Profil dan Biodata Jungkook BTS: Ulang Tahun, Umur, Pacar, Kekayaan

BTS Official Facebook
Jungkook BTS
31/8/2021, 23.11 WIB

ZIGI – Jungkook BTS genap berumur 24 tahun atau 25 tahun (dalam perhitungan umur Korea Selatan) pada 1 September 2021. Banyak ARMY, sebutan fans BTS termasuk yang ada di Indonesia sudah menyiapkan proyek ulang tahun untuknya.

Menjelang pertambahan usia Jungkook BTS, kali ini Zigi.id akan membahas tentang kehidupannya lengkap soal agama, keluarga, pacar hingga total kekayaannya. Penasaran kan? Berikut profil dan biodata Jungkook BTS. Keep scrolling!

Baca juga: 10 Fakta Orangtua Jungkook BTS dari Kisah Cinta Sampai Kebiasaan

Identitas Jungkook BTS

Jungkook BTS memiliki nama asli Jeon Jung Kook. Dia lahir di Busan pada 1 September 1997. Jungkook diketahui kuliah di Global Cyber University, seperti beberapa member BTS lainnya. Tapi sebenarnya, dia mengaku tidak suka belajar kecuali pelajaran musik, seni dan olahraga.

Di atas panggung, Jungkook BTS akan menunjukkan pesonanya yang gagah dan manly. Padahal saat di belakangan panggung atau saat berinteraksi dengan member, dia akan menunjukkan sisi dirinya yang imut dan menggemaskan. Meski begitu, Jungkook BTS adalah anak yang sangat pemalu.

Saat masa trainee, Jungkook BTS bahkan tidak mau mandi sebelum para rekannya tidur. Jungkook juga memiliki hati yang lembut dan mudah menangis. Jungkook tidak ingin melihat anggotanya kesusahan. Dia pun termasuk orang yang suka menyembunyikan perasaannya dan akhirnya membuat khawatir.

Keluarga Jungkook BTS

Keluarga Jungkook BTS terdiri dari ayah, ibu dan satu orang kakak laki-laki bernama Jeon Jung Hyun. Sama seperti member BTS lain, Jungkook juga tidak pernah memperkenalkan secara langsung keluarganya di depan publik. Hanya saja, ayah Jungkook BTS pernah muncul dalam vlog BTS.

Akan tetapi, Jungkook BTS pernah beberapa kali menceritakan tentang keluarganya. Salah satunya tentang kisah cinta ayah dan ibunya yang ternyata dimulai dari sang ibu. Perlu diketahui pula kalau ayah dan kakak Jungkook BTS pandai melukis.

Agama Jungkook BTS

Jungkook BTS secara umum dikenal non-religus. Tapi dia dilaporkan menempuh pendidikan SMA di sekolah menengah berbasis Kristen yakni School of Performing Arts in Seoul (SOPA). Beberapa waktu lalu, Jungkook BTS dikabarkan mulai tertarik pada agama Buddha. 

Dugaan ini mencuat setelah Jungkook kedapatan memakai Mala beads atau gelang manik-manik yang biasanya digunakan dalam agama Buddha dan Hindu. Dia bahkan memakai gelang tersebut saat pemotretan ataupun saat syuting music video BTS.

Dugaan agama Jungkook BTS Buddha semakin kuat setelah dia mengajak Jimin pergi ke Kuil Buddha. Awalnya, Jungkook BTS mengatakan kalau dia sudah membelikan monk clothes atau baju biksu. Dia pun meminta Jimin BTS untuk bergabung dengannya ke Kuil Buddha. Tapi belum ada konfirmasi soal agama Jungkook BTS.

Baca juga: Apa Agama Jungkook BTS Sekarang?

Awal Karier Jungkook BTS

Sejak kecil, Jungkook BTS sudah pandai berolahraga. Sahabat Yugyeom GOT7 ini memiliki sabuk hitam Taekwondo. Dia juga merupakan pemain bola tangan atau handball player. Saat masih kecil, Jungkook bercita-cita sebagai pemain bulu tangkis. Tapi setelah mendengar lagu G-Dragon, Jungkook BTS mengubah mimpinya menjadi penyanyi.

Di kelas 7, Jungkook belajar B-boying di sebuah klub bersama kakak dan beberapa temannya. Sampai akhirnya saat duduk di SMP, Jungkook BTS mengikuti audisi dan menyanyikan lagu Lost Child milik IU. Sayangnya, dia gagal melewati babak eliminasi. Dalam perjalanan pulang, Jungkook BTS mendapat tawaran dari agensi hiburan.

