Replikasi Inovasi: Kreativitas Mengolah Limbah Kayu

Sejak 2017, aktivitas pemuda di Desa Jembatan Tengah, Kecamatan Loa Kulu, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur terbilang semakin produktif.
Image title
Oleh - Tim Publikasi Katadata
27 Desember 2019, 12:25
Desa Jembayan
Katadata

Sejak 2017, aktivitas pemuda di Desa Jembatan Tengah, Kecamatan Loa Kulu, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur terbilang semakin produktif. Kondisi ini tercipta berkat penerapan inovasi berupa pembuatan kerajinan piala berbahan kayu.

 

Kepala Desa Jembayan Tengah Rahimin menuturkan, anak-anak muda berusia antara 18 – 20 tahun di desanya bernaung dalam kelompok Muda Kreatif. Mereka menjadi ujung tonggak pembuatan piala kayu yang kini menjadi produk andalan khas Jembayan Tengah.

 

“Dulu, kebiasaan mereka (pemuda desa) itu nongkrong-nongkrong di luar dan kegiatannya lebih mengarah ke hal negatif. Sekarang, mereka punya kegiatan yang membuat mereka meninggalkan kebiasaan itu bahkan meningkatkan skill mereka,” kata Rahimin.

 

Kelompok Muda Kreatif sebetulnya bagian dari BUMDes DJT Berjaya. Unit usaha BUMDes ini khusus diisi pemuda yang terampil dalam membuat produk kerajinan berbahan kayu, seperti piala dan plakat. Kelompok Muda Kreatif fokus mengerjakan produksi, sedangkan pemasaran dan manajemen bisnis ditangani BUMDes.

 

Seperti apa kreatifitas pengolahan limbah kayu ini? Saksikan video visualisasi data dan informasi dari desa-desa yang melakukan replikasi dan inovasi, berikut ini..

Editor: Arsip

Video Pilihan

Artikel Terkait