Erick Thohir Promosikan Produk Lokal di Piala Dunia U-20

PSSI telah menunjuk apparel Juara sebagai pemegang lisensi merchandise resmi perhelatan Piala Dunia U-20.
Anshar Dwi Wibowo
16 Maret 2023, 10:48
Ketua Umum PSSI Erick Thohir (kedua kiri) didampingi Anggota Exco PSSI Eko Setywan (kiri), Arya Sinulingga (kedua kanan), dan Rudi Yulianto (kanan) menyampaikan keterangan pers di GBK Arena, Jakarta, Jumat (10/3/2023). Erick Thohir menyampaikan perkembang
ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto/tom.
Ketua Umum PSSI Erick Thohir (kedua kiri) didampingi Anggota Exco PSSI Eko Setywan (kiri), Arya Sinulingga (kedua kanan), dan Rudi Yulianto (kanan) menyampaikan keterangan pers di GBK Arena, Jakarta, Jumat (10/3/2023). Erick Thohir menyampaikan perkembangan terbaru terkait agenda peninjauan venue Piala Dunia U-20 2023 dan FIFA Matchday 2023.

Misi Erick Thohir untuk mendorong perekonomian lokal, tak hanya berputar di lingkup BUMN saja, tetapi juga di sektor olahraga. Erick yang baru terpilih sebagai Ketua Umum PSSI memberikan dukungan penuh untuk memperkenalkan dan mempromosikan produk-produk lokal pada gelaran Piala Dunia U-20 2023.

Dukungan ini tercermin dari penunjukkan PT Juara Raga Adidaya (JUARAGA) sebagai  pemegang lisensi merchandise resmi Piala Dunia U-20 2023. Melalui produk apparel Juara, perhelatan olahraga akbar ini akan hadir dengan sebanyak 53 jenis merchandise siap jual, mulai dari kaus, jersey, topi, jaket, hingga sendal. Seluruh apparel tersebut diklaim telah memiliki standar internasional.

Menurut Erick, keterlibatan produsen dalam negeri menjadi sebuah terobosan baru dalam rangka memperkenalkan produk-produk lokal ke kancah internasional. 

“Piala U-20 tinggal 73 hari lagi. Saya rasa ini persiapan tercepat yang pernah saya emban, begitu juga Pak Menpora Zainudin Amali. Kita perlu kerja keras bersama, waktu yang mepet bukan alasan tidak bisa," pungkas Erick saat peluncuran merchandise Piala Dunia U-20 2023 beberapa waktu lalu. 

Sekadar informasi, Indonesia menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 pada 20 Mei-11 Juni 2023 yang akan digelar di enam kota antara lain Jakarta, Bandung, Surabaya, Surakarta, Palembang, dan Gianyar. Sebanyak 24 negara akan berpartisipasi pada perhelatan ini.

Merchandise merupakan elemen yang tidak dapat dipisahkan dalam turnamen sepak bola. Maka iitu, gelaran ini ditargetkan dapat memicu keterlibatan banyak pihak dengan membuka akses ke produsen lokal sehingga dapat mendorong penciptaan lapangan kerja baru dan potensi di berbagai wilayah.

Pasalnya, seluruh merchandise yang dijual akan menggunakan sebesar 95 persen bahan baku lokal. Juara juga disebut akan melibatkan UMKM sebagai mitra produksi. Selain itu, turnamen sepak bola ini juga menjadi momentum untuk memperkenalkan kreativitas dan kultur Indonesia.

“Peluncuran merchandise Juara adalah bagian dari kita untuk memeriahkan event terbesar kedua FIFA, yakni Piala Dunia U-20,” tambahnya.

Sementara itu, CEO Juara Mochtar Sarman mengapresiasi keputusan FIFA dan PSSI yang telah memercayakan produk apparel Juara sebagai merchandise resmi U-20. “Sebanyak 95 persen produk kami dibuat dalam negeri dengan 53 jenis kategori produk dan memiliki desain dan kualitas terbaik,” katanya.

Adapun, pihak Juara telah berkolaborasi dengan Alfamart untuk mendistribusikan produk merchandise Juara ke sebanyak 13.000 jaringan gerai ritel di seluruh Indonesia.

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...