Tidak hanya satu, ada 7 agensi besar seperti JYP Entertaiment, Starship Entertainment, Cube Entertainment tertarik untuk merekrutnya. Tapi akhirnya, dia memilih Big Hit Entertainment (sekarang bernama HYBE Labels). Keputusan Jungkook ini ternyata karena RM BTS. Saat itu, dia melihat video rap RM dan langsung merasa kagum padanya lalu menerima tawaran dari Big Hit.

 

Sukses sebagai Member BTS

Saat mempersiapkan debutnya, Jungkook BTS pernah pergi ke Los Angeles untuk belajar menari. Di tahun 2012, Jungkook didapuk menjadi model video klip Jo Kwon berjudul I'm Da One dan menjadi backup dancer grup Glam. Setelah menjalani pelatihan tepat pada 13 Juni 2013, debut bersama BTS dengan lagu No More Dream.

Menariknya, member termuda BTS ini memulai kariernya di usia yang sangat muda yakni 15 tahun. Karier Jungkook dan BTS mulai melambung setelah album Skool Luv Affair yang dirilis tahun 2014, berhasil menduduki tangga lagu Billboard. Album BTS ini sendiri melahirkan sejumlah lagu hits seperti Boy in Luv dan Just One Day

Kini, Jungkook BTS terbilang sudah menguasai industri musik global. Setiap lagu yang dirilis BTS selalu meledak dipasaran. BTS juga sering mencetak rekor maupun sejarah, salah satunya mereka menjadi idol pertama dan yang termuda untuk menerima Order of Cultural Merit dari pemerintah Korea Selatan atas jasa mereka menyebarkan budaya hallyu.

Julukan Golden Maknae

Cowok yang disapa JK ini juga terkenal dengan julukan Golden Maknae. Hal ini karena, Jungkook BTS dianggap menguasai semua keahlian. Jungkook diketahui bisa menciptakan lagu. Dia juga punya suara yang merdu serta jago menari. Tidak hanya itu, Jungkook juga bisa nge-rap.

Tidak hanya yang berhubungan dengan musik, Jungkook BTS juga bisa melukis, memasak, mengusai banyak olahraga dan memiliki jiwa kompetitif yang tinggi. Jungkook selalu serius dalam mengerjakan misi seakan ingin selalu menang dan tidak mau kalah.

Total Kekayaan Jungkook BTS

Dikutip dari Celebrity Net Worth, kekayaan bersih Jungkook BTS di tahun 2021 ditaksir mencapai US$ 20 juta atau sekitar Rp284,5 miliar. Kekayaan ini masih bisa bertambah karena popularitas BTS masih terus meningkat. BTS diketahui merupakan brand ambassador sejumlah produk bergensi seperti Samsung, Louis Vuitton hingga Hyundai.

Terlebih, Jungkook BTS juga merupakan pencipta lagu yang tentunya mendapat royalti dari karya yang diciptakannya. Masing-masing member BTS, termasuk Jungkook juga mendapat 68.385 saham HYBE Labels. Tidak heran kalau di usianya yang masih muda, Jungkook BTS sudah memiliki sejumlah mobil dan apartemen mewah

Pada Januari 2021 lalu, Jungkook BTS dilaporkan membeli sebuah apartemen megah seharga Rp97,5 miliar di daerah Itaewon yang diketahui merupakan tempat tinggal pejabat, diplomat sampai warga asing. Sebelumnya, Jungkook BTS juga dilaporkan membeli apartemen mewah di kawasan Seoul Forest Trimage seharga Rp25,3 miliar secara tunai.

Baca juga: Total Kekayaan BTS di Tahun 2021 dari Konser hingga Saham HYBE

Kontroversi Jungkook BTS

Pada 31 Oktober 2019, sekitar pukul 04.00 waktu setempat, Jungkook BTS yang mengendari mobil Mercedes-Benz miliknya menabrak taksi di kawasan Hannam, Distrik Yongsan. Jungkook dan sopir taksi tersebut sempat menerima perawatan di rumah sakit akibat memar. Kejadian ini membuat Jungkook diperiksa polisi pada awal November 2019 lalu.

