ZIGI – Baru-baru ini penggemar dikagetkan dengan pengumuman pernikahan Bobby iKon, sang rapper utama. Kabar tersebut sempat trending di Twitter dengan respon yang cukup positif.

Namun pada 25 Agustus 2021, idol yang beragensi di YG Entertainment ini mendapat tuduhan dari seorang seniman. Sampul album Lucky Man yang dirilis Bobby iKON pada 25 Januari 2021 dituding plagiat.

Seniman bernama Sam Phillips tersebut mendesak YG Entertainment untuk buka suara. Simak kronologi ceritanya di bawah ini ya. 

Sam Phillips Tuduh Bobby iKON Plagiat

Seperti dilansir Zigi dari Allkpop.com, Sam Phillips menyatakan bahwa Bobby iKON menjiplak karya ilustrasi yang dibuatnya pada 2018. Pernyataan ini dikeluarkan melalui Instagram dan Twitter dengan akun @Spillzay

Seniman asal Melbourne, Australia ini mengaku mendapat ratusan komentar tentang kemiripan hasil karyanya dengan karya Bobby iKON untuk album Lucky Man yang rilis pada 2021. 

Kemiripan memang terlihat dari bentuk kaki, tangan, dan ekspresi karakter. Perbedaannya hannya pada posisi topi. Phillips mengatakan bahwa ia sudah mengontak YG Entertainment, namun hingga kini belum mendapat respon apa pun. 

"Untuk semua orang yang bertanya, aku tidak membuat ilustrasi untuk album Bobby. Dan aku merasa ini telah melanggar hak cipta. Terima kasih semua ata perhatiannya yang diberikan. Aku sudah mengontak YG Entertainment. Perusahaan besar sering kali mengabaikan seniman aslinya. Tolong buat mereka menjelaskan masalah ini," tulis Phillips di akun Instagram pada Rabu, 25 Agustus 2021.

Fans Bobby Ikut Mendesak

Untuk kejelasan lebih lanjut, para penggemar sudah meminta YG untuk angkat bicara terkait kasus satu ini. Beberapa netizen bahkan meminta Phillips untuk tidak menyalahkan Bobby terlebih dahulu sebelum semuanya jelas. 

"Aku tidak ingin kamu berpikiran buruk tentang Bobby. Ini adalah salah dari agensinya. Kami memastikan akan mengirim email tentang hal ini," tulis netizen seperti yang dilansir dari Allkpop pada Kamis, 26 Agustus 2021.

"Sebagai penggemar dari Bobby, kami akan memastikan bahwa agensi tahu tentang masalah ini," pesan dari penggemar Bobby yang lain.

Tentang Album Lucky Man milik Bobby iKON

Lucky Man pertama kali dirilis pada 25 Januari 2021 dengan lagu utama berjudul U Mad. Ini adalah album kedua Bobby iKON setelah debut solo dengan album Love and Fall pada 2017.

Album Lucky Man berisi total 8 lagu yang berjudul U Mad, SKIT 1, Rockstar, No Time, SKIT 2, In The Dark, dan juga Lilac. Bobby sendiri mengatakan bahwa setiap lagu di dalamnya merupakan ungkapan emosi dirinya sendiri. 

Ia melakukan promosi di berbagai program musik selama dua minggu. Namun sayangnya YG Entertainment menghentikan aktivitas individu Bobby agar ia bisa fokus untuk kegiatan grup iKON dalam acara survival Kingdom Legendary War yang diadakan Mnet pada bulan April lalu.

Tuduhan Sam Phillips terhadap album Lucky Man milik Bobby ikON hingga kini belum mendapat respon balik dari YG Entertainment. Mari kita tunggu kabar selanjutnya ya!