Aksi Elon Musk Pecat Para Petinggi Twitter Usai Resmi Akuisisi

Berbagai sumber
Elon Musk dan Twitter
28/10/2022, 14.27 WIB

ZIGI – Elon Musk dikabarkan telah resmi membeli Twitter pada Kamis malam, 27 Oktober 2022 waktu setempat. Tak lama setelah membeli platform tersebut, Musk dilaporkan telah memecat setidaknya empat petinggi Twitter termasuk CEO Parag Agrawal.

Satu hari sebelumnya, Elon Musk datang ke kantor Twitter yang ada di San Fransisco, Amerika Serikat dengan membawa wastafel. Video CEO Space X itu ramai beredar di media sosial. Simak artikelnya di bawah ini!

Baca Juga: Elon Musk Tiba-tiba Bawa Wastafel Saat Kunjungi Kantor Twitter

Elon Musk Resmi Beli Twitter

Setelah drama berbulan-bulan hingga sempat ada langkah hukum, Elon Musk akhirnya resmi membeli Twitter dengan menutup kesepakatan sebesar US$ 44 miliar atau sekitar Rp683 miliar. Diketahui bahwa Elon pertama kali mengumumkan akan membeli platform berlambang burung biru itu pada April 2022.

Tidak ada pernyataan resmi dari Elon Musk usai akuisisi Twitter. Namun, ia menuliskan cuitan di akun pribadinya dengan kalimat ‘The bird is freed’ (Burung itu telah dibebaskan).

Tak cuma itu, Elon Musk juga mengganti bio profilnya dengan menambahkan ‘Chief Twit’. Dia juga mengungkapkan alasan membeli Twitter karena untuk mencoba membantu kemanusiaan.

Alasan saya mengakuisisi Twitter adalah karena penting bagi masa depan peradaban untuk memiliki alun-alun kota digital yang sama, di mana berbagai keyakinan dapat diperdebatkan secara sehat, tanpa menggunakan kekerasan,” tulisnya dikutip Zigi.id dari Twitter @elonmusk pada Jumat, 28 Oktober 2022.

Elon Musk Dikabarkan Pecat Petinggi Twitter

Setelah Elon mengambil alih perusahaan, dikabarkan bahwa para petinggi Twitter dipecat olehnya. Mereka adalah CEO Parag Agrawal, Chief Financial Officer (CFO) Ned Segal, petinggi bagian hukum dan kebijakan Vijaya Gadde, serta penasihat umum Sean Edgett.

Dikutip dari The Guardian, Parag Agrawal dan Ned Segal berada di markas Twitter San Francisco ketika kesepakatan ditutup. Mereka juga dikawal keluar gedung setelah mantan pacar Grimes ini akuisisi perusahaan tersebut.

Elon Musk belum terbuka terkait kabar pemecatan empat petinggi tersebut. Namun, beberapa waktu lalu para petinggi tersebut sempat memiliki hubungan yang tegang dengan Musk. Di akhir 2021, Parag Agrawal menggantikan CEO Jack Dorsey dan ia berselisih dengan Elon Musk soal akuisisi Twitter ini.

Musk juga sempat mengkritik peran Vijaya Gadde dalam keputusan moderasi konten di Twitter. Namun, para petinggi ini belum buka suara soal kabar pemecatan mereka.

Twitter kini memasuki babak baru setelah dibeli oleh Elon Musk. Belum diketahui secara detail rencana apa yang akan dilakukan oleh Musk di platform yang sudah memiliki lebih dari 230 juta pengguna ini.

Baca Juga: 5 Fakta Pertemuan Presiden Jokowi dan Elon Musk di SpaceX, Bahas Apa?