Rencana Investasi Foxconn Belum Jelas

Image title
Oleh
2 Juni 2014, 10:22
MS Hidayat.jpg
KATADATA/
KATADATA | Arief Kamaludin

KATADATA ? Rencana perusahaan manufaktur asal Taiwan, Foxconn Technology Co. Ltd. untuk menanamkan modalnya di Indonesia belum jelas. Pemerintah menilai rencana tersebut merupakan upaya Foxconn mencari sensasi untuk meningkatkankinerja di pasar modal.

Menteri Perindustrian MS Hidayat mengatakan Foxconn menginginkan lahan gratis untuk merealisasikan rencana investasi seperti di China. Namun di Indonesia lahan tidak dapat diperoleh secara gratis dan harus dilakukan secara bisnis.

Dia mengusulkan ada dua cara untuk mengatasi persoalan lahan ini. Pertama, Foxconn mengalah dengan tetap membeli lahan sesuai harga yang ditetapkan oleh Kawasan Berikat Nusantara. Kedua, menggunakan skema kepemilikan saham (equity). ?Ya kalau tidak mau keluar uang, tanahnya harus dijadikan equity,? kata Hidayat seperti dikutip BIsnis Indonesia, Senin (2/6).

Menurutnya, hingga saat ini Foxconn belum memberikan laporan kembali terkait rencana bisnsi tersebut. Oleh karena itu, Hidayat menilai Foxconn hanya sekadar mencari sensasi berita untuk menaikkan kinerjanya di pasar modal. 

Reporter: Redaksi
Editor: Arsip
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...