Menciptakan Generasi Madrasah yang Makin Cakap Digital

Image title
Oleh Melati Kristina Andriarsi - Tim Publikasi Katadata
27 September 2021, 17:44
Menciptakan Generasi Madrasah yang Makin Cakap Digital
Kemenkominfo

Pemanfaatan internet di Indonesia kian meluas. Berdasarkan laporan dari Hootsuite dan We Are Social, jumlah pengguna internet di Tanah Air pada Januari 2021 mencapai 202,6 juta orang atau sekitar 73,7 persen dari total penduduk. Jumlah tersebut naik 15,5 persen atau lebih dari 27 juta orang dalam satu tahun terakhir.

Kian meluasnya jangkauan internet tentu perlu diimbangi dengan peningkatan kemampuan pemanfaatan teknologi tersebut agar makin cakap digital. Sebab, penggunaan internet yang kurang baik dapat menimbulkan berbagai dampak negatif serta tidak bisa mengoptimalkan manfaatnya.

Guna mengantisipasi dampak negatif internet, literasi digital menjadi salah satu bentuk upaya peningkatan kecakapan yang sangat penting. Melalui literasi digital,masyarakat pun dapat belajar dan didorong untuk penggunaan internet yang lebih bertanggung jawab sehingga dapat menciptakan ruang digital yang aman, positif, dan produktif.

Merujuk buku Kerangka Literasi Digital Indonesia yang dimaksud dengan literasi digital adalah kemampuan menggunakan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) untuk menemukan, mengevaluasi, memanfaatkan, membuat, dan mengkomunikasikan informasi dengan kecakapan kognitif dan teknikal.

Dengan demikian, masyarakat bisa meningkatkan kemampuan kognitifnya sehingga keterampilan yang dimiliki tidak hanya sebatas mengoperasikan gawai saja.

Berkaca dari pentingnya peran literasi digital, pelatihan dalam penggunaan internet perlu dilakukan dari tingkat sekolah. Ini untuk menciptakan generasi yang cakap dan bertanggung jawab dalam memanfaatkan teknologi tersebut.

Merespon hal tersebut, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) bersama Kementerian Agama dan Gerakan Nasional Literasi Digital (GNLD) Siberkreasi mengadakan kegiatan “Madrasah Makin Cakap Digital” di Makassar dan Polewali Mandar.

Program ini merupakan pembekalan bagi tenaga pendidik di lingkungan madrasah. Pelatihan ini merupakan upaya strategis, mengingat jumlah madrasah cukup banyak dan tersebar di berbagai wilayah Indonesia.

Berdasarkan data Kementerian Agama, per semester ganjil 2019/2020, jumlah madrasah di Tanah Air sebanyak 82.418 sekolah. Terdiri dari 4.010 madrasah negeri dan 78.408 madrasah swasta. Jumlah itu meliputi jenjang Raudhatul Athfal (RA) hingga Madrasah Aliyah (MA).

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...