Fakta Sinopsis Escape from Mogadishu, Film No. 1 Box Office Korea 2021

Naver
Escape from Mogadishu
Penulis: Yasmin Karnita
30/8/2021, 19.25 WIB

ZIGI – Escape from Mogadishu kini menempati No. 1 dalam daftar box office di Korea Selatan dan berhasil menggeser posisi Black Widow. Film dibintangi Jo In Sung ini ternyata mendapat sambutan luar biasa sejak perdana tayang pada 28 Juli 2021 lalu.

Dengan ini, Escape from Mogadishu menjadi film paling banyak ditonton di tengah situasi pandemi Covid-19 yang kembali meningkat di Korea Selatan. Ada sederet fakta menarik untuk film Escape from Mogadishu. Penasaran? Scroll artikelnya yuk!

Baca Juga: Suara Azan Berkumandang di Trailer Film Escape from Mogadishu

Escape from Mogadishu Jadi Film Box Office No. 1 di Korea Selatan

Escape from Mogadishu dibintangi Jo In Sung resmi menjadi film hit terbesar dalam daftar box office Korea sepanjang tahun 2021. Bahkan berhasil mengalahkan posisi film garapan Marvel, Black Widow.

Pada Minggu, 29 Agustus 2021, Dewan Film Korea mengumumkan bahwa film Escape from Mogadishu mencatat 2.993.515 penonton bioskop, melebihi film Black Widow per tanggal 28 Agustus. 

Selain itu, film yang berlatar belakang konflik di Somalia ini telah menarik penonton bioskop terbanyak dari semua film Korea sejak Deliver Us from Evil, yang dirilis bulan Agustus 2020.

Keberhasilan box office Escape from Mogadishu sebagai film Korea pertama tahun 2021 yang melampaui 2 juta penonton bioskop pada awal bulan Agustus semakin mengesankan mengingat pemerintah Korea Selatan tengah menempatkan wilayah Seoul dan sekitarnya di bawah aturan jarak sosial yang paling ketat alias level 4.

Escape from Mogadishu juga bersaing dengan film Korea lainnya seperti Sinkhole dan Hostage: Missing Celebrity yang sudah tembus juta penonton. Serta Guimoon: The Lightless Door yang baru naik layar bioskop pada 25 Agustus 2021 lalu.

Film Escape from Mogadishu Terinspirasi dari Cerita Nyata

Escape from Mogadishu mengambil latar ibukota negara Somalia, Mogadishu. Proyek akting terbaru garapan sutradara kondang Ryu Seung Wan ini diadaptasi ceritanya dari kejadian nyata.

Pada Januari 1991 silam, pejabat dari Kedutaan Korea Selatan dan Kedutaan Besar Korea Utara bekerja sama untuk melarikan diri dari negara Somalia saat perang saudara berlangsung. 

Sedangkan film Escape from Mogadishu mengisahkan Han Shin Sung (Kim Yoon Seok) yang bekerja sebagai duta besar Korea Selatan di Mogadishu, Somalia, saat perang saudara mulai terjadi. Dia terjebak di gedung kedutaan bersama istrinya. 

Lalu Kang Dae Jin (Jo In Sung) yang bekerja sebagai anggota dewan Kedutaan Besar Korea Utara di Mogadishu. Nantinya, Han Shin Sung dan Kang Dae Jin bekerja sama untuk membawa orang-orang dari kedutaan keluar dari Somalia.

Film Escape from Mogadishu Dirilis Bertepatan dengan Hari Ulang Tahun Jo In Sung

Lantas ada fakta menarik di balik film Escape from Mogadishu yang ternyata dirilis bertepatan dengan hari ulang tahun sang pemain utama, Jo In Sung, pada 28 Juli 2021. Dalam wawancara terpisah, sang aktor bahkan tidak menyadari kebetulan ini.

“Aku sendiri tidak mengetahui bahwa rilis film akan diluncurkan pada hari ulang tahunku. Karena hal itu, (film) ini akan menjadi yang spesial,” ungkapnya.

Lalu film Escape from Mogadishu menandakan sebagai film pertamanya saat menginjak usia kepala empat sekaligus comeback akting pasca membintangi The Great Battle (2018). Untuk itu, aktor kelahiran 1981 ini ingin menunjukkan sesuatu yang berbeda untuk publik.

“Dimulai dengan film ini, aku berharap dapat kembali dengan karya yang lebih beragam. Tidak hanya melalui film, tetapi juga melalui drama dan variety show. Aku berharap bisa meningkatkan kesempatan yang aku miliki untuk lebih bebas berkomunikasi dengan kalian semua,” kata Jo In Sung.

Sementara itu, Escape from Mogadishu dibintangi Jo In Sung kini menduduki posisi No. 1 dalam daftar box office Korea Selatan dan mampu menggeser film Black Widow garapan Marvel per Senin, 30 Agustus 2021. 

Baca Juga: Daftar Box Office 27-29 Agustus 2021: Film Free Guy Tergeser