5 Teka-teki yang Kemungkinan Terjawab di Squid Game Season 2

Netflix Korea
Squid Game
Penulis: Yasmin Karnita
22/9/2021, 18.54 WIB

ZIGI – Drama Squid Game yang belum lama ini tayang perdana di Netflix meninggalkan banyak pertanyaan yang belum terjawab di ending cerita. Maka dari itu, banyak penonton berspekulasi bahwa tontonan dibintangi Lee Jung Jae dan Park Hae Soo ini kemungkinan akan dilanjutkan ke musim kedua.

Namun hingga artikel ini ditulis, baik pihak Netflix Korea dan Hwang Dong Hyuk selaku sutradara belum buka suara terkait produksi Squid Game Season 2. Lantas ada sederet teka-teki yang belum terjawab di drama Squid Game.

Mulai dari tujuan digelarnya game misterius tersebut, nasib detektif Hwang Jun Ho (Wi Ha Joon), hingga keputusan Gi Hun (Lee Jung Jae) kembali ke arena permainan. Penasaran dengan ulasannya? Simak artikel berikut ini!

Baca Juga: 7 Permainan Anak Khas Korea Selatan yang Muncul di Squid Game

1. Tentang Sosok Front Man, Hwang In Ho Kakak Hwang Jun Ho

Dalam drama Squid Game, diperkenalkan sosok detektif bernama Hwang Jun Ho. Dia memiliki seorang kakak bernama Hwang In Ho yang mendadak hilang karena tak bisa dihubungi.

Saat Hwang Jun Ho berkunjung ke kos-kosan sang kakak, dia menemukan kartu Squid Game. Sebelumnya, Hwang Jun Ho sudah familiar dengan kartu tersebut karena sempat melihat Gi Hun membawanya ke kantor polisi tempat dia bertugas.

Karena penasaran, Hwang Jun Ho akhirnya membuntuti Gi Hun saat dijemput oleh seseorang berseragam merah dan memakai topeng. Sampai akhirnya, Hwang Jun Ho berhasil menyelinap ke kapal dan menyamar menjadi salah satu petugas di Squid Game.

Sebuah fakta mengejutkan terungkap bahwasannya kakak Hwang Jun Ho bernama Hwang In Ho merupakan pemenang Squid Game tahun 2015. Kala itu, Front Man (Lee Byung Hun) juga tengah mencari sosok polisi yang berhasil menyelinap ke arena permainan. 

Akhirnya, Front Man mengejar Hwang Jun Ho ke sebuah pulau kecil. Dari situlah baru terungkap bahwa Front Man adalah Hwang In Ho, kakak Hwang Jun Ho. Demi menghilangkan bukti, Hwang In Ho menembak Hwang Jun Ho.

Namun yang perlu disoroti adalah Hwang In Ho sebenarnya sudah mengetahui keberadaan Hwang Jun Ho di arena permainan karena saat menemukan jasad polisi di pinggir laut, dia melihat kartu nama adiknya. Meski mayat tersebut bukanlah Hwang Jun Ho, melainkan petugas berseragam yang Hwang Jun Ho ceburkan dari atas kapal.

Lalu tampaknya Hwang In Ho memiliki rencana lain untuk menyelamatkan Hwang Jun Ho. Saat sampai di pulau, dia sengaja meledakkan tabung oksigen untuk memberikan sinyal kepada Hwang Jun Ho. Hubungan darah antara keduanya tak mungkin berakhir seperti demikian. 

Dalam drama Squid Game episode terakhir, Hwang Jun Ho memang ditembak dan tercebur ke laut. Namun jasadnya tidak diperlihatkan. Ada secercah harapan bahwa bisa saja Hwang Jun Ho masih hidup karena dia juga pandai berenang.

Mengenai hilangnya Hwang In Ho. Dalam episode awal, Hwang Jun Ho sempat mendapat telepon dari ibunya yang tak bisa menghubungi Hwang In Ho. JKla itu, Hwang Jun Ho belum panik dan sengaja tidak memasukkan nama kakaknya ke daftar orang hilang.

Ternyata alasan Hwang In Ho tak bisa dihubungi karena dia kembali direkrut oleh Squid Game untuk menjadi Front Man, berselang lima tahun sejak dirinya dinyatakan sebagai pemenang. Hal tersebut lantas menjadi tanda tanya tentang urgensi Hwang In Ho yang memutuskan untuk kembali ke Squid Game dan berkontribusi dalam mengontrol keseluruhan permainan.

 

2. Bukti Keji Squid Game Sampai ke Kepolisian?

Sebelum tercebur ke laut, Hwang Jun Ho sempat menghubungi atasannya di kepolisian dengan memberikan sejumlah bukti terkait Squid Game hingga pengakuan salah satu VIP. 

