ZIGI – Sederet fakta Yoon Jong Hoon telah dirangkum dalam artikel ini. Sang aktor tengah membintangi drama Shooting Stars bersama Lee Sung Kyung dan Kim Young Dae.

Lantas sosok Yoon Jong Hoon sudah tak asing lagi di dunia K-Drama. Pasalnya, dia telah membintangi puluhan drakor populer sejak resmi debut tahun 2009 silam. Yuk simak 10 fakta Yoon Jong Hoon lengkap agama, pacar, perjalanan karier, hingga biodata lewat artikel di bawah ini!

Baca Juga: Profil dan Biodata Hwang In Yeop: Adik, Pacar, Agama, Tinggi, Akun IG

1. Latar Belakang Yoon Jong Hoon

Yoon Jong Hoon lahir di Daejeon, 15 Februari 1984, membuatnya kini berusia 38 tahun atau 39 tahun menurut perhitungan umur Korea.

Anggota keluarga Yoon Jong Hoon terdiri dari ayah dan ibu. Dia merupakan anak termuda dari empat bersaudara, yang terdiri dari satu putra dan dua putri.

Yoon Jong Hoon lulus dari Daejeon Jungang High School dan sempat terdaftar sebagai mahasiswa Daejeon University jurusan Foreign Language and Literature. Sayangnya, dia tidak menyelesaikan program sarjananya. 

2. Yoon Jong Hoon Pernah Tidak Direstui Jadi Aktor

Usai berhenti kuliah, Yoon Jong Hoon langsung mendaftar wajib militer. Kemudian dia pindah ke Seoul untuk mengejar karier menjadi aktor.

Sayangnya, pilihan jalan hidup itu tidak direstui sang ayah. Akhirnya, Yoon Jong Hoon pisah rumah dengan ayahnya dan diurus oleh kakak perempuannya. Berselang lima tahun, barulah Yoon Jong Hoon reuni dengan sang ayah. 

Ironisnya, alasan Yoon Jong Hoon ingin menjadi aktor karena orang tuanya. Sang ibu dan ayahnya sama-sama menyukai film sehingga dia sering pergi menonton pertunjukkan teater sejak kecil. Tapi ayahnya justru yang tidak meyetujui keputusan Yoon Jong Hoon berkecimpung di dunia akting.

3. Yoon Jong Hoon Debut Sejak Tahun 2008

Debut Yoon Jong Hoon ditandai lewat proyek akting pertamanya di sebuah film pendek pada 2008. Kala itu, usia sang aktor masih 24 tahun.

Lalu drama perdana Yoon Jong Hoon di layar kaca adalah Empress Cheonchu (2009). Namanya mulai dikenal usai membintangi drama Sirius (2013). Yoon Jong Hoon mendapat peran pendukung dan beradu akting dengan aktor Park Hyung Sik. 

 

4. Agensi Yoon Jong Hoon

Per Selasa, 10 Mei 2022, Yoon Jong Hoon bergabung di KeyEast Entertainment. Ini merupakan salah satu agensi hiburan aktor-aktris paling bergengsi karena menaungi nama-nama tersohor.

Sebut saja Jo Bo Ah, Hwang In Yeop, Moon Ga Young Woo Do Hwan, Jung Eun Chae, Kim Dong Wook, Kang Han Na, dan masih banyak lagi. 

5. Drama Yoon Jong Hoon, Spesialis Karakter Dokter

Berdasarkan perhitungan dari Zigi.id, Yoon Jong Hoon setidaknya pernah ambil peran di 38 judul drama. Namun dia belum mendapat kesempatan menjajal kancah film layar lebar.

Selama berkarier, Yoon Jong Hoon perdana mendapat main lead atau pemeran utama pria ketika membintangi drama Only Love (2014).

Hal menarik lainnya adalah Yoon Jong Joon langganan memainkan karakter dokter di drama yang dibintanginya seperti Emergency Couple (2014), Return (2018), Extraordinary You (2019), Find Me in Your Memory (2020), hingga The Penthouse (2020-2021). 

Beberapa penampilan ikonik Yoon Jong Hoon bisa ditonton dalam drama Sirius (2013), Riders: Catch Tomorrow (2015), Return (2018), My Healing Love (2018), The Penthouse (2020-2021), dan masih banyak lagi. 

6. Penghargaan Yoon Jong Hoon

Penampilan ikonik Yoon Jong Hoon sebagai Seo Joon Hee di drama Return, sempat menuai pujian dari penonton. Pasalnya lewat drama itu, sang aktor yang semula hanya dikenal sebagai pemeran pendukung, sangat bersinar memerankan karakter utama pria.

Atas pencapaian ini, Yoon Jong Hoon memenangkan kategori Best Character dari ajang penghargaan SBS Drama Awards 2018. Disusul dengan Excellent Actor di SBS Drama Awards 2022 berkat perannya sebagai Ha Yoon Cheol dalam The Penthouse

 

7. Pacar Yoon Jong Hoon

Berdasarkan penelusuran Zigi.id, Yoon Jong Hoon belum pernah go public pacaran. Rumor mengenai kedekatannya dengan wanita juga tidak masuk pemberitaan.

Segera menginjak usia kepala empat, status hubungan Yoon Jong Hoon yang sekarang masih tidak diketahui. Per Mei 2022, Yoon Jong Hoon belum menikah dan tidak memiliki anak.

8. Yoon Jong Hoon Ingin Menikah di Umur 40-an

Dalam sebuah wawancara, Yoon Jong Hoon pernah menyatakan rencananya untuk menikah di umur 40-an. 

“Aku belum punya rencana untuk menikah. Aku nyaman dengan apa yang aku miliki sendiri. Tetapi jika aku menikah, aku menginginkannya setelah berusia 40 tahun,” ungkapnya tahun 2018 silam.

9. Akun Instagram Yoon Jong Hoon

Yoon Jong Hoon sangat aktif di akun Instagram pribadinya @yoonjongactor_official. Meski lebih terlihat sebagai akun resmi ketimbang Instagram pribadi, dia rutin mengunggah potret kesehariannya.

Mulai dari foto selfie, promosi drama yang dibintangi, hewan peliharaannya, ucapan terima kasih kepada sesama aktor dan aktris atas pemberian truk makanan, dan masih banyak lagi.

10. Biodata Yoon Jong Hoon

  • Nama lengkap: Yoon Jong Hoon
  • Tempat, tanggal lahir: Daejeon, 15 Februari 1984
  • Umur: 38 tahun
  • Tinggi, berat badan: 180 cm, 65 kg
  • Tahun aktif: 2008 - sekarang
  • Agama: Katolik
  • Akun Instagram: @yoonjongactor_official

Itulah 10 fakta Yoon Jong Hoon, aktor yang dikenal berkat perannya di drama hits The Penthouse. Saat ini, Yoon Jong Hoon tengah membintangi drama Shooting Stars sebagai seorang manajer artis bernama Kang Yoo Sung. 

Baca Juga: Sinopsis dan Cara Nonton Drama Shooting Stars Episode 1-16 Sub Indo