Resep Ramen Rendah Kalori ala Elaine Hanafi, Cocok untuk Diet

youtube/elainehanafi
Ramen Diet Rendah Kalori ala Elaine Hanafi
26/5/2021, 17.57 WIB

ZIGI – Ramen adalah salah satu makanan khas Jepang yang berbahan dasar mie dan diberi kuah kaldu. Makanan ini juga menjadi favorit orang Indonesia lho. Namun bagi para pejuang diet, ramen menjadi salah satu makanan pantang disantap karena tinggi kalori.

Ingin makan mie saat diet? Jangan khawatir! Elaine Hanafi, seorang YouTuber yang sering membagikan resep diet membagikan cara membuat ramen rendah kalori. Ramen diet ini rendah kalori karena tanpa minyak. Bagaimana bahan dan cara memasaknya? Yuk simak resep ramen diet ala Elaine Hanafi!

Cara Membuat Ramen Rendah Kalori:

Bahan Ramen:

- 50 gram Mie Shirataki 

Bahan Bumbu:

- 5 siung bawang putih
- 3 siung bawang merah 
- 2 ruas jari jahe
- 1.5 liter air
- 2 pcs sayap ayam 
- 2 sdt garam low sodium
- 1 sdm kecap asin
- 1 sdt kaldu jamur
- 1 sdm fiber creme
- 2 cabai merah besar (opsional)
- 8 cabai rawit (opsional)

Topping:
- 30 gram jagung rebus telah diparut (opsional)
- 30 gram sayur rebus 
- 1 buah telur rebus
- 75 gram dada ayam 

Cara memasak:

- Pertama geprek bawang putih dan bawang merah agar mengeluarkan sari-sari dan potong halus. Kemudian jahe dipotong memanjang.
- Panaskan air yang telah dicampur dengan kecap asin, kemudian masukan bawang putih dan bawang merah yang telah dipotong halus. 
- Masukan dua sayap ayam agar kaya rasa akan kaldu. Bagi kamu pecinta pedas, dapat memasukan cabe yang telah disiapkan. Tambahkan garam low sodium, agar menambah cita rasa. Tunggu selama 20 menit agar menjadi kuah kaldu.
- Setelah menunggu 20 menit, sisihkan sayap ayam. Kemudian pisahkan tulang ayam dengan dagingnya. 
- Potong dada ayam memiring. Kemudian rebus dada ayam pada kuah rebusan kaldu, namun jangan sampai terlalu lama karena tekstur dagingnya akan mengeras atau alot sehingga sulit untuk dikunyah. Kemudian, rendam dada ayam pada campuran air dan kecap supaya daging tidak mengering. 
- Saring kuah kaldu yang telah direbus, agar cabai dan bawang yang telah direbus terpisah. Kemudian campurkan fiber cream dengan kauh kaldu yang telah disaring. Gunakan blender untuk mencampurnya, agar kuah ramen lebih terasa creamy. 
- Siapkan mie yang telah direbus. Kemudian tuangkan ke dalam mangkok, susun dada ayam yang telah direndam air dan kecap di atas mie. Kemudian,  susun topping yang telah disediakan di atas mie.
-Terakhir, tuangkan kuah yang telah dimasak ke dalam mie. 

Demikian resep membuat ramen rendah kalori ala Elaine Hanafi. Mudah bukan? Yuk, dicoba resep ramen diet ini di rumah!