ZIGI – Kim Sejeong tengah membintangi drama Business Proposal bersama Ahn Hyo Seop. Mantan member I.O.I dan Gugudan ini lebih aktif berkarier sebagai aktris ketimbang idol Kpop. Profil dan biodata Kim Sejeong menarik untuk dibahas.

Pasalnya sebelum resmi debut sebagai idol Kpop dan seorang aktris, perjalanan karier hingga kehidupan Kim Sejeong tidaklah mulus. Yuk kita kenalan dengan sosok satu ini lewat artikel fakta, profil, dan biodata Kim Sejeong berikut!

Baca Juga: Profil dan Biodata Ahn Hyo Seop: Agama, Pacar, Mantan Trainee JYP

1. Latar Belakang Keluarga Kim Sejeong

Kim Sejeong lahir di Gimje, Jeolla Utara pada 28 Agustus 1996, membuatnya kini berusia 25 tahun. Dia merupakan lulusan Anyang Buheung Elementary School, Anyang Hogye Middle School, dan Indeokwon High School. Dia meraih gelar sarjana di Hanyang Women's University jurusan Musik Praktikal.

Lalu orang tua Kim Sejeong telah bercerai sejak dirinya masih kecil. Sang aktris sekaligus idol ini dibesarkan dibesarkan oleh ibunya yang berstatus sebagai single parent. Kim Sejeong memiliki seorang kakak laki-laki kelahiran 1993. 

2. Ayah Kim Sejeong Tinggal di Indonesia

Ayah kandung Kim Sejeong diketahui memiliki keluarga baru dan tinggal di Indonesia. Kim Sejeong mengaku tak pernah berkomunikasi dengan ayahnya sejak kecil. Dia baru bisa bertemu ayahnya saat duduk di bangku kelas 3 SMP.

Dalam sebuah wawancara, Sejeong bercerita bahwa ayahnya sempat meminta maaf karena telah meninggalkannya selama lebih dari 10 tahun. Namun Sejeong tidak merasa sedih karena dia hidup baik-baik saja dengan ibu dan kakak laki-lakinya.

Meski demikian, Kim Sejeong pernah hidup serba kekurangan. Ketika keluarganya datang ke Seoul, mereka tinggal di rumah kecil yang hanya 12 petak. Ibu Sejong kemudian kerja serabutan untuk menghidupi keluarga dengan pernah menjadi pengantar susu, guru tutor, hingga akhirnya berprofesi sebagai akuntan di usianya yang sudah lebih dari 40 tahun.

Kim Sejeong adalah anak yang berbakti. Dia pernah menyatakan rasa kasihan kepada ibunya yang harus banting tulang. Untuk itu, Sejeong bertekad menjadi artis dan berjanji untuk memenuhi seluruh kebutuhan keluarganya.

 

3. Awal Karier Kim Sejeong di 2012, Ikut Produce 101, Debut I.O.I

Kim Sejeong sendiri pernah berpartisipasi sebagai kontestan Kpop Star 2 pada 2012. Kala itu, dia masih berusia 16 tahun. Meskipun tidak berhasil masuk ke audisi putaran kedua, dia mampu menari perhatian Yang Hyun Suk (CEO YG Entertainment) yang jadi juri di acara itu. 

Lalu di 2015, Kim Sejeong menandatangani kontrak dengan Jellyfish Entertainment. Hanya menjalani masa training selama satu tahun, dia kemudian berpartisipasi dalam survival show besutan Mnet bertajuk Produce 101 (2016).

Kim Sejeong menempati peringkat kedua di final Produce 101, membuatnya masuk dalam line up debut girlband I.O.I. Resmi debut pada 6 Mei 2016, dia melakukan aktivitas promosi sebagai member I.O.I sebelum dibubarkan per 29 Januari 2017.

4. Kim Sejeong Debut Solo dan Sebagai Member Gugudan

Kim Sejeong sempat debut solo dengan merilis lagu Flower Road kemudian bergabung di girlband Gugudan. Gugudan debut pada 28 Juni 2016 dengan 8 member mencakup Sejeong, Mimi, Hana, Haebin, Nayoung, Mina, Sally, dan Soyee. Salah satu member yakni Hyeyeon meninggalkan grup pada 2018.

Bersama Mina dan Nayoung, Sejeong membentuk sub unit bernama Saemina. Setelah hampir dua tahun tidak aktif berpromosi dalam formasi grup, Gugudan dibubarkan pada 31 Desember 2020. 

5. Karier Akting dan Drama Kim Sejeong

Kim Sejeong akhirnya banting setir menjadi aktris seni peran. Proyek akting perdananya ditandai lewat drama School 2017 (2017) di mana dia langsung mendapat peran utama wanita.

Perannya sebagai Ra Eun Ho mengantarkannya pada sederet trofi penghargaan, seperti meraih piala Best New Actress dari KBS Drama Awards 2017 dan Best Popular Actress dari The Seoul Awards 2017.

 

Semenjak debut akting, Kim Sejeong selalu digaet menjadi karakter utama di setiap drama yang dibintanginya. Mulai dari I Wanna Hear Your Song (2019), The Uncanny Counter (2020), dan terbaru Business Proposal (2022).

6. Pacar Kim Sejeong

Kim Sejeong seringkali digosipkan pacaran karena dia memiliki banyak teman pria yang juga berasal dari kalangan artis. Di mulai dari kedekatan Kim Sejeong dengan Cha Eun Woo ASTRO.

Kim Sejeong dan Cha Eun Woo sudah berteman dekat sejak 2017, usai terlibat dalam iklan taman rekreasi Lotte Water Park. Berselang lima tahun, ternyata hubungan mereka masih terjalin baik hingga sekarang. Bahkan Kim Sejeong dan Cha Eun Woo kerap menunjukkan dukungan satu sama lain dengan rutin memberikan truk makanan ke lokasi syuting masing-masing.

Lalu Sejeong juga dikabarkan dekat dengan Doyoung NCT karena keduanya pernah berkolaborasi di project SM STATION, menyayikan lagu Star Blossom.

Dan yang paling menghebohkan adalah rumor pacaran Kim Sejeong dan Sehun EXO. Karena chemistry mereka dalam reality show Netflix Busted, membuat mereka memiliki banyak penggemar shipper atau yang menjodoh-jodohkan keduanya di kehidupan nyata. Tapi seluruh gosip pacaran itu telah dibantah langsung oleh Sejeong.

Per 2022, Kim Sejeong belum pernah go public pacaran sehingga status hubungannya tidak diketahui.

7. Biodata dan Agama Kim Sejeong

  • Nama lengkap: Kim Sejeong / Kim Se Jeong
  • Tempat, tanggal lahir: Gimje, 28 Agustus 1996
  • Umur: 25 tahun
  • Tahun aktif: 2016-sekarang
  • Agensi: Jellyfish Entertainment
  • Agama: Tidak beragama
  • Akun Instagram: @clean_0828 & @official_kimsejeong 
  • Akun Youtube: OFFICIAL KIMSEJEONG

Baca Juga: Sinopsis, Pemain, Cara Nonton Business Proposal Episode 1-12 Sub Indo

Itulah perjalanan karier, fakta, agama, pacar, lengkap keluarga, profil, dan biodata Kim Sejeong. Penampilan terbaru Kim Sejeong bisa disaksikan lewat drama Business Proposal yang tayang setiap hari Senin dan Selasa di SBS.