Idol Korea dengan Tarif Iklan Termahal, Jennie Vs Suzy 'Ratu CF'

Berbagai Sumber
Bae Suzy, V BTS dan Jennie Blackpink
Penulis: Hadi Mulyono
16/8/2021, 10.31 WIB

ZIGI – Sebuah surat kabar harian ekonomi dan tenaga kerja terkemuka asal Vietnam, Báo Lao ng, belum lama ini merilis daftar idol Korea dengan tarif iklan termahal. Terdapat empat idol yang disebutkan surat kabar tersebut antara lain V BTS, Yoona SNSD, Jennie BlackPink dan Bae Suzy.

Surat kabar tersebut mengungkapkan, para idol tersebut mampu membantu berbagai merek yang mereka iklankan untuk mendapatkan penjualan besar. Hal ini didasarkan atas besarnya basis penggemar Jennie (Blackpink), V (BTS), Suzy, YoonA (SNSD) dan Bae Suzy.

Penasaran berapa tarif iklan masing-masing idol tersebut? Yuk simak berita selengkapnya dilansir dari Allkpop pada Senin, 16 Agustus 2021. Keep scrolling guys!

1. Tarif Iklan V BTS

V BTS merupakan idol yang mempunyai kekuatan merek luar biasa besar. Biasanya, kostum atau kosmetik yang digunakan V selalu ludes di pasaran hanya dalam hitungan menit.

Banyak pihak sepakat bahwa kehadiran anggota BTS dalam berbagai iklan mampu menciptakan minat yang besar pada produk tersebut. Karena daya tarik dan daya jualnya yang unik, anggota BTS terutama V sangat diinginkan oleh industri periklanan, dan banyak merek bermimpi untuk bisa mendapatkan jasanya.

Untuk biaya iklan selama setahun, secara keseluruhan grup BTS memasang harga 5,00 miliar KRW atau sekitar Rp62,7 miliar. Misalnya, kolaborasi BTS dengan McDonalds baru-baru ini diperkiraan memakan biaya sebesar 10 miliar KRW (sekitar Rp125,5 miliar).

Kemudian khusus untuk V BTS, menurut laporan Star News, tarif iklannya tetap mencapai miliaran rupiah. Hal ini dikarenakan ketika V BTS bermain drama, bayaran per episodenya mencapai 200 juta won atau sekitar Rp2,5 miliar.

2. Tarif Iklan Jennie BlackPink

Jennie Blackpink menjadi idol Korea kedua yang mempunyai bayaran iklan termahal berkat pengaruhnya yang besar pada penggemar di seluruh dunia. Sama seperti V BTS, setiap kali ia menjadi model untuk sebuah brand, produk tersebut akan terjual habis dalam hitungan menit atau jam. 

Tarif mahal tersebut salah satunya berdasarkan laporan Vogue Bussiness, Kati Chitakorn, yang menyebut bahwa Jennie Blackpink telah meraup US$28,5 juta atau Rp392 miliar lewat konten kerja samanya dengan Chanel sepanjang Januari 2020 hingga Juni 2021.

Pelantun lagu Solo ini pun telah mengunggah lebih dari 27 konten soal Chanel di Instagramnya di mana setiap postingan dengan 35 juta impresi dihargai US$1,05 juta atau setara Rp14 miliar.

Sepanjang tahun 2021, iklan Jennie Blackpink mendominasi Korea Selatan. Di antaranya produk soju Chum Churum menggantikan Bae Suzy, Vita500, HERA Beauty, hingga produk kasur ACE BED. Sementara brand global yang mempercayai Jennie adalah Chanel, Calvin Klein, Gentle Monster.

3. Tarif Iklan YoonA (SNSD)

Idol Korea dengan tarif iklan termahal yang berikutnya adalah YoonA SNSD. Ia pernah menyebabkan alat pembuat wafel terjual habis di seluruh Korea setelah ia memperagakan cara membuat wafel dengan alat tersebut.

Dengan pesonanya yang luar biasa, banyak perusahan yang ingin menjadikannya sebagai brand ambassador dan bintang iklan agar meningkatkan penjualan. Sebut saja merek-merek seperti Eider, Innisfree, ACE BED dan masih banyak lagi.

Setiap tahunnya, lebih dari 20 iklan ia bintangi dimana ia mematok tarif sekitar 10 juta KRW (Rp100 juta) per iklannya. Maka dari itu, jangan heran jika honor dari syuting iklan berbagai produk menjadi pemasukan utama bagi Yoona.

4. Tarif Iklan Bae Suzy

Terakhir, Bae Suzy menjadi idol Korea dengan bayaran iklan termahal. Saat ini, Suzy berperan sebagai brand ambassador untuk sejumlah merek besar mulai dari kosmetik, makanan, minuman, dan lain sebagainya.

Pada tahun 2013 saja, Suzy dilaporkan memiliki 14 brand yang ia endorse dimana ia dikabarkan mendapat bayaran US$10 juta atau sekitar Rp141 miliar. Kemudian pada 2017, tvN mengungkapkan bahwa biaya endorsement Suzy adalah 700 juta KRW atau sekitar Rp9 miliar.

Nah, itu dia beberapa idol Korea dengan biaya iklan termahal yang bisa mendongkrak penjualan suatu merek tertentu. Wajar saja, V BTS, Jennie Blackpink, YoonA SNSD, dan Bae Suzy mempunyai pengaruh yang sangat besar bagi para penggemarnya yang tersebar di berbagai negara.