ZIGI – Min Hee Jin kini menjabat sebagai Chief Brand Officer (CBO) untuk HYBE sekaligus CEO label ADOR (All Doors One Room). Sebelumnya, wanita kelahiran 1979 ini merupakan direktur kreatif dan salah satu anggota dewan di SM Entertainment selama kurang lebih 17 tahun.

Sosok Min Hee Jin kini menjadi sorotan karena akan segera mendebutkan girlband pertamanya di ADOR, NewJeans. Yuk kita simak profil dan biodata Min Hee Jin lengkap umur, profesi, perjalanan karier, prestasi dan sebagainya di bawah ini.

Baca Juga: HYBE Labels Bikin Sub-Label ADOR untuk Girl Group Baru

1. Latar Belakang Min Hee Jin

Min Hee Jin lahir di Korea Selatan bulan Februari, 1979 sehingga usianya saat ini adalah 43 tahun. Berdasarkan penelusuran Zigi.id, Min Hee Jin belum menikah serta tidak memiliki anak. Mengenai informasi keluarga Min Hee Jin, tidak beredar di internet karena termasuk ranah privasinya.

Lalu Min Hee Jin mendapat gelar sarjana dari Seoul Women's University jurusan Visual Design. Selain merupakan seorang CBO dan CEO, dia juga berprofesi sebagai visual & art director sekaligus graphic designer.

2. Min Hee Jin Kerja di SM Entertainment Selamat 17 Tahun

Tak berselang lama usai ulus kuliah, Min Hee Jin langsung bekerja di SM Entertainment pada tahun 2002. Sejak awal karier, Min Hee Jin telah ditugaskan menciptakan konsep eksperimental untuk grup-grup SM Entertaiment. Dia menjadi sosok yang menginisiasi pembentukan konsep grup SNSD, SHINee, f(x), EXO, Red Velvet, serta NCT.

Hampir seluruh album rilisan artis SM Entertainment di atas tahun 2009 merupakan hasil karya Min Hee Jin. Dia juga memiliki peran penting dalam membentuk image aesthetic untuk SM Entertainment. Mulai dari penentuan konsep debut atau comeback grup, pemilihan kostum, desain album, gambar logo grup, dan masih banyak lainnya.

Lalu pada 2015, Min Hee Jin mendapat posisi baru sebagai sutradara MV untuk artis-artis SM Entertainment. Proyek pertamanya adalah menggarap video Pathcode milik EXO. Disusul dengan video klip lagu Ice Cream dan Automatic yang dipopulerkan oleh Red Velvet

Min Hee Jin telah terlibat dalam penggarapan MV untuk semua grup idola SM kecuali TVXQ, Super Junior, dan SNSD sebelum keluar dari agensi.

3. Alasan Min Hee Jin Keluar dari SM Entertainment

Pada 2019, Min Hee Jin memutuskan untuk keluar dari SM Entertainment. Setelah diangkat menjadi sutradara MV, dia merasakan burn out karena harus memproduksi 4-5 video musik dalam waktu satu bulan. Terlebih lagi, dia Min Hee Jin  menghabiskan masa mudanya untuk ‘mengabdi’ di agensi milik Lee Soo Man tersebut. 

Aku pikir, aku telag menuangkan usia dua puluhan dan tiga puluhanku ke dalam pekerjaan. Aku tidak pernah pergi berlibur dengan layak. Aku sangat kelelahan, dan aku bahkan berpikir untuk berhenti bekerja sepenuhnya,” katanya bulan Desember 2021.

4. Min Hee Jin Gabung di HYBE dan Jadi CEO Label ADOR

Setelah itu, Min Hee Jin mendapat banyak tawaran kerja dari berbagai agensi hiburan. Namun dia mendaratkan pilihannya kepada HYBE, perusahaan milik Bang Si Hyuk. Min Hee Jin digaet untuk posisi Chief Brand Officer (CBO).

 

Ketika aku pertama kali keluar dari perusahaan, Aku dan ppendiri SM Entertainment Lee Soo Man menangis bersama. Tapi setelah itu, aku mulai menerima telepon dari perusahaan lain. Salah satu tempat pertama yang menghubungiku adalah HYBE,” ujarnya.

Tak hanya direkrut sebagai CBO, Min Hee Jin juga diberikan kepercayaan untuk menjadi CEO label musik ADOR atau kependekan dari All Door One Room di bawah naungan HYBE. Dia telah berencana mendebutkan girlband baru bernama NewJeans.

Lagu debut NewJeans telah dipersiapkan Min Hee Jin sejak 2019. NewJeans sendiri memiliki arti ganda. Pertama, jeans sebagai pakaian yang dikenal awet. Setiap generasi memiliki ciri khas gaya jeans baru. Grup ini mengikuti ambisi yang sama untuk menjadi figur representatif dari budaya pop masa kini. 

Kedua, NewJeans juga merupakan permainan kata pada frasa new genes (gen baru). Implikasinya adalah grup akan mengantarkan era dan generasi baru dalam musik pop.

Grup NewJeans yang dibentuk langsung oleh Min Hee Jin ini beranggotakan Hanni, Minji, Danielle, Haerin, dan Hyein. Mereka akan debut pada 1 Agustus 2022. 

5. Min Hee Jin Akrab dengan Krystal Jung

Lalu sosok Min Hee Jin dikenal publik sebagai sahabat Krystal Jung. Keduanya telah bersahabat sejak pemilik nama asli Jung Soo Jung itu masih bernaung di SM Entertainment.

Bahkan Krystal yang hanya mengikuti 4 akun di Instagram pribadinya @vousmevoyez, mem-follow akun Min Hee Jin. Lalu dalam beberapa kesempatan, Krystal sering menunjukkan dukungannya untuk proyek-proyek Min Hee Jin. Termasuk memberikan ucapan selamat kepada Min Hee Jin saat bergabung di HYBE. 

6. Prestasi Min Hee Jin

Min Hee Jin pernah memenangkan kategori Best Visual & Art Director of the Year di Mnet Asian Music Awards (MAMA) 2016 juga masuk daftar Globally Influential Woman versi majalah Variety Amerika Serikat.

Memang pengaruh Min Hee Jin dalam industri Kpop khususnya segi visual patut diacungi jempol. Kreativitasnya yang anti mainstream kerap menuai pujian dari netizen. Terlebih dalam menciptakan konsep apik untuk sederet boyband dan girlband terkenal. 

7. Biodata Min Hee Jin

  • Nama lengkap: Min Hee Jin
  • Lahir: Februari 1979
  • Umur: 42 tahun 
  • Kewarganegaraan: Korea Selatan
  • Pendidikan: Seoul Women's University
  • Profesi: Visual & art director, graphic designer
  • Karier: CBO HYBE, CEO ADOR
  • Akun Instagram: @min.hee.jin

Baca Juga: Min Hee Jin Pastikan Trainee ADOR Pelajari Cultural Appropriation

Di atas merupakan profil dan biodata Min Hee Jin lengkap umur, perjalanan karier, profesi, hingga latar belakang. Terbaru, Min Hee Jin akan mendebutkan girlband baru bernama NewJeans di bawah naungan ADOR dan HYBE Labels pada 1 Agustus 2022.