Wujud Kepedulian Sharp Terhadap Lingkungan

Selain menghasilkan produk-produk inovatif dengan teknologi terkini, Sharp juga berkomitmen untuk lingkungan.
Image title
Oleh Ardhia Annisa Putri - Tim Publikasi Katadata
19 Oktober 2022, 11:42

Sharp Corporation genap berusia 110 tahun pada 15 September 2022 lalu. Perusahaan yang pertama kali berdiri di Tokyo, Jepang ini merupakan produsen elektronik kelas dunia yang melahirkan berbagai macam produk inovatif dengan teknologi terkini. Melalui produk-produknya, Sharp telah mengukir banyak tonggak sejarah.

Selain menghasilkan produk-produk inovatif dengan teknologi terkini, Sharp juga berkomitmen untuk lingkungan. Dengan visi lingkungan jangka panjang ‘Sharp Eco Vision 2050’, Sharp menargetkan penurunan emisi gas rumah kaca (GRK) sebesar 60 persen pada 2035.

Untuk mewujudkan target tersebut, salah satu upaya yang dilakukan oleh Sharp ialah melakukan program penanaman 11.000 pohon di Karaba, Desa Wadas, Kecamatan Teluk Jambe Timur, Karawang dalam peringatan hari jadinya yang ke-110 tahun.

Setiap satu pohon yang tumbuh besar akan mampu menyerap rata-rata 50 pon atau 22 kilogram karbon dioksida tiap tahunnya. Hal ini berarti jika semua pohon yang ditanam tumbuh besar maka ada sekitar 242.000 kilogram karbon dioksida yang dapat terserap tiap tahunnya. Hal itu sejalan dengan misi lingkungan Sharp.

Sharp mengusung visi bisnis ‘Mengubah Dunia dengan Teknologi 8K+5G AIoT’. Teknologi 8K adalah ultra high definition generasi lanjutan dengan resolusi empat kali lipat (7.680 x 4.320 piksel: 33,18 resolusi dengan jutaan piksel) dari 4K (3.840 x 2.160 piksel: resolusi sekitar 8,29 juta piksel), dan 16 kali lipat dari resolusi saat ini, siaran dengan hasil 2K vision (1.920 x 1.080 piksel: sekitar 2,07 juta piksel). Teknologi itu menghasilkan gambar yang sangat tajam seperti aslinya.

Teknologi 5G merupakan generasi lanjutan dari transmisi data selular dengan kemajuan signifikan pada kecepatan dan kapasitas transmisi data. Teknologi 5G dapat memperluas komunikasi untuk memfasilitasi konektivitas menyeluruh.

Sedangkan AIoT ialah kombinasi unik dari AI (Artificial Intellegence) dan IoT (Internet of Things), merupakan teknologi berbasis indra peraba dan intuitif. AIoT diciptakan melalui aplikasi dengan konektivitas cloud dan AI ke dalam rangkaian peralatan elektronik sehari-hari yang kita gunakan.

Selama 110 tahun berkiprah, produk-produk unggulan yang dihasilkan oleh Sharp di antaranya: AQUOS yang merupakan merek TV dan smartphone, teknologi Plasmacluster yang dibenamkan dalam produk pembersih udara, AC, lemari es, mesin cuci, dan mesin penyedot debu, Healshio untuk produk oven dan panci masak anhydrous  untuk penggunaan dapur, serta COCORO+ yaitu sistem yang mengintegrasikan layanan dengan perangkat keras dan lunak.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.