ZIGI – Kesuksesan drama D.P atau Deserter Pursuit dibintangi Jung Hae In ternyata tak pernah disangka. Proyek original Netflix tersebut kini digadang-gadang siap dilanjutkan ke musim kedua karena memiliki akhir cerita open ending.

Drama D.P mengisahkan tentang Ahn Jun Ho (Jung Hae In), pria Korea Selatan yang tengah menjalani wajib militer (wamil). Di tengah tugas pengabdian negara, dia diminta masuk dalam unit bernama D.P. Tugas utamanya adalah menangkap tentara-tentara yang kabur dari markas.

Di lain sisi, drama D.P semakin menarik karena memfokuskan cerita pada kehidupan kaum pria saat menjalani wajib militer yang selama ini jarang disorot. Yuk simak beberapa spekulasi hingga spoiler drama D.P Season 2 langsung dari Jung Hae In lewat artikel di bawah ini!

Baca Juga: Link Nonton Drama Deserter Pursuit (D.P) Episode 1-6 Sub Indo

Review Drama D.P Dibintangi Jung Hae In

D.P (Deserter Pursuit) yang dibintangi Jung Hae In, Koo Gyo Hwan dan Kim Sung Kyun resmi dirilis sejak 27 Agustus 2021 di Netflix. Drama dengan total 6 episode ini menyoroti kehidupan para tentara yang menjalani wajib militer di Korea Selatan.

Sesuai peraturan, seluruh pria berkewarganegaraan Korea Selatan yang sehat secara fisik harus menjalani wamil selama kurang lebih dua tahun. Ahn Jun Ho menjadi salah satu pria yang baru saja mengabdi kepada negara. 

Tak lama setelah masuk ke militer, Sersan Park Beom Gu (Kim Sung Kyun) memperhatikan kegigihan dan kemampuan Ahn Jun Ho. Akhirnya, dia dipindahkan ke unit D.P.

Namun Ahn Jun Ho memiliki penyesalan karena menyadari bahwa tanggung jawabnya begitu besar. Dalam unit D.P, dia bekerja sama dengan Kopral Han Ho Yeol (Koo Gyo Hwan). Dibanding sekedar menjalankan tugas membawa para tentara kembali ke markas, diceritakan pula alasan mengapa mereka memilih untuk kabur.

Dengan segala perilaku tentara senior yang ternyata sering melakukan tindakan bullying, menjadi alasan utama mengapa para tentara memilih kabur saat menjalani wamil. Drama D.P secara lugas menunjukkan kekerasan hingga perpeloncoan di dunia militer yang selama ini jauh dari sorotan. Bukan rahasia umum lagi jika kekerasan fisik sampai verbal antara senior dan junior berlanjut turun temurun bagai hal lumrah khususnya di Korea Selatan. 

 

Drama D.P Memiliki Open Ending

Jika melihat akhir cerita drama D.P, sangat memungkinan adanya musim kedua. Dalam setiap episode, selalu ditunjukkan angka hari dalam hitungan mundur hingga Ahn Jun Ho keluar dari wamil. 

Hingga akhir episode 6, Ahn Jun Ho masih memiliki kurang lebih 500 hari sebelum benar-benar dibebastugaskan. Sehingga drama D.P bisa saja dilanjutkan ke musim selanjutnya dan kembali fokus pada kisah Ahn Jun Ho berada dalam unit D.P.

Drama D.P berakhir saat salah satu tentara yakni Cho Suk Bong (Cho Hyun Chul) memutuskan untuk bunuh diri setelah menyandera Hwang Jang Soo (Shin Seun Ho). Ahn Jun Ho, Park Beom Gu serta Han Ho Yeol melihat kejadian tersebut. Dengan ini, unit D.P dianggap gagal dalam menyelesaikan misi.

