6 Persamaan Squid Game dan Film Parasite, Ekspos Realita Sosial

Berbagai Sumber
Squid Game dan Parasite
Penulis: Yasmin Karnita
24/9/2021, 08.30 WIB

ZIGI – Drama Squid Game dan film Parasite (2019) disebut-sebut memiliki kesamaan. Bukan dari jalan cerita, melainkan cara sang sutradara mengekspos realita yang terjadi di tengah masyarakat termasuk status sosial.

Menurut Flix Patrol, situs web peringkat streaming, Squid Game saat ini berada di peringkat No. 2 di seluruh dunia untuk daftar Acara TV Teratas per 21 September 2021, yang merupakan posisi tertinggi yang pernah diraih oleh rama Korea.

Di lain sisi, pencapaian film Parasite juga tidak main-main karena berhasil menyabet penghargaan Oscars 2020 kategori Best Picture, Best Original Screenplay, Best International Feature Film, dan Best Director untuk sutradara Bong Joon Ho. Lantas apa persamaan antara drama Squid Game dan film Parasite? Simak ulasan selengkapnya lewat artikel berikut.

Artikel ini mengandung spoiler.

1. Premis Cerita

Drama Squid Game menceritakan tentang sebuah game misterius yang diikuti oleh 456 peserta dengan latar belakang berbeda-beda. Namun satu kesamaan yang mereka miliki adalah sama-sama membutuhkan uang. Entah untuk membayar utang, hidup dalam roda kemiskinan, dan masih banyak lagi.

Sedangkan film Parasite mengisahkan keluarga miskin dengan masa depan suram menanti mereka. Mereka ingin mengubah nasib dengan bergantung dengan keluarga kaya bak parasit. Namun pada akhirnya, usaha mereka sia-sia.

Beberapa kritikus film mengatakan adanya persamaan cerita antara drama Squid Game dan film Parasite. Di mana disoroti tentang ketidaksetaraan dalam masyarakat. Dalam artian, seseorang yang memiliki kelebihan seperti kekuasaan serta uang, dengan mudahnya menindas mereka yang tidak punya apa-apa. 

Lalu ada pula kemiripan antara karakter Gi Hun (Lee Jung Jae) di Squid Game dengan Ki Taek (Song Kang Ho). Sejak awal, Gi Hun diceritakan sebagai karakter protagonis namun dia diceritakan pernah mengambil uang ibunya demi bertaruh untuk lomba kuda. 

Lalu saat bermain di Squid Game, Gi Hun tidak pernah membunuh orang. Hanya saja, dia mengelabui banyak peserta termasuk kakek Oh Il Nam (Oh Young Soo) agar bisa memenangkan permainan. Di pertengahan cerita, Gi Hun mencoba menjadi ‘penegak keadilan’ dan merasa tidak terima dengan Squid Game yang dengan mudahnya merenggut nyawa orang lain.

Beberapa penonton ada yang merasa terganggu dengan perkembangan karakter Gi Hun yang awalnya diceritakan punya rekam hidup yang tak baik, tapi pada akhirnya dibuat menjadi penegak keadilan. Tindakan hipokrit ini seringkali ditemukan di kalangan masyarakat.

Begitu juga dengan karakter Ki Taek di film Parasite di mana dia membohongi keluarga kaya demi mendapatkan keinginannya. Pada akhirnya, keluarga Ki Taek hancur. Sama seperti analogi parasit yang bisa membuat sang induk menderita. Di mana parasit juga akan bersenang-senang ketika sang induk lengah. 

 

2. Berakhir dengan Kekerasan

Satu hal yang begitu kental dari drama Squid Game adalah kekerasan. Meskipun game yang diusung adalah permainan tradisional anak-anak Korea Selatan, para peserta yang kalah akan langsung dibunuh di tempat. Pertumpahan darah pun terjadi.

Film Parasite pada akhirnya menampilkan kekerasan dan juga kematian. Hal ini awalnya tak pernah disangka oleh para penonton. Namun ini menunjukkan bahwa ketamakan seseorang terhadap suatu hal bisa berujung pada hal negatif tak terkecuali maut.

3. Orang Kaya Selalu Menang

Di kehidupan nyata, orang kaya raya memiliki hak istimewa sosial (privilege). Mereka bisa mencapai titik tertentu berkat hal tersebut, tapi tidak sedikit yang tidak mau mengakuinya. Padahal, mengakui bahwa kita hidup dalam privilege tidak ada salahnya. Tergantung dari masing-masing orang tentang cara mereka mengelola privilege tersebut. Untuk kebaikan atau sebaliknya.

Dalam drama Squid Game, diperlihatkan secara jelas bahwa permainan misterius itu diciptakan oleh jajaran orang kaya yang bosan menjalani hidup. Saking punya banyak uang, mereka menganggap hidup membosankan. Akhirnya, mereka bertaruh uang demi nyawa para peserta yang miskin.

Hal serupa juga kontras dimunculkan dalam film Parasite. Keluarga Mr. Park (Lee Sun Kyun) yang kaya raya hidup serba mewah. Karena status sosial tersebut, dia memandang rendah keluarga Ki Taek yang notabene hanya ‘menumpang’.  Lalu, sebuah situasi saling membutuhkan akhirnya mempertemukan si kaya dan si miskin.