Jika melihat layar handphone Hwang Jun Ho, pesan yang dia kirimkan ke atasan berhasil terkirim meski awalnya dia sulit menemukan sinyal. Kelanjutan tentang apakah pihak kepolisian menerima bukti dari Hwang Jun Ho masih belum diketahui.

3. Gi Hun Kembali ke Squid Game?

Adegan terakhir drama Squid Game ditutup dengan keputusan Gi Hun yang tak jadi menyusul putrinya ke Los Angeles, Amerika Serikat. Dia justru berencana untuk kembali ke arena permainan setelah menelepon Squid Game. Kala itu, lawan bicara Gi Hun adalah sang Front Man.

Gi Hun masih tak terima dengan kejahatan Squid Game yang menganggap para kontestan game seperti kuda, mempertaruhkan nyawa manusia demi kesenangan pribadi.

Tampaknya, Gi Hun bertekad untuk mencari tahu lebih dalam mengenai dalang di balik Squid Game. Meskipun dia sudah mendengar pernyataan dari sang tuan rumah permainan, kakek Oh Il Nam (Oh Young Soo). 

 

4. Sosok VIP, Orang Kaya Dijamu oleh Oh Il Nam

Front Man memiliki atasan yaitu kakek Oh Il Nam. Oh Il Nam, alias kontestan 001 merupakan tuan rumah permainan. Tersirat bawah dia bukanlah satu-satunya orang yang menjalankan seluruh aktivitas permainan. Tapi ada orang lain yang tampaknya bertanggung jawab atas Squid Game. 

Sebelum meninggal dunia, Oh Il Nam menjelaskan tujuannya membuat Squid Game. Karena dia sudah didiagnosis menderita tumor otak, Oh Il Nam ingin menghabiskan sisa hidupnya dengan bersenang-senang. Akhirnya Oh Il Nam dan teman-temannya memutuskan untuk membuat Squid Game. Alih-alih menjadi si pengontrol, Oh Il Nam menyamar menjadi salah satu kontestan.

Sebelumnya, Front Man menyebutkan bahwa Squid Game menyamaratakan seluruh kontestan tanpa pandang bulu. Maka dari itu, dokter Byeong Ki (Yu Seong Ju) dibunuh karena dia mendapat bocoran permainan selanjutnya dari petugas. Di lain sisi, Squid Game gagal mengaplikasikan perarutan tersebut karena mengizinkan Oh Il Nam, yang notabene adalah sang tuan rumah, masuk ke dalam arena permainan. Apakah Squid Game menyimpan kebohongan lainnya?

Beralih ke para VIP. Mereka merupakan orang-orang kaya yang datang dari Amerika Serikat dan Jepang. Mereka dijamu oleh Oh Il Nam dengan bisa mempertaruhkan uang selama Squid Game berlangsung.

Dalam drama Squid Game, ada adegan yang memperlihatkan Gi Hun mempertaruhkan sejumlah uang untuk perlombaan kuda. Yup, itu sama seperti yang VIP lakukan terhadap para kontestan Squid Game. 

Satu hal lain yang belum terjawab adalah tujuan Oh Il Nam dan para VIP menjadikan Squid Game murni sebagai ajang kesenangan saja atau justru memiliki maksud lain.

Terlebih lagi beberapa petugas Squid Game sempat tertangkap basah melakukan jual beli organ tubuh. Dengan mengambil organ tubuh milik kontestan yang sudah mati. Jika Squid Game juga berhubungan dengan ini, maka termasuk dalam tindakan ilegal. Namun kasus ini tidak diceritakan secara detail.

5. Misteri Bisnis yang Dijalankan Oh Il Nam

Sebelum meninggal dunia, Oh Il Nam mengatakan kepada Gi Hun bahwa pekerjaannya adalah memutar uang. Lalu dia memiliki sejumlah klien orang kaya raya. Saat berdiskusi para klien Oh Il Nam mengatakan bahwa meskipun mereka punya banyak uang, menjalani hidup terasa membosankan.

Akhirnya, Oh Il Nam bersama teman-temannya membuat Squid Game. Namun tak dijelaskan secara detail mengenai bisnis Oh Il Nam. Dalam percakapan terakhir pun, dia tak menyebutkan tentang VIP yang juga berkontribusi dalam Squid Game.

Itulah sederet teka-teki yang belum terjawab di ending Squid Game. Hingga artikel ini ditulis, pihak Netflix Korea masih bungkam soal rencana produksi Squid Game Season 2. Sementara itu keseluruhan episode drama Squid Game dibintangi Lee Jung Jae dan Park Hae Soo bisa ditonton secara eksklusif di Netflix. 

Baca Juga: Penjelasan Ending Squid Game, Season 2 Masih Dirahasiakan Netflix