Akibatnya, Sersan Park Beom Gu ditangguhkan dengan menjalani masa disiplin. Sedangkan Kapten Lim Ji Seob (Son Seok Koo) dipindah tugaskan. Kemudian Ahn Jun Ho sudah memiliki junior baru. Meski demikian, perasaan menyesal masih menghantuinya.

Ahn Jun Ho belum melupakan kematian tentara Shin Woo Suk (Park Jung Woo) yang bunuh diri karena mendapat korek api darinya. Selama bertugas di unit D.P, Ahn Jun Ho sudah kehilangan dua orang pembeletot, yang membuatnya semakin murka terhadap diri sendiri.

Ada satu hal tak terduga terjadi di akhir drama D.P. Terungkap bahwa kasus kematian Cho Suk Bong dirahasiakan dari publik. Terutama fakta bahwa dia merupakan korban bullying selama menjalani wamil. Salah satu teman Cho Suk Bong di markas yakni Kim Ru Ri (Moon Sang Hoon) juga merupakan korban bullying.

Usai mendengar berita penyelidikan Cho Suk Bong dihentikan, Kim Ru Ri mendadak menggunakan senapannya dan menembak para senior yang kerap membully-nya. Untuk kedua kalinya, pertumpahan darah kembali terjadi. Berangkat dari kasus Cho Suk Bong, ternyata budaya bullying di markas militer tak berubah. 

Kata Jung Hae In Soal Drama D.P. Season 2

Dalam sebuah wawancara, Jung Hae In memberikan bocoran terkait kemungkinan drama D.P akan dilanjutkan ke musim keduanya. Sang aktor secara terang-terangan mengungkap bahwa sang penulis skenario memang sudah memiliki rencana untuk D.P Season 2.

"Aku sedikit bertanya kepada sutradara. Sepengetahuanku, penulis dan sutradara sedang menggarap skenarionya. Aku hanya tahu sampai sini saja. Tim produksi sudah mulai bergerak. Aku tinggal berakting sebaik mungkin setelah menerima naskah yang sudah selesai nantinya,” kata Jung Hae In.

Lalu Jung Hae In sendiri sudah berandai-andai tentang kelanjutan cerita karakter Ahn Jun Ho di drama D.P Season 2. Dia berharap agar Ahn Jun Ho bisa naik pangkat, dan bisa merasakan punya junior. 

Sebagai informasi, drama D.P diadaptasi ceritanya dari webtoon berjudul sama. Dalam versi webtoon, Ahn Jun Ho diceritakan punya pangkat Korporal. Sedangkan dalam drama, Ahn Jun Ho justru turun pangkat dengan masih menjadi private

"Mungkin di season 2 akan bercerita tentang Ahn Jun Ho yang berkembang setingkat. Entah diketahui atau tidak, di ending D.P, Junho bukan lagi berpangkat private melainkan naik pangkat ke private 1st class. Mungkin di season 2 Junho akan mulai sebagai private 1st class. Dia juga akan punya junior dan akan diceritakan dia bersama para juniornya,” sambugnya.

Terakhir, Jung Hae In bahkan berharap drama D.P bisa terus diproduksi hingga musim keempat. Dia juga membahas soal kemungkinan cerita Ahn Jun Ho berlanjut sampai dia benar-benar dibebastugaskan dari wamil. 

"Mungkin kalau sampai season 4 ceritanya sampai H-1 Ahn Jun Ho bebas wamil. Aku menantikan Ahn Jun Ho yang sampai pada pangkat Sersan,” kata Jung Hae In.

Namun hingga artikel ini ditulis, tim produksi Netflix belum memberikan pernyataan resmi terkait jadwal tayang drama D.P Season 2. Melihat pernyataan Jung Hae In yang menyebut bahwa sang penulis skenario sudah menggarap musim selanjutnya, semakin meningkatkan antisipasi para penonton.

Baca Juga: Sinopsis dan Total Episode Drama D.P Dibintangi Jung Hae In di Netflix