7 Permainan Anak Khas Korea Selatan yang Muncul di Squid Game

Netflix Korea
Squid Game
Penulis: Yasmin Karnita
22/9/2021, 07.00 WIB

ZIGI – Drama Squid Game dibintangi Lee Jung Jae, Park Hae Soo, dan Jung Ho Yeon tengah viral setelah tayang perdana di Netflix sejak 17 September 2021. Menceritakan tentang perjuangan 456 kontestan dalam sebuah permainan misterius, setidaknya ada 7 permainan tradisional khas Korea Selatan yang dimunculkan.

Berbeda dengan permainan bertahan hidup pada umumnya, drama Squid Game justru menghadirkan game yang biasa dimainkan oleh anak-anak Korea Selatan. Lewat drama ini, sekaligus memperkenalkan budaya Negeri Ginseng kepada masyarakat dunia.

Berikut adalah penjelasan 7 permainan tradisional anak-anak khas Korea Selatan yang muncul di drama Squid Game. Penasaran apa saja? Simak artikelnya di bawah ini yuk!

Baca Juga: Penjelasan Ending Squid Game, Season 2 Masih Dirahasiakan Netflix

1. Ddakji - Squid Game Episode 1

Drama Squid Game mengawali cerita pada sosok Gi Hun (Lee Jung Jae) yang membutuhkan uang untuk membayar utang dan membiayai operasi ibunya yang mengidap diabetes. Di lain sisi, dia juga harus memiliki tabungan demi mengambil hak asuh putri semata wayangnya dari mantan istri.

Di tengah keterpurukan itu, Gi Hun dipertemukan dengan seorang pria yang tak diketahui namanya (Gong Yoo). Kala itu, sang pria mengajak Gi Hun untuk bermain ddakji. Jika Gi Hun menang, dia akan mendapatkan uang dari sang pria.

Lantas ddakji merupakan salah satu permainan tradisional anak-anak khas Korea Selatan yang cukup populer. Para pemain harus melipat kertas karton hingga menjadi sebuah persegi. Pemain dinyatakan menang saat dia bisa membalikkan ddakji milik sang lawan. 

Meskipun terlihat mudah, diperlukan kekuatan dan ketepatan dalam melempar hingga membalik ddakji milik lawan. Dalam drama Squid Game, Gi Hun selalu gagal membalik ddakji milik sang pria. Sesuai ketentuan mereka di awal, yang kalah akan mendapatkan tamparan. Setelah puluhan kali mencoba, Gi Hun akhirnya menang.

2. Mugunghwa Kkoci Pieot Seumnida - Squid Game Episode 1

Setelah mengalahkan sang pria, Gi Hun mendapat kartu nama untuk bermain dalam game misterius. Nantinya, akan terkumpul 456 kontestan yang harus memainkan 6 permainan berbeda. Sang pemenang bisa membawa pulang uang tunai sebesar 45,6 miliar won atau setara dengan Rp548 miliar.

Menariknya adalah game yang disuguhkan ternyata berpusat pada permainan anak-anak khas Korea Selatan. Ronde pertama disebut dengan permainan Green Light, Red Light atau Lampu Hijau, Lampu Merah. Dalam bahasa Korea disebut Mugunghwa Kkoci Pieot Seumnida.

Permainan ini mirip dengan petak umpet di Indonesia. Dalam drama Squid Game, pemain yang menghadap ke pohon berupa sebuah boneka raksasa yang memiliki mata pendeteksi.

Sang boneka berdiri pada jarak yang cukup jauh dari para pemain dengan membelakangi kontestan. Setelah dia meneriakkan ‘lampu hijau’, pemain harus berlari menuju garis finish dan berhenti ketika boneka mengatakan ‘lampu merah’. Siapa pun kontestan yang tertangkap oleh matanya, akan ditembak mati.

3. Dalgona atau Sarang Madu Gula - Squid Game Episode 3

Masih ingat dengan tren dalgona yang sempat menyeruak di awal pandemi Covid-19? Yup, camilan tersebut juga berasal dari Korea Selatan dan dimunculkan dalam drama Squid Game. Bedanya adalah drama Squid Game menggunakan gula pasir yang dilelehkan bersama baking powder tanpa ditambah kopi.

Permainan anak-anak selanjutnya adalah sarang madu gula. Biasanya di Korea Selatan, camilan ini dijual di pinggir jalan. Nantinya, sang penjual akan menambahkan cetakan di tengah sarang madu gula seperti bentuk segitiga, lingkaran, bintang, hingga payung.

Dalam drama Squid Game, para kontestan diminta memotong cetakan di sarang gula madu tanpa merusak bentuk cetakannya. Karena keras, sulit bagi pemain untuk mengeluarkannya dari cetakan. Namun Gi Hun yang panjang akal akhirnya menjilat sarang madu gula sehingga lapisannya meleleh. 

