Penjelasan Ending Drama Hellbound, Season 2 Tanda Tanya

Netflix Korea
Hellbound
Penulis: Yasmin Karnita
22/11/2021, 12.04 WIB

ZIGI – Usai kesuksesan Squid Game dan My Name, Netflix Korea merilis drama Hellbound pada 19 November 2021 lalu. Ending drama Hellbound sengaja dibuat menggantung, yang mana menyiratkan akan diproduksinya Hellbound Season 2.

Drama Hellbound mengambil tema anti mainstream, menceritakan negara Korea selatan memiliki ajaran agama baru. Dalam proyek akting garapan sutradara film Train To Busan (2016) ini, masyarakat memultitafsir pesan Tuhan hingga membelokkan kepercayaan.

Selain itu, drama Hellbound semakin keji juga karena memperlihatkan pertunjukkan brutal saat manusia diklaim menerima penghakiman dari neraka. Akhir cerita dibuat open ending, yang mana meninggalkan banyak pertanyaan. Berikut adalah penjelasan ending drama Hellbound. Yuk simak ulasannya di bawah ini!

Baca Juga: Sinopsis dan Link Nonton Drama Hellbound Episode 1-6 Sub Indo

1. Anak Song So Hyun Selamat dari Demonstrasi

Suatu keajaiban datang saat anak Song So Hyun (Won Jin Ah) dan Bae Young Jae (Park Jung Min) selamat dari didemonstrasi. Tidak berselang lama setelah lahir, sang anak yang masih bayi mendapat titah bahwa dia ditakdirkan untuk masuk ke neraka.

Ketika hendak menyelamatkan anak tersebut, Min Hye Jin (Kim Hyun Joo) justru mendatangi rumah salah satu pengikut Arrowhead yang rutin melakukan siaran langsung di internet dengan tampilan bertopeng, Lee Dong Wook (Kim Do Yoon). Terungkap bahwa demonstrasi Lee Dong Wook hanya berselang lima menit dari si bayi.

Lantas Lee Dong Wook memiliki rencana usai disebut sebagai Messiah oleh Ketua Kim Jeong Chil (Lee Dong Hee). Dia ingin membunuh bayi So Hyun dan Young Jae, agar Lee Dong Wook menjadi satu-satunya yang didemonstrasi di hari itu. 

Waktunya tiba, ketiga monster datang untuk membunuh sang bayi. Namun Song So Hyun dan Bae Young Jae memeluk anak mereka. Suatu keajaiban terjadi, di mana sang bayi tetap hidup, tapi So Hyun dan Young Jae lah yang mati.

Lee Dong Wook masih bersikeras membunuh sang bayi. Untungnya Min Hye Jin berhasil melawan. Akhirnya Lee Dong Wook didemonstrasi di depan warga yang tinggal di Toko Kelontong Jeongdam. 

2. Park Jung Ja Hidup Kembali

Usai menyaksikan keajaiban bayi So Hyun dan Young Jae tidak mati di hari demonstrasi, seluruh warga yang ada di Toko Kelontong Jeongdam merasa takjub. Lalu Diaken Yuji (Ryoo Kyung Soo) ditangkap polisi karena menonjok salah satu warga hingga tak sadarkan diri.

Dari situlah masyarakat mulai menyadari bahwa Kebenaran Baru adalah kumpulan para pembohong yang menyalahgunakan kekuasaan mereka, tanpa pandang bulu.

Min Hye Jin bersama sang bayi menyelamatkan diri. Mereka menumpangi sebuah taksi, dan pergi jauh dari lokasi tersebut. Sang sopir taksi ternyata mengenali Min Hye Jin, sebagai sosok yang melindungi warga tak bersalah dari doktrin Kebenaran Baru. Kini, Min Hye Jin benar-benar sendirian, karena orang-orang di sekitarnya berkhianat dan mati.

Park Jung Ja (Kim Shin Rok) menjadi orang pertama yang demonstrasinya ditayangkan secara publik. Dia meninggalkan dua orang anak, yang langsung dikirim ke Kanada oleh Min Hye Jin.

Dalam ending drama Hellbound, ditampilkan jasad tengkorak Park Jung Ja dimuseumkan. Tiba-tiba, organ tubuhnya dipersatukan kembali kemudian berubah menjadi manusia utuh. Dalam keadaan telanjang, Park Jung Ja hidup kembali. Dia bahkan bisa bernapas dan melihat sekelilingnya.

 

3. Penjelasan Ending Drama Hellbound

Dengan ini, drama Hellbound memiliki open ending atau akhir cerita menggantung. Tampaknya sutradara Yeon Sang Ho memang sudah memiliki rencana untuk membuat drama ini memiliki season kedua.

Satu per satu pertanyaan pun muncul. Dimuali dari ending Park Jung Ja seperti demikian, memunculkan kemungkinan bahwa orang-orang yang sudah didemonstrasi juga akan dihidupkan kembali mencakup Ketua Jung Jin Soo (Yoo Ah In).

Namun sebelum kasus Park Jung Ja, sempat diperlihatkan demonstrasi seorang pria di Stasiun Hapseong. Apakah sang korban juga telah hidup kembali?

Pertanyaan selanjutnya berpusat pada titah yang diterima para korban. Kebanyakan dari mereka tidak mengungkap atau menyadarai dosa yang dimiliki. Sehingga muncul sebuah spekulasi bahwa pemilihan orang yang menerima titah dilakukan secara acak, bukan karena mereka telah melakukan suatu kejahatan.

Hal tersebut berkaca dari kasus anak Song So Hyun dan Bae Young Jae yang baru saja lahir, namun dianggap berdosa hingga ditakdirkan masuk neraka. Kemungkinan besar, anak Song So Hyun dan Bae Young Jae akan menjadi sosok yang berpengaruh di masa mendatang karena menjadi simbol selamat dari demonstrasi padahal sudah menerima titah.

4. Kapan Hellbound Season 2 Tayang?

Mungkin ada banyak alasan di balik kebangkitan Park Jung Ja. Dalam salah satu episode, Profesor Gong Hyeong Jun (Lim Hyung Guk) menyebutkan bahwa Min Hye Jin menyalahkan dirinya sendiri atas demonstrasi publik Park Jung Ja. 

Lalu detektif Jin Kyung Hun (Yang Ik Jun) menyebutkan bahwa hanya manusia yang bisa menyelamatkan manusia lain. Jika otonomi manusia itu benar, Ttndakan manusia dapat menghentikan atau mencegah fenomena supernatural tersebut. 

Jika menyelamatkan satu nyawa berarti menyelamatkan seluruh umat manusia, maka tindakan Min Hye Jin menyelamatkan bayi dan pengorbanan Song So Hyun serta Bae Young Jae kemungkinan berpengaruh pada kebangkitan Park Jung Ja. Namun demikian, ini hanya teori yang tampaknya akan dikupas tuntas dalam Hellbound Season 2.

Hingga artikel ini ditulis, Netflix belum mengkonfirmasi tentang penggarapan Hellbound Season 2. Begitu pula dengan sutradara Yeon Sang Ho yang belum membagikan rencana selanjutnya.

Dengan demikian, itulah penjelasan ending drama Hellbound yang menggantung. Proyek akting terbaru dibintangi Yoo Ah In, Kim Hyun Joo, Won Jin Ah, hingga Park Jung Min ini bisa ditonton secara eksklusif di Netflix sejak 19 November 2021 lalu dengan total 6 episode. Rencana Hellbound Season 2 masih belum dikonfirmasi. 

Baca Juga: 5 Fakta Drama Hellbound Tayang di Netflix, Makhluk Utusan Neraka