Sistem Voting dan Cara Nonton Streaming Music Core Live di MBC

MBC
Jungwoo NCT, Kim Minju, Lee Know Stray Kids
2/10/2021, 07.00 WIB

ZIGI – Music Core adalah salah satu acara musik yang dinantikan penayangannya setiap hari Sabtu di stasiun televisi MBC. Saat ini, Jungwoo NCT, Kim Minju IZ*ONE, dan Lee Know Stray Kids didaulat menjadi MC tetap.

Setiap idol Kpop baik girlband, boyband, hingga solois akan melakukan panggung debut atau comeback di acara Music Core. Selain menyuguhkan penampilan, para penggemar juga bisa berpartisipasi untuk mendukung idol favorit agar bisa membawa pulang trofi kemenangan.

Berikut adalah sejarah singkat, kriteria pemenang, sistem voting, jadwal tayang, hingga cara nonton Music Core. Yuk simak artikelnya di bawah ini!

Baca Juga: Link Nonton Music Bank Eps 1091, Soobin TXT dan Arin Oh My Girl Pamit

Sejarah Singkat Acara MBC Music Core

Music Core pertama kali mengudara pada 29 Oktober 2005. Program musik ini mulai menerapkan peringkat popularitas untuk lagu yang dipromosikan di acara tersebut dengan sistem download via ponsel maupun situs musik sejak 2007.

MBC kemudian mengumumkan bahwa untuk menjadi pemenang Music Core, didasarkan pada peringkat lagu di sebuah chart musik. Perhitungan didasarkan pada penjualan album fisik dan digital sebesar 40 persen, 15 persen dari jumlah penayangan video klip (MV) di YouTube, 20 persen dari pra voting penonton, dan 25 persen dari voting live (saat acara berlangsung) yang hanya berlaku untuk nominasi pertama. 

Kriteria Pemenang di Acara Music Core

Agar idola bisa membawa pulang trofi kemenangan dari Music Core, para penggemar harus mengetahui kriteria yang dicari. Sistem penentuan pemenang untuk program musik Music Core adalah sebagai berikut.

  1. Penjualan album fisik 10 persen dan digital 50 persen. Kedua jenis album hanya dihitung berdasarkan penjualan di situs Gaon saja. 
  2. 10 persen berasal dari voting di media sosial serta jumlah penonton MV di YouTube.
  3. Broadcast sebesar 10 persen. Broadcast di sini maksudnya adalah jumlah lagu diputar di radio maupun stasiun televisi khusus milik MBC. 
  4. Pre-voting sebesar 5 persen. Pre-voting hanya bisa dilakukan via aplikasi MuBeat.
  5. Komite pemirsa 5 persen. Komite pemirsa adalah yang terdaftar dalam MBC Viewer Panel Survey. Music Core akan secara random mengirim daftar lagu kepada penonton acak untuk memilih.
  6. Live Vote lewat SMS sevesar lima persen dan 5 persen dari MuBeat Live voting hanya tersedia untuk 3 nominasi teratas saja. Untuk pemirsa Korea bisa melalui SMS. Sedangkan bagi penggemar global bisa menggunakan MUBEAT app.
 

Cara Menggunakan Aplikasi Mubeat 

Lantas aplikasi Mubeat bisa diunduh memlalui Google Play Store atau App Store. Berikut cara melakukan voting untuk mendukung idol favorit di acara Music Core.

  1. Masuk ke aplikasi MuBeat dan klik ‘log in’.
  2. Akan tersedia 3 pilihan untuk masuk: Facebook, Twitter, Google, dan email. Silakan pilih yang sesuai.
  3. Biasanya akan ada pilihan 'izinkan aplikasi ini mengakses akun Anda'. Pilih izinkan aplikasi. 
  4. Seperti biasa ada syarat dan ketentuan yang berlaku. Jika sudah sesuai, pilih 'sign up’. 
  5. Selanjutnya akan ada tampilan dengan gambar idol jika berhasil log ini. 
  6. Untuk bisa ikut voting harus terlebih dahulu mengumpulkan beat sebanyak-banyaknya. 30 heart beat dapat ditukarkan dengan 1 voting tiket. 

Catatan:

  1.  Ada dua jenis beat di aplikasi: Heart Beat dan juga Star Beat. Heart Beat bisa didapatkan secara gratis dengan menonton iklan di aplikasi MuBeat atau melakukan misi. Iklan bisa ditonton sebanyak 15 kali dalam satu hari. Jumlah nonton iklan di MuBeat akan di reset setiap hari jam 00:00 waktu Korea Selatan. Dan kemudian dihapus setiap 90 hari. 
  2. Star Beat bisa didapatkan dengan membeli di toko MuBeat. Beat jenis ini tidak akan expired atau hangus. 
  3. Voting tiket juga bisa dibeli dengan harga per lima tiketnya sejumlah Rp31k. Namun voting tiket harus dipakai sebelum hari ketujuh kalau tidak akan hangus. 

MC Music Core

Sejak penayangan perdana pada 2005 lalu, Music Core selalu mendaulat aktor dan aktris sebagai MC tetap. Namun sejak 2108, MBC mulai menggaet idol Kpop untuk membandu acara musik ini. Pada 2018, Ong Seong Woo eks Wanna One serta Mark NCT sempat menjadi MC Music Core. Lalu disusul dengan kehadiran Mina GUGUDAN.

Lalu di tahun 2019, Hyunjin Stray Kids dan Chani SF9 mulai memnadu acara, dan Kim Minju hadir menemani sejak 2020. Dan per 2021, Kim Minju kini ditemani oleh Jungwoo NCT dan Lee Stray Kids sebagai MC tetap Music Core.

Jadwal Tayang dan Cara Nonton Acara Music Core

Music Core tayang setiap hari Sabtu pukul 15.15 KST (waktu Korea) atau 13.00 WIB di MBC. Kamu bisa menonton acara Music Core secara streaming melalui situs Hypera Live di waktu yang sama dengan penayangan di Korea Selatan.

Seluruh video penampilan idol favorit kamu yang ditayangkan dalam acara Music Core akan tersedia di channel YouTube resmi MBCKpop.

Itulah sederet informasi, sejarah singkat, kriteria pemenang, jadwal tayang, dan cara menonton acara Music Core setiap hari Sabtu di MBC. Saat ini, program musik mingguan tersebut dipandu oleh Jungwoo NCT, Kim Minju eks IZ*ONE, dan Lee Know Stray Kids.

Baca Juga: Miyawaki Sakura Disebut Gabung HYBE Labels, Kim Minju Dipertanyakan