4. Kenalkan Budaya Korea

Baik drama Squid Game dan film Parasite sama-sama memperkenalkan budaya Korea kepada dunia. Contohnya Squid Game menampilkan sederet permainan anak-anak tradisional khas Korea Selatan seperti ddakji (melipat kertas karton hingga menjadi sebuah persegi) hingga mugunghwa kkoci pieot seumnida, seperti petak umpet di Indonesia.

Sedangkan film Parasite sempat memviralkan hidangan jjapaguri. Nama jjapaguri sendiri diambil dari singkatan 2 merek mie instan terkenal di Korea Selatan yang digunakan untuk membuat makanan ini, yaitu Jjapagetti dan Neoguri. 

Jjapagetti merupakan varian mie instan Korea yang dihidangkan dengan saus kedelai hitam atau yang dikenal sebagai jjajangmyeon. Sedangkan Neoguri adalah varian mie instan Korea dengan rasa kuah yang pedas. Alih-alih menggunakan telur, jjapaguri khas film Parasite memilih daging sapi tanpa lemak atau sirloin steak sebagai topping.

Selain itu, film Parasite juga menunjukkan sisi lain dari Korea Selatan yang dikenal sebagai salah satu negara terkaya. Ternyata, banyak orang yang kurang mampu memiliki hunian yang tidak layak untuk ditinggali. 

Tempat yang dijadikan sebagai rumah dari keluarga Ki Taek dalam film Parasite bernama Banjiha, yang sebenarnya merupakan tempat yang terdapat di ruangan bawah tanah yang dijadikan bunker darurat saat terjadi penyerangan bom maupun nuklir dari utara. Namun akibat keterbatasan dari segi ekonomi, Banjiha dijadikan sebagai rumah bagi kaum menengah ke bawah yang tidak mampu membeli atau menyewa rumah yang lebih baik dan layak untuk dihuni.

 

5. Penampilan Cameo yang Powerful

Kesamaan lain antara drama Squid Game and film Parasite adalah penampilan cameo yang memiliki peran penting dalam keseluruhan cerita. Dalam drama Squid Game, Gong Yoo berperan sebagai seorang pria yang merekrut orang agar mengikuti Squid Game.

Saat Gi Hun merasa terpuruk, Gong Yoo mengajaknya bermain ddakji di stasiun. Jika Gi Hun berhasil membalikkan ddakji milik Gong Yoo, dia akan mendapatkan uang. Namun jika Gi Hun kalah, Gong Yoo diperbolehkan menamparnya.

Setelah puluhan kali mencoba yang berakhir dengan tamparan, Gi Hun akhirnya menang. Gong Yoo lantas muncul di episode 1 dan episode 9 Squid Game. Penampilan singkatnya itu meninggalkan kesan mendalam karena menjadi awal mula orang-orang bisa terhubung dengan Squid Game.

Sementara di film Parasite, Park Seo Joon sempat muncul sebagai cameo dengan memerankan karakter Min Hyuk, mahasiswa pintar yang tumbuh di keluarga kaya. Ia bersahabat dengan Ki Woo (Choi Woo Sik), anak yang tumbuh di keluarga kurang mampu. Sosok Min Hyuk bisa dibilang ‘pahlawan’ bagi keluarga Ki Woo.

Meski latar belakang kedua keluarga berbeda jauh, Min Hyuk dan Ki Woo berteman dekat. Dan Min Hyuk lah yang memperkenalkan Ki Woo kepada keluarga Mr. Park, dan bekerja sebagai guru privat anaknya. Walaupun kemunculannya terbilang singkat, namun sangat penting menurut sutradara Bong Joon Ho.

6. Sama-sama Merajai Kancah Dunia

Dan terakhir adalah drama Squid Game dan film Parasite merajai kancah dunia. Parasite sukses melambungkan popularitas sinema Asia. Bermodalkan representasi terhadap kehidupan sosial di Korea Selatan, film ini mengungguli karya-karya lainnya dari Hollywood. Selain Oscars, film Parasite juga membawa pulang piala Best Foreign Language di ajang Golden Globes 2020.

Hanya empat hari setelah pemutaran perdana pada 17 September 2021, Squid Game yang dibintangi oleh Lee Jung Jae dan Park Hae Soo ini telah secara resmi mengambil tempat nomor satu di peringkat 10 besar Netflix Amerika Serikat.

Lalu Squid Game juga saat ini berada di peringkat No. 2 di seluruh dunia untuk daftar Acara TV Teratas per 21 September 2021. Squid Game berada tepat di bawah serial Sex Education, karena hanya tertinggal 31 poin. Menurut Business Insider, Netflix menentukan peringkat 10 teratas mereka menggunakan sistem metrik penayangan tertentu, yang didasarkan pada negara tempat penonton berada.

Itulah sederet kesamaan antara drama Netflix Squid Game dan film Parasite peraih Oscars 2020 garapan sutradara Bong Joon Ho. Bagaimana pendapatmu, guys?