10 Aplikasi Diet Kalori Terbaik, Bantu Atur Pola Makan

Pexels
Aplikasi Diet
26/12/2021, 08.04 WIB

ZIGI – Aplikasi diet kalori terbaik sangat beragam. Mulai dari Lifesum, My FitnessPal, Calorie Counter, HealthfyMe, dan masih banyak lagi.

Makanan ringan alias junkfood sangat mudah didapatkan. Selain cita rasanya yang lezat, junkfood juga murah. Namun, junkfood bisa memicu obesitas dan gejala penyakit yang lain. Untuk menjaga pola makan yang sehat, bisa gunakan aplikasi diet sebagai metode alternatif yang mudah.

Aplikasi diet sudah banyak tersedia di App Store dan Play Store untuk membantu kamu dalam berdiet yang sehat. Yuk intip 10 aplikasi diet kalori terbaik lewat artikel di bawah ini!

Baca Juga: 6 Tips Diet Sehat dan Cepat Menurut Pakar Nutrisi

1. Lifesum

Lifesum menjadi aplikasi diet yang direkomendasikan pertama karena mencangkup segala jenis diet. Bagi kamu yang ingin menurunkan berat badan secara sehat, bisa mengaturnya untuk tiga minggu pertama.

Dalam aplikasi ini, terdapat label yang digunakan untuk mencatat jumlah asupan makan dan air dalam tubuh. Jika bingung dengan menu makanan yang akan dimakan hari ini, Lifesum menyediakan ratusan resep makanan yang bisa diikuti.

Untuk mengakses aplikasi ini, kamu bisa mencobanya secara gratis. Namun untuk mendapatkan fasilitas lainnya akan dikenakan biaya sekitar Rp57 ribu per bulan.

2. My FitnessPal

Jika merasa tidak suka harus mencatat satu per satu database asupan masakan, MyFitnessPal menjadi rekomendasi aplikasi diet selanjutnya. Pasalnya, aplikasi ini memiliki pencatatan makanan dengan jumlah lebih dari 6 juta makanan dan akan terus bertambah.

Selain itu, aplikasi ini juga ada kemampuan untuk memindai barcode. Namun kekurangan dari aplikasi ini adalah kemampuan memindai lebih mudah pada makanan kemasan dibandingkan makanan fresh. 

 

3. My Macros+

Aplikasi diet My Macros+ menyediakan lebih dari satu juta item makanan yang dapat digunakan. Selain itu, juga terdapat pemindaian barcode yang akan memudahkan kamu dalam memindai makanan.

Menariknya, kamu bisa membuat resep makanan yang sehari-hari digunakan dan menyimpannya di aplikasi ini. Selain itu, My Macros+ juga memberikan informasi dan wawasan tentang diet yang sehat. Dengan demikian, kamu bisa menjalankan diet sehat tanpa khawatir efek samping yang didapatkan.

4. Carb Manager

Carb Manager akan membantu kalian untuk melacak kalori, karbohidrat, gula darah, dan faktor kesehatan lainnya sehingga akan mengarahkan kepada diet yang sehat. 

Selain itu, juga terdapat fitur-fitur menarik yang akan membantu proses diet seperti pelacakan metrik untuk asupan air, olahraga, dan berat badan. Aplkasi ini mampu memberikan laporan dari analisa aktivitas yang kamu lakukan hingga mencapai tujuan dari diet kamu.

Dalam aplikasi Carb Manager, kamu bisa melacak lebih dari satu juta item makanan. Aplikasi ini menyediakan resep, paket makanan, pembuatan daftar belanja dan pencatatan makanan yang akan dikonsumsi.

5. Paleo (io)

Jika ingin menerapkan diet ala nenek moyang, kamu bisa menggunakan aplikasi Paleo (io). Kamu dengan mudah memindai makanan tersebut apakah termasuk dalam diet Paleo. Aplikasi ini akan memudahkan kamu menentukan makanan dan minuman yang harus dikonsumsi.

 

Dalam aplikasi Paleo (io), kamu juga akan mendapatkan edukasi tentang diet paleo dan juga memiliki databased resep diet paleo yang direkomendasikan. Namun, item makanan di sini sangat terbatas yakni hanya tiga ribu list makanan.

6. Loose It!

Seperti dengan namanya, Loose It sangat membantu untuk penurunan berat badan namun dengan cara yang sehat. Aplikasi ini berkonsentrasi pada penurunan kalori dan pemantauan berat badan. Jadi, bagi kamu yang sulit mengontrol kalori dalam tubuh, aplikasi ini sangat direkomendasikan.

Pertama, kamu harus masukkan berat badan, usia dan tujuan kesehatan kamu. Loose it akan membuat perencanaan secara detail termasuk asupan kalori harian yang direkomendasikan untuk mencapai tujuan diet kamu.

7. FatSecret Calorie Counter

FatSecret Calorie Counter termasuk sebagai aplikasi diet yang lebih sederhana karena memiliki kemampuan melacak makanan yang kamu makan hari in. Selain itu, juga dapat melacak jumlah kalori dalam tubuh yang terbakar.

Selain itu, aplikasi ini juga tersedia pemindaian barcode makanan, pelacakan berat badan dan juga menyediakan berbagai resep makanan sehat yang direkomendasikan.

 

8. MyPlate Calorie Tracker

MyPlate Calorie Tracker menjadi salah satu aplikasi diet yang direkomendasikan. Pasalnya, aplikasi ini terdiri dari perhitungan karlori, dukungan Android Wear, pencatatan makanan dan pemindai barcode makanan.

Aplikasi ini memberikan pelayanan yang baik dalam hal pencatatan baik makanan maupun kalori hingga mendapatkan tujuan diet yang diinginkan.

9. HealthfyMe

Aplikasi HealthfyMe juga tergolong aplikasi diet yang sederhana. Aplikasi ini memberikan kemudahan bagi kamu yang akan mengisi catatan harian baik asupan makan, minum dan penghitungan kalori yang sudah terbakar.

Selain itu, aplikasi ini juga menyediakan database resep makanan sehat yang bisa kamu jadikan acuan untuk diet. Bahkan makanan yang akan dikonsumsi terhitung jumlah kalori, karbohidrat lemak, dan protein yang terkandung di dalamnya.

10. Calorie Counter

Aplikasi Calorie Counter bisa menjadi salah satu aplikasi yang bisa kamu gunakan untuk mengatur berat badan yang ingin dicapai. Dalam aplikasi ini, bisa melacak makanan yang dikonsumsi dan terdiri lebih dari tiga juta item makanan. Lalu terdapat pula pemindaian barcode dan menghitungan makro nutrisi yang kamu hasilkan untuk setiap harinya.

Demikian 10 aplikasi diet kalori terbaik yang direkomendasikan untuk membantu menurunkan berat badan dengan cara yang sehat. Untuk hasil yang maksimal, sebaiknya melakukan pemantauan berat badan selama tiga minggu saat menggunakan aplikasi. Selamat mencoba!

Baca Juga: Tips Diet Sehat Citra Kirana, Berat Badan Turun 22 Kg