ZIGI – Netflix akhirnya memberikan tanggapan tentang nomor telepon yang tercantum dalam kartu nama Squid Game yang ternyata asli. Namun reaksi Netflix kepada sang pemilik nomor telepon justru menuai kritik keras dari netizen Korea.

Terlebih Netflix menawarkan kompensasi yang dinilai terlalu sedikit yakni hanya sekitar Rp12 juta. Lantas seperti apa reaksi Netflix soal nomor telepon di Squid Game ini? Scroll artikel berikut untuk penjelasannya.

Baca juga: Nomor Telepon Squid Game Diklaim Asli, Netflix Terancam Dihukum

Netflix Minta Pemilik Ganti Nomor Telepon

Drama original Netflix, Squid Game tengah disorot karena menggunakan nomor telepon asli di dalam serial mereka. Netflix pun terancam denda atau hukuman penjara karena menyebarkan data pribadi merupakan pelanggaran secara hukum. Terlebih, sang pemilik nomor mengaku mendapat gangguan.

Kepada Money Today, pemilik nomor asli menceritakan dirinya terus menerima panggilan dan SMS tanpa henti hingga membuat mereka kesulitan untuk menjalani kehidupan normal. Pemilik nomor telepon juga menjelaskan kalau pihak Netflix sudah menghubunginya. 

Tapi tanggapan Netflix disambut kritik keras. Pasalnya, Netflix justru menyuruh sang pemilik untuk mengganti nomor teleponnya karena tidak ada yang bisa dilakukan saat ini kecuali hal tersebut. Mereka mengaku tidak sengaja menyebarkan nomor telepon itu.

"Kami tidak bisa berbuat apa-apa karena (nomor telepon) sudah beredar dan tidak seperti kami melakukannya dengan sengaja. Sejujurnya, kami pikir satu-satunya pilihan adalah kamu mengubah nomor," ujar salah satu kru produksi Netflix yang dilansir Zigi.id dari Koreaboo, Sabtu, 25 September 2021.

Netflix Dikritik Karena Kompensasi Terlalu Sedikit

Tidak hanya itu saja, Netflix juga dilaporkan menawarkan kompensasi yang sangat kecil yakni sebesar 1 juta won atau sekitar Rp12,1 juta untuk menyerahkan nomor teleponnya. Namun pemilik mengaku mengganti nomor telepon bukanlah pilihan karena dia sudah menggunakan nomor itu selama 20 tahun dan nomor tersebut terkait dengan bisnisnya.

Tanggapan Netflix terhadap situasi ini membuat banyak netizen Korea bingung. Mereka tidak memahami 'keberanian' dari perusahaan produksi yang menawarkan solusi itu. Alhasil, sejumlah netizen mulai mengkritik respon Netflix yang dianggap kasar tersebut.

"Tidak bisakah dia menuntut mereka (Netflix) untuk ini? Jika ini adalah Amerika, mereka akan dipaksa untuk memberikan kompensasi ratusan ribu dolar padanya. Sialan," kata seorang netizen.

"Melihat tanggapan mereka membuatku menyesali waktu yang aku habiskan untuk menonton serial ini. Kalau aku tahu kru produksi memiliki keberanian seperti ini, aku tidak akan pernah menontonnya dari awal," sambung netizen lain.

Terlepas dari itu, drama Squid Game terus mendapatkan popularitas yang tidak biasa. Bahkan, drama yang dibintangi Lee Jung Jae hingga Park Hae Soo ini menempati peringkat pertama serial Netflix di Amerika Serikat. Meski begitu, sejumlah netizen mendoakan agar permasalahan ini cepat selesai.

Baca juga: 10 Fakta Reed Hastings, CEO Netflix Disebut Peserta Squid Game ke-457