Cara Bermain Wordle, Game Tebak Kata Seru yang Viral di Twitter

The New York Times
Wordle
Penulis: Hadi Mulyono
22/6/2022, 12.14 WIB

ZIGI – Game Wordle kini sedang ramai dibicarakan pengguna Twitter karena keseruannya. Permainan online berbasis tebak kata ini menantang setiap pemain untuk jeli menemukan kata-kata yang misterius.

Nah, buat kamu yang penasaran bagaimana cara bermaian Wordle, berikut Zigi.id bagikan tips mudahnya. Untuk itu simak pembahasan Wordle di bawah ini ya guys ya.

Apa Itu Game Wordle?

Dikutip dari Business Today pada Rabu, 22 Juni 2022, permaianan ini dimainkan secara online sehingga perlu dukungan jaringan internet yang stabil. Pemain Wordle diharuskan menebak kata sandi tanpa petunjuk sekali dalam sehari di mana ada kata baru yang selalu muncul.

Mulanya, game ini dirintis oleh pengembang software bernama Josh Wardle yang membuatnya untuk sang pacar. Dirilis sejak Oktober 2021, game yang awalnya iseng tersebut malah disukai banyak orang dan kini telah dimainkan jutaan pengguna dari berbagai negara.

Cara memainkan game Wordle cukup dengan modal web browser seperti Mozilla Firefox dan Google Chrome. Wordle sendiri tidak menyediakan game versi aplikasi sehingga kamu perlu berhati-hati dengan penipuan yang bisa saja muncul lewat Google Play atau App Store.

Mengutip Reuters, game Wordle telah diakuisisi The New York Times Co yang kemungkinan besar akan berbayar seiring berubahnya kebijakan. Di laman The New York Times kata-kata yang tersedia baru menggunakan Bahasa Inggris.

Cara Bermain Game Wordle

Seperti telah dijelaskan di awal, untuk memainkan game ini kamu tidak perlu menggunakan aplikasi tambahan. Cukup pakai web browser di laptop, PC maupun HP seperti Mozzilla Firefox dan Google Chrome.

Untuk bisa memainkanya, kamu perlu masuk ke salah satu laman di bawah ini:

  1. Wordle (New York Times): https://www.nytimes.com/games/wordle/index.html
  2. Wordle (Wordlegame.org): https://wordlegame.org/

Mengutip laman resmi wordlegame.org, kata-kata yang tersedia dalam Game Wordle yang harus ditebak biasanya terdiri dari 4 hingga 11 huruf. Bagi kamu yang bermain hanya diberi 6 kali kesempatan percobaan untuk menebak. Adapun langkahnya adalah sebagai berikut:

  1. Masuk ke salah satu link di atas (New York Times atau Wordle)
  2. Ketik kata apa saja di baris pertama pada kolom yang telah disediakan.
  3. Jika ada huruf yang ditandai dengan warna kuning, maka itu berarti huruf tersebut ada di kata yang tersembunyi, tetapi tidak cocok dengan lokasi persisnya di kata tersebut.
  4. Jika ada huruf yang ditandai dengan warna hijau, maka huruf tersebut berada di kata tersembunyi dan berada di lokasi atau urutan huruf yang tepat. 
  5. Jika hurufnya tetap abu-abu, maka huruf tersebut tidak ada di kata yang tersembunyi.
  6. Cobalah tebak kata yang tersembunyi

Tidak ada trik khusus dalam menebak kata tersembunyi di permainan Wordle. Oleh sebab itu, gunakan instingmu sebaik mungkin dan terus berlatih.

Sebagai tambahan, kamu bisa menebak kata dalam bahasa Indonesia jika bermain lewat laman Wordlegame.org. Caranya cukup ganti bahasa di ikon pojok kiri atas berlogo bendera. Selamat bermain guys.