 

4. Tarik Tambang - Squid Game Episode 5

Tug-of-war adalah sebutan lain untuk permainan tarik tambang. Ini juga merupakan game yang pasti pernah dilakukan oleh anak kecil termasuk di Korea Selatan. Karena drama Squid Game begitu keji, tentu para kontestan yang kalah akan mati dengan cara berbeda-beda.

Biasanya dalam permainan tarik tambang, setiap tim harus menarik tali bersama anggotanya untuk menyeret tim lawan. Bendera harus melewati garis tengah agar mereka dinyatakan sebagai pemenang.

Namun dalam Squid Game, permainan itu diadakan di atas platform dengan ketinggian seratus kaki, menyebabkan yang kalah terjatuh ke bawah. Kakek Oh Il Nam (Oh Young Soo) berhasil membuat strategi yang membuat tim Gi Hun menang meski lawannya didominasi para pria. 

Salah satu kuncinya adalah dengan menarik tali dalam posisi stabil. Peletakan kaki yang benar hingga menempatkan tali pada ketiak menjadi kunci utama tim Gi Hun lolos ke ronde selanjutnya. 

5. Permainan Kelereng - Squid Game Episode 6

Permainan kelereng menjadi game kelima yang harus dimenangkan para kontestan. Dalam drama Squid Game, setting tempat dibuat bak perumahan tradisional Korea Selatan di era 1980-an. Tampaknya, ini dilakukan sekaligus untuk bernostalgia.

Game ini begitu menyentuh karena menyoroti persahabatan, pengkhianatan, dan pengorbanan. Masing-masing kontestan diberi kantong berisikan sepuluh kelereng di dalamnya. Mereka memiliki waktu 30 menit untuk mengambil semua kelereng rekan setimnya untuk dinyatakan sebagai pemenang.

Selain itu, setiap tim dibebaskan untuk memilih permainan kelereng yang diinginkan. Dengan catatan tidak menggunakan kekerasan. Dalam permainan ini, beberapa karakter penting seperti Oh Il Nam, Ali Abdul (Tripathi Anupam), serta Ji Yeong (Lee Yoo Mi) kalah.

6. Jembatan Kaca Gantung - Squid Game Episode 7

Memasuki game kelima, 16 kontestan yang tersisa diminta menyebrangi jembatan kaca. Twist yang diberikan adalah mereka harus memilih pijakan kaca normal atau tiruan. Jika kontestan menginjak kaca yang salah, akan terjatuh dari ketinggian.

Gi Hun menjadi kontestan terakhir yang menyebrangi jembatan kaca, dan itu merupakan keuntungan untuknya. Hanya saja, sempat terjadi pertikaian antara Deok Su (Heo Sung Tae) dan Han Mi Nyeo (Kim Joo Ryung) hingga membuat mereka mati. Sayangnya, Kang Sae Byeok (Jung Ho Yeon)  yang seharusnya melaju ke final terkena kepingan kaca pada perutnya. 

Permainan ini lumrah dilakukan oleh anak-anak kecil di Korea Selatan. Jembatan tali biasanya tersedia di taman bermain perkomplekan. Namun tentu saja, tidak seekstrem yang ada dalam drama Squid Game.

7. Squid Game - Squid Game Episode 8

Dan game terakhir dinamakan Squid Game atau Permainan Cumi. Di Korea Selatan, ini menjadi satu-satunya permainan anak kecil yang memiliki cukup banyak kekerasan karena untuk melawan tim lain, mereka diperbolehkan untuk mendorong hingga menarik tangan.

Di Indonesia, Squid Game mungkin mirip dengan permainan galasin atau gobak sodor. Seseorang harus menjadi penyerang, dan yang lain menjadi pertahanan. Penyerang harus berlari melewati pertahanan dan mengetuk area di dalam kepala cumi menggunakan kaki untuk menjadi pemenang.

Sedangkan pemain bertahan harus menghadang lawan dengan memaksanya keluar dari batas. Dalam permainan ini, jika salah satu pemain tidak dapat melanjutkan, yang bertahan terakhir akan menjadi pemenangnya.

Dalam Squid Game, Gi Hun dan Sang Woo yang berakhir sebagai kontestan final justru berpotensi untuk saling membunuh karena sama-sama memegang pisau. Di tengah hujan, pertumpahan darah pun terjadi. 

Dengan demikian, itulah 7 permainan anak-anak tradisional khas Korea Selatan yang ditampilkan dalam drama Squid Game. Keseluruhan episode drama Squid Game dibintangi Lee Jung Jae dan Park Hae Soo bisa disaksikan di Netflix. 

Baca Juga: Sinopsis dan Link Nonton Drama Squid Game Episode 1-9 Sub Indo