Netflix Beri Bonus ke Tim Produksi dan Pemain Squid Game Rp12 Triliun

Naver
Lee Jung Jae, Jung Ho Yeon, Hwang Dong Hyuk, Park Hae Soo Squid Game
Penulis: Yasmin Karnita
24/11/2021, 11.33 WIB

ZIGI – Sutradara Hwang Dong Hyuk sempat menyebutkan bahwa dirinya belum mendapat bonus atas kesuksesan global dari drama Squid Game. Berdasarkan informasi terbaru, kini tim produksi dan jajaran pemain akhirnya merasakan buah manis dari hasil kerja keras mereka.

Pada Rabu, 24 November 2021, Bloomberg News melaporkan bahwa Netflix telah memberikan bonus kepada tim produksi hingga jajaran pemain Squid Game berupa uang senilai 900 juta USD atau setara dengan Rp12,8 triliun. Penasaran dengan berita selengkapnya? Scroll artikel di bawah ini yuk!

Baca Juga: Squid Game Laku Keras, Sutradara Akui Belum Dapat Bonus dari Netflix

Netflix Beri Bonus ke Tim Produksi dan Pemain Squid Game hingga Rp12 Triliun

Kilas balik ke Oktober 2021, outlet media The Guardian merilis artikel wawancara eksklusif dengan sutradara Squid Game, Hwang Dong Hyuk. Secara gamblang, Hwang Dong Hyuk mengungkap bahwa dia belum mendapat bonus dari Netflix atas kesuksesan Squid Game.

“Dan sepertinya Netflix tidak memberi saya bonus. Netflix membayar saya sesuai dengan kontrak aslinya,” kata Hwang Dong Hyuk kala itu.

Terbaru, Bloomberg News menyebutkan bahwa Netflix telah memberikan bonus kepada tim produksi termasuk sutradara serta jajaran pemain Squid Game. Uang yang digelontorkan ditaksir mencapai 900 juta USD atau hampir Rp12,8 triliun.

Berdasarkan laporan internal rahasia di Netflix, Squid Game telah menghasilkan $891 juta atau Rp12,7 triliun. Angka tersebut merujuk pada kontribusi ekonomi acara ke layanan streaming, berdasarkan jumlah pelanggan berbayar yang menonton drama Squid Game.

Bonus yang Diterima Squid Game Tak Sebanyak Serial HBO Succession

Masih dalam laporan yang sama, Bloomberg News menyatakan bahwa bonus yang diterima pemain Squid Game tidak sebanding dengan pemain serial Succession. Pada 2018, serial HBO tersebut juga sukses besar-besaran di Amerika Serikat. 

"Para pemain (Squid Game) menerima sedikit (bonus) jika dibandingkan dengan yang diterima jajaran pemain serial Succession untuk setiap episode. Bonus lainnya adalah pengakuan betapa menguntungkannya Squid Game untuk Netflix,” ungkap Bloomberg News.

Lalu Bloomberg News kembali menyoroti pernyataan Hwang Dong Hyuk yang juga pernah mengatakan bahwa dia tidak sekaya yang orang lain pikirkan. Meskipun dia merupakan otak di balik Squid Game, sebagian besar keuntungan dari proyek akting garapannya itu memang masuk ke Netflix.

"Sebagian besar uang itu masuk ke Netflix, bukan produser atau pemerannya. Sutradara Hwang Dong Hyuk telah mengatakan di media bahwa dia tidak menghasilkan banyak uang pada musim pertama. Ini menimbulkan masalah yang menarik. Sebuah pertanyaan,” tulis Bloomberg News

Tim Produksi dan Pemain Dipastikan Dapat Bonus Lebih Banyak di Squid Game Season 2 

Dengan ini, Bloomberg News mempertanyakan ‘ketidakadilan’ Netflix yang kurang memberikan apresiasi setimpal kepada tim produksi dan jajaran pemain Squid Game. Padahal drama tersebut tak hanya viral, tapi memunculkan tren baru di tengah masyarakat. 

Namun karena Hwang Dong Hyuk telah mengkonfirmasi akan digarapnya Squid Game Season 2, Bloomberg News berspekulasi bahwa bayaran bonus untuk tim produksi dan jajaran pemain akan diterima lebih banyak di musim kedua. 

“Cara termudah bagi layanan seperti Netflix dan HBO untuk memberi penghargaan kepada orang-orang yang sukses adalah membayar mereka lebih banyak untuk musim berikutnya. Pembuat Game of Thrones tidak menjadi kaya dari musim pertama. Tetapi pada akhir serial,” tutup Bloomberg News.

Akhirnya tim produksi termasuk sutradara Hwang Dong Hyuk dan para pemain Squid Game telah menerima bonus dari Netflix yang ditaksir mencapai 900 juta atau Rp12,8 triliun secara keseluruhan. Terbaru, Squid Game Season 2 telah dikonfirmasi akan segera digarap.

Baca Juga: Sutradara Konfirmasi Produksi Squid Game Season 2, Gini Bocorannya