8 Cara Menghemat Uang Bagi Milenial dan Gen Z

Freepik
Ilustrasi menabung keuangan
Penulis: Hadi Mulyono
6/7/2021, 06.34 WIB

ZIGI – Bagi kebanyakan orang, menghemat uang ternyata tidak semudah yang dibayangkan. Terkhusus buat kamu generasi milenial dan Gen Z, pasti ada saja hal-hal yang menuntut pengeluaran uang seperti membeli kuota internet, belanja, atau bahkan bermain game.

Harus diakui pula, semakin dewasa seseorang pastinya kebutuhan keuangan akan semakin meningkat. Meski begitu ada kok cara menghemat uang yang bisa kamu lakukan agar finansial kamu tetap terjaga.

Menyadur dari laman resmi CIMB Niaga, Senin, 5 Juli 2021, di bawah ini adalah 8 tips menghemat uang yang bisa kamu lakukan supaya kamu lebih bijak mengatur keuangan pribadimu. Apa saja cara-cara menghemat uang tersebut? Yuk simak sampai habis ya.

1. Siapkan Rencana Pengeluaran

Cara yang pertama untuk menghemat uang adalah menyiapkan rencana pengeluaran agar bisa menahan dana-dana yang keluar secara tak terduga. Terlebih dahulu, kamu harus membuat perencanaan pengeluaran dimulai dari kebutuhan pokok hingga biaya tak terduga.

Sebagai contoh misalnya jika kamu anak kos, maka kebutuhan pokok yang harus diutamakan tentunya adalah uang kos, makan dan transportasi. Sisanya, penghasilan yang kamu peroleh bisa diatur sesuai dengan seberapa penting barang yang hendak kamu beli.

2. Gunakan Uang Tunai

Disadari atau tidak, ternyata menggunakan uang tunai saat bertransaksi dapat menghemat uang. Sebab, ketika kamu memegang uang secara fisik maka akan lebih terasa secara ikatan emosional.

Misalnya dalam sehari kamu hanya menggunakan uang Rp100 ribu, maka pastikan uang yang kamu keluarkan tidak lebih dari itu. Dengan cara ini pula kamu dapat mengurangi pemakaian kartu kredit atau debit yang sering membuat pengeluaran menjadi bengkak.

3. Berlatihlah Menunda Pembelian

Ada kalanya, seseorang akan membeli sesuatu secara spontan hanya karena tergiur saat melihat harganya, atau kualitas barang tertentu. Padahal, bisa jadi barang yang dibeli tersebut tidak terlalu dibutuhkan.

Tentunya membeli barang yang tidak terlalu dibutuhkan dapat membuat pengeluaran menjadi boros. Oleh sebab itu, berlatihlah untuk menunda pembelian barang tertentu dengan cara mempertimbangkannya terlebih dahulu.

4. Bawa Bekal Makanan

Buat kamu generasi milenial dan Gen Z yang saat ini masih sekolah atau sudah bekerja, ternyata membawa bekal makanan bisa menghemat uangmu lho. Hal ini karena ketika kamu membeli makanan dari luar, biasanya harganya akan jauh lebih mahal dibanding dengan membawa dari rumah.

Dari sisi kesehatan, makanan dari rumah umumnya sudah lebih terjamin kebersihannya. Cara menghemat uang dengan membawa bekal makanan ini juga sangat ampuh saat kamu ingin menabung uang untuk keperluan yang lainnya.

5. Hilangkan Gaya Hidup Ikut-ikutan

Terkadang hanya karena ingin terlihat keren di dalam circle pertemanan, seseorang rela mengikuti gaya hidup temannya dengan mengeluarkan banyak uang. Jelas, kebiasaan ini akan membuat hidupmu boros yang berdampak buruk pada sisi finansialmu. So, akan lebih baik jika kamu menjadi diri sendiri sesuai gaya kamu sendiri.

6. Manfaatkan Diskon

Ketika kamu berbelanja, tidak ada salahnya kalau kamu mencari barang diskon atau cashback. Cara ini memang terkesan pelit, tetapi memanfaatkan promo diskon terbukti ampuh menekan pengeluaran.

Nah, saat ini terdapat banyak cara mencari barang-barang diskon dengan kualitas bagus salah satunya dengan mengikuti program HARBOLNAS (Hari Belanja Nasional). Program ini biasanya diadakan oleh berbagai marketplace setiap bulannya.

7. Jika Ada Cara yang Lebih Murah, Kenapa Tidak?

Tips menghemat uang yang berikutnya adalah dengan mencari cara untuk mendapatkan apa yang diinginkan dengan harga yang lebih murah. Misalnya jika kamu pecinta kuliner, kamu tidak harus membeli makanan di tokonya namun kamu bisa membuatnya sendiri dengan mempelajari resep-resepnya di internet. Cara tersebut selain menghemat uang tentunya juga mampu meningkatkan skill kamu.

8. Lacak Pengeluaran

Terakhir, lacak pengeluaranmu setiap bulan agar kamu mengetahui kemana aliran uangmu selama ini dikeluarkan. Cara ini bisa dilakukan apabila kamu sudah terlebih dahulu menulis rencana pengeluaran.

Jadi ketika hasil pelacakan tidak sesuai dengan rencana pengeluaran, maka kamu bisa mengevaluasi cara kamu mengatur uang. 

Itulah sejumlah cara menghemat uang yang bisa dilakukan para generasi milenial dan gen Z. Bijaklah mengatur keuanganmu dan jangan lupa menabung.