ZIGI – CL eks 2NE1 resmi menandatangani kontrak dengan agensi yang juga menaungi Beyonce yakni SATELLITE414. Upaya ini dilakukan untuk publisitas kegiatannya di luar negeri. Sebelum CL, ternyata sudah banyak artis K-Pop yang juga bekerjasama dengan agensi di Amerika Serikat untuk karier mereka.

Fenomena BTS yang menduduki puncak chart Billboard 200 memang menambah pengaruh K-Pop ke industri musik global. Tidak heran kalau kini semakin banyak artis K-Pop yang memulai kolaborasi dengan agensi maupun label musik Amerika. Siapa saja artis K-pop yang gabung agensi Amerika Serikat? Scroll artikel ini sampai habis ya!

SuperM - Capitol Music Group

SuperM pada Oktober 2019 lalu, berkolaborasi dengan salah satu anak perusahaan label rekaman Universal Music Group yakni Capitol Music Group untuk pengembangan musik mereka di Amerika. Grup SuperM sendiri beranggotakan Baekhyun dan Kai EXO, Taeyong dan Mark NCT 127, Taemin SHINee, serta Lucas dan Ten dari WayV. Dengan ini, SuperM satu agensi dengan Katy Perry dan The Beatles.

TWICE - Republic Records

Akhir Februari 2020, JYP Entertainment mengatakan sudah menjalin kerjasama dengan Republic Records, unit lain di bawah Universal Music Group untuk girlband TWICE. Kesepakatan ini sebagai langkah memulai karir Jihyo cs di pasar musik AS. Agensi Republic Records sendiri merupakan rumah bagi musisi ternama Amerika seperti Taylor Swift, Ariana Grande hingga Post Malone. 

Super Junior - ICM Partners

Super Junior dikabarkan menandatangani kontrak dengan ICM Partners, yang merupakan agensi sangat terkenal di Amerika Serikat. ICM Partners sendiri memiliki kantor pusat di Los Angeles dan beberapa kantor perwakilan di New York, Washington DC, dan London. Agensi akan bertanggung jawab untuk aktivitas Super Junior di AS.

Chungha - ICM Partners

Sama seperti Super Junior, Chungha juga menandatangi kontrak dengan ICM Partners untuk memulai debut di Amerika pada Maret 2020 lalu. Usaha ini dilakukan untuk melebarkan karier Chungha lebih luas lagi. Sebagai informasi, ICM Partners adalah agensi bakat dan sastra yang mewakili, atau telah mewakili artis seperti Nicki Minaj, Beyonce, Khalid, Orlando Bloom, Samuel L Jackson hingga Megan Fox.

MONSTA X - Epic Records

Agensi MONSTA X, Starship Entertainment telah menyetujui kemitraan dengan Epic Records, sebuah unit di bawah Sony Music Entertainment, sejak Mei 2019 lalu. Dari kerjasama ini, MONSTA X sudah merilis album berbahasa Inggris pertamanya bertajuk All About Luv. Album ini pun sempat menduduki peringkat ke-5 di tangga lagu Billboard 200.

 

ATEEZ - RCA Records

Boyband K-pop lainnya yakni ATEEZ, juga berada di jalur yang solid untuk memantapkan dirinya memulai karier di pasar musik Amerika. ATEEZ sudah menandatangi kesepakatan kolaborasi dengan RCA Records, sebuah unit dari Sony Music, yang ditandatangani pada Juli 2019 lalu. RCA Records sendiri menjadi rumah untuk Miley Cyrus, Doja Cat, Zayn, Britney Spears hingga Chris Brown. 

NCT 127 - Creative Artists Agency (CAA)

Pendiri SM Entertainment, Lee Soo Man mencapai kesepakatan tentang kolaborasi erat dengan Creative Artists Agency (CAA) pada November 2019 lalu. Kedua perusahaan tersebut ingin berkolaborasi di semua bidang sektor hiburan, termasuk pertunjukan, produksi program televisi, periklanan, gaya hidup bahkan makanan dan minuman (F&B).

aespa - Creative Artists Agency (CAA)

Tidak hanya untuk NCT 127, SM juga menandatangani kontrak dengan agensi terbesar di Amerika Serikat ini untuk girlband barunya, aespa pada Juli 2021. Dengan ini, aespa akan lebih aktif dalam pasar musik global, termasuk Amerika Serikat. 

CAA diketahui merupakan agensi hiburan dan olahraga terbesar di Amerika Serikat yang memiliki pengaruh, tidak hanya di Amerika Serikat, tapi juga pasar musik global. CAA menaungi banyak artis dunia, seperti Lady Gaga, Beyonce, Mariah Carey, Christina Aguilera, Ed Sheeran, Harry Style, Justin Bieber hingga Ariana Grande.

Blackpink

Girlband BLACKPINK resmi menandatangani kontrak dengan label musik Amerika Serikat, Interscope Records. Informasi ini diumumkan YG Entertainment, selaku agensi yang menaungi BLACKPINK pada 23 Oktober 2018 lalu.

Interscope Records sendiri menjadi rumah bagi sederet musisi kenamaan Lady Gaga, Eminem, Maroon 5, Madonna, Lana Del Rey, Ellie Goulding, Rae Sremmurd hingga Selena Gomez.

CL - SATTELITE414

Pada 30 Agustus 2021, CL diumumkan dirinya sudah menandatangani kontrak dengan agensi publisitas hiburan global, SATELLITE414 untuk kegiatannya di luar negeri. Agensi yang berbasis di London, Inggris itu sendiri diketahui merupakan rumah bagi sejumlah bintang ternama termasuk Beyonce, Adele, Dua Lipa, Halsey, Ellie Goulding, Lana Del Rey, Zedd dan Normani.