Blusukan dengan Toyota Fortuner TRD dari Anyer sampai Panarukan

Krisna Arie Prasetya
21 Agustus 2021, 11:03
Toyota Fortuner TRD
Katadata
Blusukan dengan Toyota Fortuner dari Anyer hingga Panarukan

Toyota Fortuner menjadi salah satu mobil andalan tim Katadata dalam ekspedisi Jelajah Jalan Raya Pos atau yang populer disebut Jalan Daendels. Dan melakukan perjalanan jauh serta melewati medan cukup beragam dengan menggunakan SUV tentu menjadi perjalanan yang menyenangkan.

Praktis obstacle-obstacle yang kerap ditemukan di jalan Anyer - Panarukan seperti permukaan jalan bumpy, berlubang, jalan pegunungan dengan tanjakan dan turunan bukan masalah berarti bagi Fortuner. Belum lagi jaga-jaga jika hujan lebat di wilayah Pantura yang memiliki risiko terjadi banjir.

Performa dan Feeling Berkendara Toyota Fortuner TRD 

Toyota Fortuner TRD yang menjadi andalan tim ekspedisi dilengkapi dengan mesin diesel common rail turbo VNT berkode 2GD-FTV berkapasitas 2.4-liter. Sumber tenaga ini memiliki keluaran tenaga 149 hp dan torsi maksimal 400 Nm.

Untuk diketahui, mesin diesel dari model terbaru Fortuner ini telah mengalami beberapa penyempurnaan. Fokus dari penyempurnaan sendiri terletak pada sisi performa yang artinya lebih responsif dan juga diklaim punya konsumsi BBM efisien.

Blusukan dengan Toyota Fortuner TRD dari Anyer hingga Panarukan
Blusukan dengan Toyota Fortuner TRD dari Anyer sampai Panarukan (Katadata)

Toyota menyiapkan 2 mode berkendara yakni Power Mode dan Eco Mode. Anda akan merasakan respon mesin cukup agresif pada pilihan pertama dan agak kalem saat memilih yang kedua namun memiliki konsumsi BBM lebih irit.

Berbicara performa, paduan tenaga dan torsi dari Fortuner TRD ini boleh dibilang sangat menyenangkan saat melintasi ragam kondisi jalan. Cukup bertenaga saat berakselerasi di jalan-jalan datar seperti waktu melintasi jalan tol di sepanjang Pantura.

Saat diajak bermanuver seperti melakukan perpindahan jalur atau melewati tikungan, stabilitasnya juga tergolong baik. Gejala negatif berkendara seperti limbung minim terasa, atau tergolong wajar terjadi mengingat mobil ini memiliki ground clearence tinggi layaknya sebuah SUV.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...