ZIGI – BTS kembali memecahkan rekor box office global sebagai acara bioskop terlaris sepanjang masa. Penayangan konser Permission To Dance On Stage Seoul, BTS berhasil meraup pendapatan Rp467 miliar di 3.000 bioskop di 75 negara.

Konser BTS ini menjadi yang pertama ditayangkan di bioskop dan mendapatkan penghasilan terbesar selama pandemi. Untuk lebih lengkapnya, simak yuk artikelnya di bawah ini!

Baca Juga: BTS Permission To Dance On Stage Seoul di Bioskop Raup Rp467 Miliar

Konser BTS Pecahkan Rekor Box Office Global

Dalam sebuah wawancara dengan Arirang News, Bernie Cho selaku Analis K-Pop mengungkapkan mengenai ketertarikannya dengan pencapaian yang diperoleh oleh BTS.

Pasalnya, boy grup di bawah HYBE Labels ini telah meraup pendapatan mencapai Rp467 miliar di  3.711 bioskop 75 negara.

Bernie Cho menunjukkan kekaguman dengan penggemar BTS, ARMY, yang antusias menonton konser BTS baik di bioskop, maupun offline meskipun tanpa teriakan melainkan hanya tepukan tangan.

“Saya rasa, yang menarik tentang konser BTS di Seoul adalah ketika saya mendengar pembatasan yang seperti yang kalian tahu penjualan tiket terbatas. Saya pikir, 15 ribu penonton per pertunjukan bagi BTS bukan lah apa-apa namun di sana tidak ada sorakan, teriakan, melainkan hanya tepuk tangan,” ujar Bernie.

Analis K-Pop ini juga menjelaskan bahwa BTS menjadi salah satu genre acara bioskop yang memecahkan anggapan tentang opera atau acara ballerina yang ditayangkan sebagai sampingan di bioskop. 

“Acara pertunjukan yang ada di bioskop biasanya adalah matinee dimana opera atau pertunjukkan balerina ditayangkan di bioskop. Faktanya, BTS justru mengambil konsep acara bioskop yang menunjukkan mereka bukan matinee melainkan prime time (yang paling banyak ditonton),” imbuhnya.

BTS Menempati Posisi Ketiga Acara Bioskop Terlaris di Amerika Utara

Konser Permission To Dance On Stage Seoul yang tayang di bioskop telah menoreh penghasilan hingga Rp98 miliar di Kanada dan Amerika Serikat.

Sedangkan perolehan menakjubkan juga dicapai oleh BTS khususnya di Amerika Utara dan menjadi acara bioskop ketiga dengan pendapatan tertinggi setelah The Batman dan Uncharted.

“Ini menarik, The Batman terjual di 55 bioskop di Amerika Serikat dan menjadi nomor dua yang paling banyak ditonton. Sedangkan mereka (BTS) mampu menjual US$ 32 juta  (Rp 467 miliar) dan resepsionis box office sampai menutup penjualan tiket,” ujar Bernie Cho.

Dikutip dari Arirang News, konser BTS yang tayang di bioskop per 12 Maret 2022 mendapatkan penghasilan sebesar US$ 6,8 juta (Rp 97 miliar) di 803 bioskop di Amerika Utara.

Sementara The Batman per 6 Maret 2022 telah mencapai pengasilan US$ 128,5 juta (Rp 1,8 triliun) di Amerika Serikat dan Kanada. Sedangkan Uncharted mendapatkan penghasilan sebesar US$ 83,3 juta (Rp 1,2 triliun).

BTS telah menggelar konser Permission To Dance on Stage Seoul pada 10 hingga 13 Maret 2022 dan ditayangkan langsung di bioskop. Penjualan tiket BTS memecahkan rekor box office global sebagai penjualan terlaris sepanjang masa dengan meraup Rp467 miliar.

Baca Juga: Cetak Rekor sama Coldplay, BTS Artis Korea Pertama Rolling Stone Chart