ZIGI – The Penthouse 3 resmi merampungkan ke-14 episodenya pada 10 September 2021. Belum genap seminggu pasca berakhirnya drama yang menceritakan para penghuni Hera palace tersebut, ternyata sudah dirindukan para penonton setia.

Namun baru-baru ini, muncul laporan yang menyebutkan bahwa drama The Penthouse alangkah lebih baik jika tidak dilanjutkan hingga musim ketiga. Sepanjang penayangan, proyek akting SBS ini telah mendapatkan total 831 komplain dari masyarakat. Apa yang sebenarnya terjadi? Simak berita selengkapnya lewat artikel berikut. 

Baca Juga: Tega, The Penthouse 3 Eps 13 Pakai Video Tragedi Gedung Runtuh Gwangju

Drama The Penthouse 3 Tak Sesukses Dua Musim Sebelumnya

Drama The Penthouse 3 episode 14 berakhir dengan perolehan rating 19,1 persen. Namun angka tersebut ternyata tidak setinggi dua musim sebelumnya. Di mana drama The Penthouse season 1 episode terakhir mencapai rating 28,8 persen. Sedangkan episode terakhir drama The Penthouse 2 meraup angka 29,2 persen.

Apa yang membuatThe Penthouse 3 meraih rating terendah dibanding musim sebelumnya? Sebagian besar pentonon menyebutkan bahwa ending cerita drama kurang berkesan karena tiga pemeran protagonis utama diceritakan meninggal dunia. 

Sepanjang cerita, para penonton juga menyadari banyaknya karakter yang awalnya sudah meninggal dunia justru dihidupkan kembali dalam pertengahan drama. Plot cerita pun menjadi tak realistis, hingga akhir drama pun dinilai mengecewakan. 

Penjelasan Ending Drama The Penthouse 3

Ending drama The Penthouse 3 juga tak sesuai ekspektasi. Namun ada beberapa momen para karakter yang mengesankan penonton, seperti perkembangan karakter Joo Seok Kyung (Han Ji Hyun) dan Bae Ro Na (Kim Hyun Soo).

Jika sebelumnya Joo Seok Kyung selalu mendapatkan apa yang ia inginkan karena kekayaan ayahnya, Joo Dan Tae (Uhm Ki Joon), dia berakhir hidup mandiri. Joo Seok Kyung mulai membiayai hidupnya sendiri dengan bekerja part time serta menjadi guru les vokal.

Kesuksesan Bae Ro Na akhirnya terwujud di akhir drama The Penthouse 3. Ingin membuat sang ibu Oh Yoon Hee (Eugene) bangga di surga, Bae Ro Na resmi menjadi penyanyi terkenal. Dia juga memiliki hubungan bahagia dengan sang kekasih, Joo Seok Hoon (Kim Young Dae). 

Ending tak terduga terjadi kepada Ha Eun Byeol yang kena karma. Dia menggoreskan pisau ke lehernya agar tidak bisa bernyanyi lagi. Hal ini dilakukan saat dia diminta menjadi saksi persidangan ibunya, Cheon Seo Jin (Kim So Yeon). Ha Eun Byeol memutuskan untuk berhenti menyanyi dan menjadi dirigen paduan suara di gereja.

Cheon Seo Jin akhirnya membayar seluruh perbuatannya dengan mendekam di penjara seumur hidup atas tuduhan pembunuhan pada Oh Yoon Hee dan Shim Soo Ryun (Lee Ji Ah).

Tiga tahun kemudian, Cheon Seo Jin mendapatkan kebebasan bersyarat selama 3 hari. Ia menggunakan waktu tersebut untuk menemui Ha Eun Byeol yang sedang berada di gereja, dan memandangnya dari jauh. Pada akhirnya, Cheon Seo Jin memutuskan untuk mengakhiri hidupnya dengan meminum obat hingga overdosis.

Dan ending cerita drama The Penthouse 3 yang membuat para penonton geram adalah ketika Logan Lee (Park Eun Seok) ikut mati, menyusul Shim Soo Ryeon. Padahal hubungan bahagia pasangan ini sudah ditentukan sejak musim kedua. 

Shim Soo Ryeon ternyata sengaja menjatuhkan diri dari atas tebing untuk menebus semua kesalahannya. Sedangkan Logan Lee meninggal karena kanker sumsum tulang belakangnya yang kambuh dan berhenti melakukan pengobatan.

The Penthouse 3 Disebut Gagal hingga Terima Banyak Komplain

Menurut netizen Korea, drama The Penthouse 3 terlalu banyak menyuguhkan konflik hingga membuat para penonton lelah. Tidak sedikit yang berpendapat bahwa The Penthouse seharusnya berakhir setelah musim pertama karena alur cerita tidak memiliki perkembangan nyata setelah itu.

Selain itu, drama The Penthouse disebut memunculkan kekhawatiran karena menyebabkan adanya ‘tren’ drama provokatif yang meresahkan penonton. Juga kualitas dari konten siaran kian menurun, menyebabkan generasi muda enggan menonton televisi lagi. Netizen mengkritik bahwa drama seharusnya lebih memperhatikan detail dan The Penthouse telah melewati batas dengan memasukkan konten provokatif yang berlebihan. 

Terlebih lagi, drama The Penthouse 3 episode 13 pernah memasukkan potongan gambar dan video dari tragedi runtuhnya sebuah gedung Gwangju, yang hingga sekarang menjadi isu sensitif untuk warga Korea. 

Selama penayangan tiga musim The Penthouse sejak Oktober 2020, drama ini telah menerima total 831 keluhan dari Komisi Standar Komunikasi Korea (KCC). Hingga artikel ini ditulis, SBS selaku tim produksi sekaligus stasiun televisi penayangan drama The Penthouse belum mengkonfirmasi tentang adanya kelanjutan untuk musim keempat.

Baca Juga: Link Nonton Streaming The Penthouse 3 Episode 14 Sub Indo