Mnet Dituding Pakai Suara Adzan di Lagu Pembuka Street Woman Fighter

Mnet
Street Woman Fighter
Penulis: Yasmin Karnita
8/9/2021, 10.00 WIB

ZIGI – Street Woman Fighter episode 3 baru saja tayang tadi malam, Selasa, 7 September 2021. Saat para kontestan berhasil menyuguhkan penampilan tari berkualitas tinggi, Mnet dituding menggunakan suara adzan  sebagai lagu pembuka untuk acara survival tersebut. 

Ada sederet netizen beragama Islam yang menyadari bahwa lagu yang diperdengarkan di awal acara Street Woman Fighter seperti suara adzan  yang sudah diarasemen ulang. Akibat hal ini, umat muslim merasa tersinggung.

Maka dari itu, para pengguna Twitter menyemarakkan tagar #MnetApologize hingga masuk dalam daftar trending topic, meminta Mnet untuk segera meminta maaf sekaligus memberikan klarifikasi. Simak berita selengkapnya berikut. 

Baca Juga: Link Nonton Streaming Street Woman Fighter Episode 3 Sub Indo

Street Woman Fighter Dituding Gunakan Suara Adzan Sebagai Lagu Pembuka Acara

Mnet didesak untuk meminta maaf atas dugaan penggunaan suara adzan , yang merupakan panggilan ibadah salat untuk umat muslim, sebagai latar belakang musik lagu pembuka acara Street Woman Fighter.

Tidak sedikit umat muslim yang menduga bahwa lantunan adzan tersebut sudah diarasemen ulang agar terdengar sebagai sebuah lagu. Mnet dituding memotong bagian awal adzan kemudian memasukkannya ke dalam lagu pembuka acara Street Woman Fighter.

Jika didengar secara seksama, alunan nada di lagu pembuka Street Woman Fighter terdengar sangat mirip dengan suara adzan. Untuk itu, para penggemar Kpop khususnya pemeluk agama Islam merasa tersinggung.

Mnet Didesak Segera Minta Maaf, #MnetApologize Trending di Twitter

Lagu pembuka acara Street Woman Fighter diduga menggunakan suara adzan itu baru disadari saat penayangan episode 3 tadi malam, Selasa, 7 September 2021.

Banyak netizen Muslim mengungkap rasa frustasi sekaligus kecewa karena praktik keagamaan mereka digunakan untuk tujuan estetika. Suara adzan yang begitu sakral, diduga dijadikan soundtrack untuk acara survival kompetisi menari. Fans menyatakan ketidaksetujuannya terhadap sang editor acara yang ‘nekat’ mengarasemen ulang dan mengacaukan suara adzan.

Mnet juga dituding melakukan perampasan budaya atau agama, yakni tindakan mengambil elemen budaya atau agama namun tidak memperhatikan konteks yang ada. 

Pada Rabu, 8 September 2021, tagar #MnetApologize atau Mnet Minta Maaf bertengger di posisi No.1 daftar trending topic di media sosial Twitter. Selain itu, video perbandingan antara suara adzan dan lagu intro acara Street Woman Fighter kini juga viral di Tik Tok.

Suara Adzan di Lagu Pembuka Acara Street Woman Fighter Berasal dari Lagu Band Inggris

Di lain sisi, seorang netizen menemukan bahwa lagu yang digunakan sebagai intro acara Street Woman Fighter tersebut awalnya tidak dibuat oleh Mnet, melainkan milik band Inggris bernama LOSERS. Band tersebut pernah merilis sebuah lagu bertajuk Azan pada 2013, yang merupakan salah satu track dari album Beautiful Losers.

Mengetahui hal tersebut, netizen langsung meninggalkan beragam komentar di bawah video lagu Azan milik band LOSERS di YouTube. 

Hingga artikel ini ditulis, Mnet belum mengeluarkan pernyataan resmi terkait tudingan menggunakan suara adzan sebagai lagu pembuka acara Street Woman Fighter. Sementara itu, acara survival sekaligus kompetisi menari Street Woman Fighter tayang setiap hari Selasa pukul 22.20 KST (waktu Korea). 

Baca Juga: 5 Fakta Acara Street Woman Fighter, Taeyong NCT Jadi Juri