitu, Cube Entertainment berharap yang terbaik dan memberi dukungan kepada mantan artisnya itu.

Member CLC di Survival Show

Setelah lama tidak terdengar kabarnya, salah satu member CLC yakni Yujin dikonfirmasi berpartisipasi dalam acara survival show Mnet, Girls Planet 999. Lead dancer CLC ini pun menjadi anggota girlband Korea yang paling berpengalaman yang ikut acara tersebut.

Sebelum Yujin, Eunbin juga pernah ikut berpartisipasi di acara Produce 101 Season 1. Dikarenakan jadwalnya bentrok, Eunbin juga tidak ikut promosi album baru CLC. Tapi sayangnya, Eunbin harus tereliminasi di episode 10 di ranking 35.

Terakhir Comeback 2020

Tapi kini, nasib CLC dipertanyakan setelah Yujin mengkonfirmasi bahwa CLC pada dasarnya sudah bubar. Pernyataan ini disampaikan Yujin CLC dalam segmen wawancara di episode terbaru Girls Planet 999 yang menyoroti karier para peserta. Sambil menangis, Yujin mengatakan perusahaan sudah tidak lagi memiliki aktivitas untuk grupnya.

"Aku benar-benar memberikan segalanya untuk CLC. Konsep kami terutama gaya gadis tangguh, jadi aku merasa seperti tidak terlihat di atas panggung. Aku masih ingin bernyanyi. Jadi melalui pertunjukan ini, aku ingin memamerkan pesona dan sisi berbeda dari diriku. Dan aku tahu aku bisa melakukannya," kata Yujin CLC yang dilansir dari Koreboo, 14 Agustus 2021.

Mendengar ini, penggemar CLC begitu terkejut dan tidak percaya. Terlebih, pengumuman itu disampaikan Yujin CLC di program televisi dan bukan dari agensi Cube Entertainment sendiri. Sampai berita ini ditulis, Cube Entertainment belum memberikan pernyataan soal pengakuan Yujin CLC tersebut.