Kepolisian Yongsan, Seoul kemudian menjerat pelantun Euphoria ini dengan dua Undang-Undang (UU) yang berkaitan dengan kelalaian. Big Hit Entertainment selaku agensi yang menangungi Jungkook BTS mengakui kalau artisnya lalai dan melanggar lalu lintas. Mereka juga mengatakan permasalahan ini sudah diselesaikan baik-baik dengan korban.

Kasus ini dilimpahkan Kepolisian Yongsan Seoul ke Kejaksaan pada 10 Desember 2019. Sampai akhirnya, Kantor Kejaksaan Seoul resmi menutup kasus kecelakaan mobil yang melibatkan Jungkook BTS pada 23 Januari 2020. Jaksa tidak mendakwa Jungkook sehingga kasus ini tidak akan digelar dalam persidangan.

Kemudian pada 25 April 2020, Jungkook BTS dituduh melanggar aturan social distancing di tengah pandemi COVID-19 setelah diketahui menghabiskan waktu bersama Cha Eun Woo ASTRO, Jaehyun NCT dan Mingyu SEVENTEEN di sebuah restoran dan berbagai tempat hiburan malam di Itaewon. Terkait masalah ini, Jungkook BTS pun sudah menyampaikan permintaan maafnya saat hadir di podcast Honey FM 06.13 yang dibawakan oleh Suga BTS.

 

Tato Jungkook BTS

Member termuda BTS ini pertama kali memperlihatkan tatonya di Bandara Internasional Incheon, Korea pada September 2019 lalu. Saat itu, BTS muncul kembali setelah satu bulan libur dari kegiatannya. Kehadiran Jungkook BTS dengan tatonya ini langsung menghebohkan publik.

Banyak yang berspekulasi kalau tato itu tidak permanen, tapi sampai sekarang tato tersebut masih ada. Sejauh ini, total ada 20 tato di tubuh Jungkook BTS. Tato itu pun beragam mulai dari menunjukkan kecintaannya pada ARMY, profesinya sebagai penyanyi, motto hidup hingga rasa hormatnya pada negara kelahirannya.

Baca juga: 20 Arti Tato Jungkook BTS, Mata Satu Diduga Terinspirasi dari Lagu

Pacar Jungkook BTS

Pacar Jungkook BTS sekarang belum diketahui. Tapi Jungkook pernah ramai dijodohkan dengan solois, IU. Hal ini karena Jungkook BTS terang-terangan menyebut IU sebagai penyanyi favoritnya. Namun Jungkook pernah ramai dikabarkan pacaran dengan seorang tato artis bernama Lee Mi Joo.

Kabar ini berawal setelah beredar cuplikan CCTV yang memperlihatkan pria mirip Jungkook BTS memeluk seorang perempuan yang kemudian disebut Lee Mi Joo. Tapi kabar tersebut sudah dibantah tegas oleh Big Hit dengan mengatakan kalau Jungkook BTS dan Lee Mi Joo hanya sebatas teman dekat.

Jungkook BTS juga sering didoakan pacaran dengan Lisa Blackpink. Rumor Jungkook BTS dan Lisa Blackpink pacaran ini sebenarnya sudah santer terdengar sejak 2018 silam. Para penggemar cukup sering menemukan kesamaan di antara mereka, seperti memakai cincin dan sandal yang sama, hingga momen keduanya yang sering kepergok saling pandang.

Meski begitu, kabar ini pun tidak pernah dikonfirmasi. Namun sebelumnya, Jungkook sempat mengatakan tipe wanita idamannya yakni orang yang pandai memasak, pintar, bisa bernyanyi, mempunyai otot yang kencang dan kaki yang cantik serta tinggi badannya setidaknya 168 cm atau lebih pendek darinya.

Biodata Jungkook BTS

Nama Asli: Jeon Jung Kook
Nama Panggung: Jungkook
Tempat, Tanggal Lahir: Busan, 1 September 1997
Saudara: Jeon Jung Hyun (kakak)
Agama: Belum Diketahui
Golongan Darah: A
Tinggi Badan: 178 cm
Posisi: Main Vocalist, Lead Dancer, Sub Rapper, Center, Maknae
Pendidikan: School of Performing Arts in Seoul (SOPA) (SMA), Global Cyber University (S1)

Demikian profil dan biodata Jungkook BTS yang genap berumur 24 tahun atau 25 tahun (menurut perhitungan Korea) pada 1 September 2021, lengkap soal agama, keluarga, pacar hingga total kekayaannya.

Baca juga: 10 Proyek Ulang Tahun Jungkook BTS ke-25 dari ARMY Indonesia