10 Fakta Lee Sang Yi, Aktor Hometown Cha-Cha-Cha Sahabat Kim Go Eun

Instagram/leesangyi_
Lee sang Yi
20/9/2021, 16.47 WIB

ZIGI – Lee Sang Yi mendapat peran sebagai second lead dalam drama Hometown Cha-Cha-Cha. Ia berperan sebagai Ji Seong Hyeon, yang meramaikan hubungan Hong Du Sik (Kim Seon Ho) dan Hye Jin (Shin Min Ah).

Akting impresifnya di layar kaca adalah hasil dari pengalaman Sang Yi yang memulai karir sejak 2013. Ia adalah aktor yang selalu produktif dengan berbagai proyek drama, musikal, teater, hingga variety show. Simak fakta, profil dan biodata Lee Sang Yi berikut ini yuk!

Baca juga: 10 Fakta dan Biodata Byun Sung Tae, Idol di Hometown Cha-Cha-Cha

1. Drama Pertama Lee Sang Yi 2017

Lee Sang Yi memulai karirnya di dunia drama pada 2017. Ia mendapat peran sebagai Oh Dal Soo di Manhole yang disiarkan oleh KBS. Di tahun yang sama, ia juga beradu akting dengan Kai EXO untuk drama remaja berjudul Andante. Total selama 2017 ia bermain di 4 drama. 

Setelah itu karir dramanya tidak pernah berhenti. Pada 2018 ia memainkan 5 drama, dengan tiga di antaranya sebagai cameo. Kemudian di 2019 ia memainkan 3 drama termasuk drama populer, When The Camellia Blooms sebagai pemeran pendukung. 

Aktingnya mendapat perhatian setelah muncul di Once Again, drama KBS, sebagai Yoon Jaeseok. Selama 2021, ia sudah memerankan 3 drama dengan satu di antaranya sebagai cameo. 

2. Memulai Karir Sebagai Aktor Film Musikal 

Jauh sebelum debut di drama, Sang Yi terlebih dahulu muncul sebagai aktor musikal pada 2013 untuk pertunjukan berjudul How To Make a Star. Kemampuan bernyanyi dan berakting membuat ia mendapat banyak tawaran. Pria kelahiran 27 November 1991 ini aktif karena 2013 hingga 2020 selalu berperan di panggung musikal, kecuali 2017 dan 2019.  

3. Banyak Terlibat di Panggung Teater

Selain di layar kaca dan panggung musikal, aktor satu ini pernah menjajal dunia teater. Hingga kini, total ada 4 pertunjukan teater yang pernah ia mainkan. 

Lee Sang Yi pertama kali muncul di teater Real Solution pada 2016. Kemudian di 2017, ia berperan di Crazy Kiss dan Guards of the Taj Mahal. Panggung teaternya yang terbaru adalah The Legend of Geogria McBride pada 2019. 

4. Penghargaan Lee Sang Yi

Lee Sang Yi masuk sebagai nominasi Best New Actor pada 2016 dari The Yegreen Musical Award. Satu tahun selanjutnya ia juga menjadi nominasi Best New Actor dari Korean Musical Awards. 

 

Kemenangannya ia raih setelah membintangi drama Once Again pada 2020. Total Lee Sang Yi membawa tiga penghargaan. Penghargaan pertama ia raih bersama Lee Chohee, lawan mainnya di Once Again dengan trofi Best Couple Award dari KBS Drama Award yang diselenggarakan pada Desember 2020. 

Sang Yi akhirnya memenangkan Best New Actor untuk drama yang sama di ajang penganugerahan KBS tersebut. Tidak berhenti di sana, pada APAN Star Award 2021 yang diadakan 23 Januari 2021, ia membawa pulang Excellence Award dengan drama Once Again. 

5. Jadi Member MSG Wannabe di Hangout With Yoo

Hangout With Yoo adalah variety show yang dipandu oleh Yoo Jae Suk yang disiarkan oleh MBC.  Jae Suk membentuk supergrup sementara bernama MSG Wannabe. Member tetapnya adalah Byeollu Ji, Kim Jungsu, Kang Changmo, Jung Kisuk, Lee Dong Hwi, Wonsteon, Parc Jaejung, dan Lee Sang Yi. 

