Logo Meta Jadi Bahan Ejekan, Dalam Bahasa Ibrani Ternyata Mengejutkan

AP News
Facebook ganti nama jadi Meta
2/11/2021, 09.31 WIB

ZIGI – Perusahaan Facebook resmi bergati nama menjadi Meta dengan simbol baru yang disebut The Infinity Blue. Simbol yang digunakan ternyata tergolong umum dan banyak digunakan perusahaan lain.

Lambang Meta tersebut diambil dari simbol infinity yang artinya tanpa batas sehingga sangat umum. Hal ini lantas menjadi topik becandaan di media sosial. Bahkan arti kata Meta dalam bahasa Ibrani ternyata cukup mengejutkan lho. Simak berita lengkapnya di sini!

Banyak Perusahaan Punya Logo Yang Mirip

Perusahaan Jerman membuat lelucon karena logo Meta. Perusahaan tersebut bernama M-Sense Migrane, start up kecil asal Jerman yang fokus pada kesehatan. M-Sense Migrane memberikan pelayanan berupa penyedian terapi digital untuk mereka yang menderita migrain atau sakit kepala sebelah.

"Kami merasa sangat terhormat, Facebook terinspirasi dari logo aplikasi migarine kami. Mungkin lain kali mereka dapat terinspirasi dengan prosedur privasi data pengguna yang kami terapkan," tulis Twitter @msense_app pada 29 Oktober 2021.  

Logo tersebut sama-sama menggunakan lambang infinity (tidak terhingga) yang membentuk huruf M. Perbedaannya M-Sense menggunakan warna hijau, sedangkan Facebook Meta menggunakan warna biru.

Seperti diketahui, perusahaan Facebook ganti nama jadi Meta pada Kamis, 28 Oktober 2021. Keputusan tersebut diumumkan oleh Mark Zuckerberg pada konferensi tahunan perusahaan Connect. Perusahaan ini akan fokus pada penyediaan internet dan dunia digital versi terbaru yang disebut Metaverse.

Di kolom komentar Twitter @msense_app, netizen ternyata juga menemukan bahwa logo meta tersebut umum digunakan dalam bisnis digital. Selain M-Sense Migraine, logo mirip juga digunakan oleh Meta Supplements (Instagram:@meta_supplements), Masiv, mimix, hingga Visual Studio.  

Di beberapa situs penyedia gambar gratis, simbol infinity memang sangat umum ditemukan. Jika mengetik kata 'infinity' di situs clip art mana pun, banyak lambang yang mirip seperti logo Meta. 

Arti Meta dalam Bahasa Ibrani

Selain simbol, nama baru Facebook juga menjadi lelucon. Dalam bahasa Ibrani, kata Meta adalah konjugasi bentuk feminin untuk “mati”. Dilansir dari Times of Israel pada Selasa, 2 November 2021, salah seorang ahli teknologi bernama Nirit Weiss-Blatt, menyindir Facebook.

“Komunitas Yahudi akan mengolok-olok nama ini sampai bertahun-tahun mendatang,” tuturnya di Twitter.

ZAKA Emergency Service, layanan pemakaman Yahudi yang ahli mengumpulkan jasad ketika terjadi kecelakaan membalas dengan komentar lucu.

“Jangan khawatir, kami selalu siap,” tuturnya.

Logo The Infinity Meta bisa kita temukan dalam bentuk animasi di berbagai platform perusahaan. Seperti menggantikan likes di Facebook.

Mengenal Apa Itu Sebenernya Lambang Meta

Lambang Meta merupakan The Blue Infinity atau sesuatu yang tak terhingga. Di Indonesia, istilah tak terhingga biasa disebut Ananta. Di dalam angka, meta atau ananta disimbolkan dengan angka 8. Simbol tersebut mnenandakan konsep tidak terhingga, tidak ada akhir, dan tanpa ikatan.

Simbol tersebut sebenarnya sudah sangat tua, tepatnya pada tahun 1655 seorang matematikawan bernama John Wilis dari Inggris mengenalkan lambang ini. Lambang infinity diyakini berasal dari penomoran Romawi untuk 1000, dan juga huruf latin omega, huruf terakhir di alfabet Yunani.

Pada matematika, lambang infinity ini biasa digunakan untuk mewakili perhitungan yang punya potensi tidak terhingga jika dihitung. Sedangkan di dunia modern, bentuk infinity atau meta muncul dalam berbagai desain.

Di dunia bisnis, penggunaan simbol infinity juga bisa mewakilli harapan untuk keberlangsungan bisnis yang tidak akan pernah surut, inovasi terus-menerus, hingga harapan bisnis akan tumbuh dan tetap ada.

"Saya dulu belajar klasik, dan kata 'meta' berasal dari kata Yunani yang berarti 'melampaui'. Bagi saya, itu melambangkan bahwa selalu ada lebih banyak hal untuk dibangun, dan selalu ada bab selanjutnya dari sebuah cerita," kata Mark Zuckerberg dilansir The Verge.