Blusukan dengan Toyota Fortuner TRD dari Anyer sampai Panarukan

Toyota Fortuner TRD memberikan pengalaman menyenangkan saat digunakan menjelajahi Jalan Daendels sepanjang kurang lebih 1.000 km yang memiliki medan dengan karakater beragam
Image title
21 Agustus 2021, 11:03
Toyota Fortuner TRD
Katadata
Blusukan dengan Toyota Fortuner dari Anyer hingga Panarukan

Toyota Fortuner menjadi salah satu mobil andalan tim Katadata dalam ekspedisi Jelajah Jalan Raya Pos atau yang populer disebut Jalan Daendels. Dan melakukan perjalanan jauh serta melewati medan cukup beragam dengan menggunakan SUV tentu menjadi perjalanan yang menyenangkan.

Praktis obstacle-obstacle yang kerap ditemukan di jalan Anyer - Panarukan seperti permukaan jalan bumpy, berlubang, jalan pegunungan dengan tanjakan dan turunan bukan masalah berarti bagi Fortuner. Belum lagi jaga-jaga jika hujan lebat di wilayah Pantura yang memiliki risiko terjadi banjir.

Performa dan Feeling Berkendara Toyota Fortuner TRD 

Toyota Fortuner TRD yang menjadi andalan tim ekspedisi dilengkapi dengan mesin diesel common rail turbo VNT berkode 2GD-FTV berkapasitas 2.4-liter. Sumber tenaga ini memiliki keluaran tenaga 149 hp dan torsi maksimal 400 Nm.

Untuk diketahui, mesin diesel dari model terbaru Fortuner ini telah mengalami beberapa penyempurnaan. Fokus dari penyempurnaan sendiri terletak pada sisi performa yang artinya lebih responsif dan juga diklaim punya konsumsi BBM efisien.

Blusukan dengan Toyota Fortuner TRD dari Anyer hingga Panarukan
Blusukan dengan Toyota Fortuner TRD dari Anyer sampai Panarukan (Katadata)

 

Toyota menyiapkan 2 mode berkendara yakni Power Mode dan Eco Mode. Anda akan merasakan respon mesin cukup agresif pada pilihan pertama dan agak kalem saat memilih yang kedua namun memiliki konsumsi BBM lebih irit.

Berbicara performa, paduan tenaga dan torsi dari Fortuner TRD ini boleh dibilang sangat menyenangkan saat melintasi ragam kondisi jalan. Cukup bertenaga saat berakselerasi di jalan-jalan datar seperti waktu melintasi jalan tol di sepanjang Pantura.

Saat diajak bermanuver seperti melakukan perpindahan jalur atau melewati tikungan, stabilitasnya juga tergolong baik. Gejala negatif berkendara seperti limbung minim terasa, atau tergolong wajar terjadi mengingat mobil ini memiliki ground clearence tinggi layaknya sebuah SUV.

Kesan menyenangkan juga didapat saat tim jelajah melewati jalan-jalan pegunungan. Tenaga mobil ini seakan tak ada habisnya, selalu tersedia di beragam putaran, jadi tidak perlu ragu jika harus berakselerasi mendadak saat menemukan sebuah tanjakan cukup curam.

Posisi Berkendara dan Fitur Kelengkapan Toyota Fortuner TRD

Dengan dimensi cukup besar, rasanya tidak ada masalah berarti untuk bisa mendapatkan posisi duduk yang nyaman di kabin Fortuner. Posisi pengemudi sendiri terasa cukup tinggi membuat visibilitasnya tergolong baik, kesannya jadi seperti tidak membawa mobil berukuran cukup besar.

Jika Anda belum terbiasa membawa mobil berukuran besar, jangan takut karena ada beberapa fitur yang dapat memperkuat feeling berkendara. Seperti Surround Monitor with Blind Spot Detection, Lane Departure Warning, Moving Object Detection juga Headway Monitoring Warning.

Toyota Fortuner TRD
Toyota Fortuner TRD (Katadata)

 

Anda bisa memantau hampir seluruh kinerja fitur di atas melalui Multi Information Display 4,2 inci. Bisa berfungsi menampilkan New TFT Opening Animation, Power Back Door Switch Status Display, Clearance Sonar Detection Status Display, Tire Turning Angle Display hingga SPORT/ECO Mode Display.

Toyota Fortuner TRD juga dilengkapi dengan Limited Slip Differential dan 7 Airbags. Lainnya terdapat Head Unit 9 inci termasuk fitur NFC guna mengecek saldo uang elektrik plus Kick Sensor dan Power Back Door untuk memudahkan akses keluar masuk barang di bagasi.

Terakhir, Toyota Fortuner TRD terbukti mampu menjadi partner yang tepat untuk perjalanan jarak jauh seperti yang tim Jelajah Jalan Raya Pos Katadata. Sosok SUV berukuran medium ini punya kemampuan yang pas untuk digunakan pada kondisi jalan yang beragam.

Rasanya praktis tanpa kendala saat menggunakan Fortuner TRD di jalan-jalan pegunungan, melintasi padatnya lalu lintas perkotaan yang ada di utara Jawa berikut saat melewati jalan tol panjang yang terkadang menjemukan. Karena terbukti selain mantap dikemudikan, seluruh penumpang juga dijamin rasa kenyamanan dan keselamatannya.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait