Pandemi Membuat Kesadaran Pola Hidup Sehat Meningkat

Kebutuhan produk sanitasi, multivitamin dan berolahraga meningkat selama pandemi Covid-19.
Image title
Oleh Melati Kristina Andriarsi - Tim Publikasi Katadata
11 September 2020, 17:36

Mewabahnya Covid-19 ternyata meningkatkan kesadaran masyarakat akan pola hidup sehat. Menurut survei Alvara Research, konsumsi kebutuhan kesehatan meningkat selama Covid-19. Hand sanitizer dan produk sanitasi menjadi produk yang paling banyak dicari masyarakat dengan peningkatan sebanyak 64,20 persen. Sementara konsumsi multivitamin meningkat hingga 51,60 persen.

Tak hanya itu, berolahraga juga menjadi salah satu aktivitas yang digemari masyarakat selama berada di rumah. Sebanyak 47,60 persen masyarakat melakukan olahraga ketika di rumah. Adapun tren berolahraga turut berubah akibat pandemi. Berdasarkan riset pengguna aplikasi Garmin, langkah harian dan berenang menurun selama Covid-19. Sedangkan olahraga terukur dan bersepeda indoor mengalami peningkatan. Bahkan, bersepeda kini tengah menjadi tren baik di dalam maupun luar negeri.

Riset Institute for Transportation and Development Policy (ITDP) mencatat peningkatan pesepeda di bilangan Thamrin dan Sudirman, Jakarta, mencapai 1000 persen. Bersepeda ternyata turut menjadi tren di Philadelphia, New York, dan Tiongkok.