5 Tips Jaga Berat Badan saat Lebaran, Awas Kalap!

Unsplash.com
Makan
11/5/2021, 06.00 WIB

ZIGI – Hari Raya Idul Fitri identik dengan makanan yang berlemak dan manis. Tak lengkap rasanya jika tidak menyantap makanan lebaran seperti kue nastar, opor ayam hingga rendang. Namun, bila nafsu makan tidak terkontrol dengan baik maka berat badan pun ikut naik.

Hal ini akan menjadi petaka bagi kamu yang sedang menjaga berat badan ideal. Tapi tenang, Zigi.id memiliki beberapa tips jaga berat badan saat lebaran. Penasaran? Yuk simak artikelnya!

1.Kendalikan Porsi Makan

Banyaknya pilihan makanan saat lebaran membuat tergiur untuk mencicipi satu per satu. Namun, jika ingin berat badan tak naik kamu harus mengendalikan porsi makan. Ambil makanan dengan piring kecil dan makan secara perlahan. Hindari duduk di depan makanan agar kamu tidak tergoda untuk menambah porsi yang dihidangkan.

2.Sarapan Sebelum Berkunjung ke Rumah Orang Lain

Saat Hari Raya Idul Fitri sudah menjadi tradisi untuk berkunjung ke rumah kerabat dan tetangga. Biasanya, kamu akan ditawari makanan dan minuman sembari bersilaturahmi. Ada baiknya jika kamu sarapan sebelum berkunjung ke rumah orang lain. Hal ini untuk menghindari makan berlebih di tempat yang kamu kunjungi.

3.Hindari Minuman Selain Air Putih

Berbagai minuman juga tersedia di momen lebaran. Sirup, minuman bersoda dan sop buah memang lebih menarik untuk dikonsumsi. Namun hal itu akan membuat berat badanmu semakin naik. Lebih baik jika kamu mengonsumsi air putih saja dan tentu lebih menyehatkan. Jika tetap ingin minuman yang manis, minumlah dengan porsi yang tidak berlebihan dan hindari tambahan gula.

4.Tetap Berolahraga

Salah satu hal yang penting agar tubuh tetap sehat ialah dengan berolahraga. Dengan olahraga kamu juga bisa mengurangi kalori lho. Kamu cukup melakukan olahraga ringan setelah bangun tidur saat perut masih kosong dan sebelum berkunjung ke rumah kerabat. Beberapa jenis olahraga yang ringan seperti lari ditempat, push up dan sit up.

5.Batasi Asupan Gula

Hidangan saat lebaran banyak yang mengandung gula. Misalnya nastar, kue putri salju, es sirup hingga lidah kucing. Meski rasanya yang enak, kamu perlu membatasi asupan gula. Sebab jika dikonsumsi berlebihan, asupan gula bisa meningkatkan risiko kenaikan berat badan, diabetes dan obesitas. Sebaiknya pilih makanan yang menyehatkan seperti buah-buahan dan sayuran.

Meski banyak makanan dan minuman yang menarik di lebaran nanti, kamu harus tetap mengatur pola hidup yang sehat. Demikian tips agar berat badanmu tetap normal saat lebaran. Semoga bermanfaat!