ZIGI – Bruntusan menjadi masalah kulit yang paling sering dialami baik wanita maupun pria. Penampilan permukaan kulit wajah yang bruntusan, bisa menurunkan kepercayaan diri seseorang. Menurut dr. Richard Lee banyak faktor yang dapat menyebabkan seseorang bruntusan, salah satunya kulit tak tahan dengan pengobatan tertentu.

Untuk mengatasi bruntusan yang terjadi pada wajah, kamu perlu mengetahui faktor penyebab bruntusan sebelum mengobatinya. Apa saja penyebabnya? Berikut lima penyebab bruntusan yang diungkapkan oleh dr. Richard Lee dalam kanal YouTubenya. Yuk simak!

1. Penggunaan Krim Abal-abal 

Di pasaran, krim abal-abal semakin laris karena mengklaim dapat mengatasi berbagai masalah kulit dalam waktu yang singkat. Tak heran banyak masyarakat yang tergiur dengan promosi tersebut. Penggunaan krim abal-abal dapat menyebabkan wajah menjadi bruntusan. Krim abal-abal sendiri menggunakan kandungan merkuri yang mengandung merkuri dapat merusak skin barier sebagai lapisan terluar kulit.

Selain itu, jika ada oknum yang menyalahgunakan kandungan steroid, asam retinoat, dan hidrokuinon hingga salah cara pakainya, justru membuat pertahanan kulit terluar menjadi rusak. Cara mengatasinya adalah berhenti menggunakan krim abal-abal, kemudian pergi ke dokter untuk mengobati bruntusan tersebut. 

2. Kebersihan Kulit Tidak Terjaga

Banyak masyarakat yang tidak menjaga kebersihan kulitnya dengan baik, seperti memegang wajah saat tangan kotor, tidak mencuci wajah, tidak melakukan double cleansing, tak pernah menjaga kebersihan rambut dan membuatnya menempel pada sarung bantal, serta jarang mengganti sarung bantal dan guling. Pada dasarnya, bruntusan dapat terjadi akibat kelenjar minyak yang tersumbat karena seseorang tak menjaga kebersihan kulit wajah. 

Untuk mengatasinya, kamu harus melakukan double cleansing, di mana kamu harus membersihkan wajah dengan dua tahap pembersihan. Pertama, bersihkan wajah dengan micellar water atau cleansing oil. Setelah itu, gunakan sabun pembersih wajah yang sesuai dengan kondisi kulitmu. Jangan lupa untuk menjaga kebersihan rambut, karena rambut yang kotor bisa menempel pada kulit wajah. 

3. Salah Penggunaan Produk Skincare

Walaupun kamu sudah menggunakan produk skincare yang terdaftar di BPOM, namun salah penggunaannya maka bisa menyebabkan wajah menjadi bruntusan. Misalnya, penggunaan krim malam di pagi hari atau melakukan eksfoliasi setiap hari sehingga menimbulkan reaksi, hal tersebut tidak diperkenankan.

Untuk cara mengatasinya, gunakan produk skincare sesuai dengan petunjuk pemakaian. Maka dari itu, kamu harus mengetahui cara pemakaian skincare. Gunakan produk skincare sesuai dengan dosis yang dianjurkan dan jangan menggunakan produk skincare secara berlebihan. 

4. Hormonal

Hormonal adalah salah satu penyebab bruntusan yang tak kunjung hilang. Untuk cara mengobati bruntusan karena faktor hormonal, kamu harus menghindari stres, makan yang teratur, dan menjaga konsumsi obat. Selain itu, cari tahu penyebab hormonal yang bermasalah terlebih dulu. Jika kalian mengetahui penyebab hormonal, maka kamu dapat mengatasi bruntusan yang kamu alami. 

5. Eksfoliasi ringan

Biasanya bruntusan terjadi karena eksfoliasi ringan, dimana seseorang menggunakan krim yang mengandung AHA (Alpha Hydroxy Acid). Biasanya bruntusan akibat penggunaan AHA akan hilang setelah tiga hari hingga dua minggu pemakaian krim. Jika kamu mengalami bruntusan karena eksfoliasi ringan, kamu tak perlu cemas dan khawatir karena kandungan AHA bisa membantu mencerahkan wajah.