5 Fakta di Balik Popularitas Lagu Next Level - aespa

SMTOWN
aespa OT4
Penulis: Maria Margaretha
7/9/2021, 15.47 WIB

ZIGI – Lagu Next Level milik aespa memiliki efek candu karena beat dan chorus yang mudah diingat. Meski sudah dirilis sejak 17 Mei 2021, hingga kini lagu comeback ketiga aespa setelah Black Mamba dan Forever tersebut masih viral.

Sejak debut pada November 2020, popularitas Karina, Ningning, Winter, dan Giselle semakin melesat. Girl group generasi ke-4 SM Entertainment ini tampil total dalam konsep dunia avatar hingga fashion yang terlihat mahal.

Lagu Next Level begitu populer di Korea Selatan, bahkan idol lain banyak yang tertangkap kamera menyanyikan lagu ini termasuk Jungkook BTS. Yuk simak fakta-fakta menarik dari keviralan lagu Next Level – aespa!

Baca juga: Lirik Lagu Next Level - aespa dalam Terjemahan Bahasa Indonesia

Rekor Lagu Next Level – aespa di MelOn Chart

Dalam periode 2019-2021, Next Level – aespa memecahkan rekor lagu girl group yang paling lama bertengger di top 3 MelOn Chart selama 75 hari. Melewati lagu Lovesick Girls – Blackpink (46 hari) dan How You Like That – Blackpink (41 hari).

Berdasarkan pantauan Zigi.id pada Selasa, 7 September 2021, lagu Next Level berada di urutan ke-4 di daftar Top 100 MelOn, mengalahkan senior mereka di SM yakni lagu Weekend – Taeyon di urutan ke-5 dan Quendoom – Red Velvet di urutan ke-8.

MelOn chart menjadi tolak ukur lagu-lagu K-pop yang sedang populer di Korea Selatan. Aespa mencatatkan diri sebagai idol grup generasi ke-4 dengan lagu yang paling populer saat ini.

Lagu Next Level – aespa di Billboard

Pencapaian lagu Next Level – aespa di Billboard juga tergolong membanggakan untuk grup wanita yang belum setengah tahun debut. Dirilis pada 13 Mei 2021, lagu ini debut di nomor 33 Billboard K-pop 100 chart, kemudian melesat ke peringkat 5 di minggu setelahnya.

Next Level – aespa berhasil menempati posisi tertinggi di peringkat ke-2 selama lima minggu. Di kategori Billboard Global 200, lagu ini masuk ranking 65 dan ranking 3 di kategori World Digital Song Sales, menunjukkan popularitas aespa secara global.

 

Remake lagu Next Level OST film Fast & Furious

Lagu Next Level sejatinya dibawakan oleh A$ston Wyld sebagai original soundtrack (OST) Fast & Furious presents: Hobbs & Shaw di 2019. Versi original memiliki elemen hiphop yang kental dengan ritme perkusi dan kecepatan yang sedang.

Namun remake Next Level versi aespa dibuat ulang dengan nada yang lebih tinggi dan rap untuk Karina serta Giselle. Produser SM Entertainment, Yoo Young Jin menambahkan elemen unik yang menjadi ciri khas SM Culture Universe.

Konsep Musik Video Next Level – aespa

Konsep musik video Next Level merupakan kelanjutan dari lagu debut mereka, dimana Ningning, Winter, Karina dan Giselle menjelajahi alam fiksi yang dinamakan Kwangya untuk mengalahkan si iblis pengganggu, Black Mamba.

Saat artikel ini dibuat, MV Next Level – aespa sudah ditonton lebih dari 147 juta kali. Rolling Stone India memuji penampilan fashion aespa dalam musik video yang futuristik dengan teknologi VFX.

Idol Korea nyanyi lagu Next Level – aespa

Melihat popularitas lagu Next Level di Korea Selatan, tidak heran kalau idol lain ikut ketagihan nyanyi maupun memperagakan koreo. Dari ITZY, TREASURE, Bang Chan Stray Kids, The Boyz, NCT 127, CRAVITY, Jooheon MONSTA X, hingga 2PM.

Terbaru Jungkook BTS terdengar menyanyikan chorus lagu Next Level – aespa di live ulang tahunnya ke-24 pada 1 September 2021.

Trio TikTokers Indonesia, bernama Silvia, Airin dan Qoni menjadi trending topik Twitter pada Selasa, 7 September 2021 karena melakukan cover lagu Next Level – aespa.

Baca juga: Fakta Profil dan Biodata aespa, Lengkap Agama, Keluarga, Sekolah