Pesta Halloween SM Entertainment Batal, Hormati 149 Korban di Itaewon

Berbagai sumber
SM Entertainment batalkan Halloween Party untuk menghormati korban di Itaewon
30/10/2022, 09.19 WIB

ZIGI – SM Entertainment mengambil tindakan cepat setelah peristiwa persiapan perayaan Halloween di Itaewon pada 29 Oktober 2022 menelan ratusan korban jiwa. SMTOWN WONDERLAND 2022 dijadwalkan untuk tayang secara live dan gratis pada Minggu, 30 Oktober 2022. Acara yang akhrinya batal ini sudah ditunggu oleh banyak penggemar. 

Sementara itu, korban jiwa pada persiapan perayaan Halloween d Itaewon terus bertambah. Pemerintah Korea Selatan tengah melakukan identifikasi korban meninggal. Simak berita lengkapnya di bawah ini.

Baca juga: 5 Artis Ucapkan Duka Atas Tragedi Kanjuruhan, 127 Meninggal Dunia

Kronologi 149 Korban Meninggal di Itaewon

Distrik Itaewon di Seoul, Korea Selatan sedang bersiap untuk merayakan pesta Halloween 2022. Ini adalah perayaan tanpa masker pertama usai pandemi Covid-19 terkendali. Melansir dari Koreaboo pada Minggu, 30 Oktober 2022, distrik Itaewon mengantisipasi kedatangan 100 ribu lebih pengunjung. Sementara 200 ribu lebih petugas dipersiapkan untuk mencegah kejahatan dengan banyaknya orang. 

Dari dokumentasi yang didapat, terlihat pengunjung yang tengah bersiap menyambut Halloween berdesarkan di gang sempet, dekat hotel Hamilton. Pengunjung yang berkerumun saling mendorong hingga akhirnya berjatuhan. Di gang yang memiliki lebar kurang lebih 4 meter, lebih dari 50 orang menunjukan tanda-tanda lemas hingga mengalami cardiac arrest atau henti jantung. 

Sekitar pukul 22.15 hingga 22:22 waktu Korea Selatan, laporan pertama ke Stasiun Pemadam kebakaran Yongsan muncul. Petugas mencatat setidaknya ada 81 panggilan yang melaporkan tentang korban kesulitan napas. 142 kendaraan dikirim untuk menangani situasi darurat, tapi pada akhrinya terjebak karena ramainya pengunjung. 

Video yang tersebar di media sosial menunjukan beberapa petugas memberikan bantuan CPR di tengah jalan. Lalu ada juga beberapa pengunjung yang masih menari ditengah kedatangan bantuan untuk para korban hingga membuat akses masuk sulit dilewati. 

Stasiun Pemdama Kebakaran Yongsan mengonfirmasi kematian mencapai 149 korban sementara 150 mengalami luka-luka. Saat ini pemerintah telah meningkatkan transportasi umum untuk mengakomodasi pengunjung yang ingin segera pulang usai tragedi trsebut. 

SM Entertainment Batalkan Pesta Halloween Tahun Ini Untuk Hormati Korban

SM Entertainment harusnya menggelar Pesta Halloween yang diberi judul SMTOWN WONDERLAND 2022 pada 30 Oktober 2022, dengan red carpet dimulai sekitar pukul 18.15 KST. Namun tragedi Itaweon membuat agensi yang menaungi aespa hingga NCT langsung membatalkan acara ini. 

“Siaran langsung SMTOWN WONDERLAND 2022 yang dijadwalkan untuk tayang secara gratis di platform Beyond LIVE, resmi dibatalkan,” isi pengumuman tersebut di apilkasi KWANGYA CLUB, dikutip Zigi.id dari Allkpop

SMTWON WONDERLAND 2022 drencanakan sebagai Pesta Halloweeen offline pertama sejak pandemi Covid-19. Penggemar memahami keputusan SM Entertainmen setelah peristiwa Itaewon yang menelan korban hingga ratusan jiwa membuat terkejut warga Korea Selatan dan internasional.

Baca juga: SM Entertainment Berencana Akhiri Kontrak Lee Soo Man Sebagai Produser