MSG Wannabe terbagi jadi dua subunit, M.O.M dan JSDK. Lee Sang Yi tergabung dalam JSDK. Grup ini mengeluarkan album bertajuk MSG Wannabe Special Album. Kedua lagu dari grup tersebut langsung berada di peringkat 1 dan 2 chart Korea ketika dirilis pertama kali pada Juli 2021. 

6. Lee Sang Yi dan Kim Go Eun Satu Kampus

Lee Sang Yi merupakan lulusan dari Korea National University of Arts dengan fokus pada studi akting. Sang Yi dekat dengan Kim Goeun, Kim Seong Cheol dan Ahn Eunjin karena berada di satu kampus. Keempatnya merupakan aktor dan aktris populer di Korea Selatan. Mereka bahkan turut membintangi drama terkenal seperti Goblin (Kim Goeun), Vincenzo (Kim Seong Cheol), Hospital Playlist (Ahn Eunjin).

Saking terkenalnya circel pertemanan tersebut, netizen menyebutnya sebagai 10 hakbeon yang berarti kelompok mahasiswa perguruan tinggi angkatan 2010. 

Keempatnya sering sekali membagikan cerita tentang persahabatan tersebut. Kim Seong Cheol menjadi tamu dia variety show Sixth Sense season 2 episode 8 juga berbagi cerita tentang pertemanannya. 

7. Tampil Sebagai Cameo di drama Yumi's Cell

Untuk mendukung teman baiknya, Kim Go Eun, Lee Sang Yi dikabarkan akan menjadi cameo untuk drama Yumi's Cell. Dikutip dari mydramalist, per 31 Agustus 2021, Sang Yi telah menyelesaikan syuting beradu akting dengan Kim Go Eun. 

Baca juga: 10 Fakta Ahn Bo Hyun Pemain Drama Yumi's Cells hingga Itaewon Class

 

8. Berperan Sebagai Ji Seong Hyun di Hometown Cha-Cha-Cha

Peran Sang Yi di Hometown Cha-Cha-Cha adalah sebagai Ji Seong Hyun, seorang produser variety show yang gila kerja. Ia pergi ke desa Gongjin untuk syuting acara terbaru. Di sana ia bertemu dengan Yoo Hye Jin (Shin Min Ah) mantan adik kelasnya dulu di kampus.

Drama yang sudah mencapai episode 7 ini akan menunjukan rivalistas Lee Sang Yi dan Kim Seon Ho dalam mendapatkan cinta Shin Min Ah. 

9. Punya Hobi Pelihara Ikan

Hobi Sang Yi adalah memilihara Ikan. Ini ia tunjukan dalam reality show I Live Alone. Sembari memperlihatkan isi rumah, penonton juga disuguhi banyak aquarium berisi ikan. Sang Yi memperlihatkan kesehariannya merawat ikan-ikan yang ia pelihara. 

Dikutip dari SCMP, Netizen menyadari bahwa pria berusia 30 tahun tersebut punya banyak koleksi ikan. Ia rajin memmberi makan sebelum sarapan. Beberapa penggemar bahkan meninggalkan pujian untuknya lewat YouTube maupun sosial media lain. 

10. Biodata Lee Sang Yi

Nama: Lee Sang Yi
Tahun aktif: 2013 hingga sekarang
Tanggal lahir: Ansan, 27 November 1991
Profesi: Aktor layar kaca, aktor musikal, dan penyanyi
Umur: 30 tahun atau 31 tahun menurut perhitungan Korea. 
Agensi: PLK Good Friends
Pendidikan: Korea National University of Arts
Instagram: @leesangyi_

Selain memiliki banyak bakat, Lee Sang Yi juga dikenal sebagai penggemar berat dari penyanyi Rain. Ia bahkan pernah melakukan dance cover untuk lagu Rainism. Dalam beberapa kesempatan, pemeran di Hometown Cha-Cha-Cha itu juga mengakui kekagumannya terhadap suami dari Kim Tae Hee tersebut.