Mirza Adityaswara Ditetapkan Jadi Deputi Gubernur Senior BI

Sebelumnya Mirza meneruskan jabatan Darmin Nasution sebagai DGS BI
Image title
Oleh
17 Juni 2014, 11:20
bank indonesia- donang.jpg
KATADATA/ Donang Wahyu
KATADATA | Donang Wahyu

KATADATA ?  Komisi XI Dewan Perwakilan Rakyat DPR RI memutuskan Mirza Adityaswara lulus uji kelayakan dan kepatutan alias fit and proper test untuk menduduki jabatan Deputi Gubernur Senior (DGS) Bank Indonesia (BI). Mirza adalah calon tunggal yang diajukan Presiden Susilo Bambang Yudhoyoni.

Keputusan itu diambil berdasarkan kesepakatan melalui musyawarah mufakat antar fraksi di Komisi XI. Sebelumnya, Mirza meneruskan jabatan Darmin Nasution sebagai DGS BI. Periode jabatan Mirza sebagai pengganti Darmin berakhir pada 17 Juli besok. Mirza juga pernah menjabat Kepala Eksekutif Lembaga Penjamin Simpanan.

Dikutip dari Kontan (17/06), Ketua Komisi XI Olly Dondokambey mengatakan ada tujuh catatan yang diberikan Komisi XI kepada Mirza sebagai pejabat DGS BI baru. Pertama, mengenai tingkat inflasi ke arah yang lebih baik agar Usaha Kecil Menengah (UKM) bisa berkembang.

Kedua, membuat jadwal menjaga stabilitas kurs selama lima tahun. Ketiga, koordinasi ketat dengan pemerintah untuk moneter seperti koordinasi soal nilai tukar rupiah. Keempat, harus menjaga kekompakan di antara dewan gubernur dengan melaksanakan kolektif kolegial alias keputusan bersama. 

Kelima, membuat indikator kinerja dengan gubernur untuk bahan evaluasi pelaksanaan capaian kinerja masing-masing. Keenam, merumuskan indikator kinerja untuk Tim Pengendali Inflasi Daerah. Ketujuh, memperdalam likuiditas pasar keuangan. 

Reporter: Redaksi
Editor: Arsip
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait