Rencana Investasi Foxconn Belum Jelas

Rencana perusahaan manufaktur asal Taiwan Foxconn Technology Co Ltd untuk menanamkan modalnya di Indonesia belum jelas
Image title
Oleh
2 Juni 2014, 10:22
MS Hidayat.jpg
KATADATA/
KATADATA | Arief Kamaludin

KATADATA ? Rencana perusahaan manufaktur asal Taiwan, Foxconn Technology Co. Ltd. untuk menanamkan modalnya di Indonesia belum jelas. Pemerintah menilai rencana tersebut merupakan upaya Foxconn mencari sensasi untuk meningkatkankinerja di pasar modal.

 

Menteri Perindustrian MS Hidayat mengatakan Foxconn menginginkan lahan gratis untuk merealisasikan rencana investasi seperti di China. Namun di Indonesia lahan tidak dapat diperoleh secara gratis dan harus dilakukan secara bisnis.

 

Dia mengusulkan ada dua cara untuk mengatasi persoalan lahan ini. Pertama, Foxconn mengalah dengan tetap membeli lahan sesuai harga yang ditetapkan oleh Kawasan Berikat Nusantara. Kedua, menggunakan skema kepemilikan saham (equity). ?Ya kalau tidak mau keluar uang, tanahnya harus dijadikan equity,? kata Hidayat seperti dikutip BIsnis Indonesia, Senin (2/6).

 

Menurutnya, hingga saat ini Foxconn belum memberikan laporan kembali terkait rencana bisnsi tersebut. Oleh karena itu, Hidayat menilai Foxconn hanya sekadar mencari sensasi berita untuk menaikkan kinerjanya di pasar modal. 

Reporter: Redaksi
Editor: Arsip
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait