Jelang MotoGP, Sandiaga Pastikan Masih Ada Ribuan Kamar di Mandalika

Image title
16 Maret 2022, 14:29
Menparekraf Sandiaga Uno (kiri) berbincang dengan pimpinan Komisi X DPR Syaiful Huda (kanan) sebelum dimulainya rapat kerja dengan Komisi X DPR di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Rabu (16/3/2022). Rapat tersebut membahas kesiapan dukungan pelaksanaan
ANTARA FOTO/Aprillio Akbar/tom.
Menparekraf Sandiaga Uno (kiri) berbincang dengan pimpinan Komisi X DPR Syaiful Huda (kanan) sebelum dimulainya rapat kerja dengan Komisi X DPR di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Rabu (16/3/2022). Rapat tersebut membahas kesiapan dukungan pelaksanaan MotoGP Mandalika 2022, strategi pemulihan dan penguatan parekraf setelah mulai melandainya pandemi COVID-19 (syarat perjalanan tanpa tes usap), serta keputusan Raker/RDP dan Panja yang belum ditindaklanjuti.

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) terus berupaya menyediakan akomodasi dan sarana penunjang sektor pariwisata, jelang pelaksanaan ajang balap internasional MotoGP 2022, di Sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat. Balapan ini rencananya digelar akhir pekan ini, pada 18-20 Maret 2022.

Menparekraf Sandiaga Uno membeberkan beberapa infrastruktur pariwisata yang telah disiapkan untuk mendukung pelaksanaan MotoGP adalah homestay, penataan destinasi, glamping dan camping, serta penyiapan acara hiburan untuk amenitas. Selain itu, Kemenparekraf juga melakukan pengadaan tanah bagi proyek strategis nasional di Mandalika.

Advertisement

"Termasuk juga nanti grand stand dan beberapa fasilitas infrastruktur yang kami hadirkan, dan tourism helpdesk bagi para wisatawan," ujar Sandiaga dalam Rapat Kerja dengan Komisi X Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) pada Rabu (16/3).

Sandiaga juga memastikan, per 14 Maret 2022 lalu, masih tersedia 6.492 kamar hotel di destinasi Mandalika, yang mayoritas berlokasi di Gili Tramena.  Sementara sebanyak 11.244 kamar dipastikan telah terisi.

Kemenparekraf juga menyebut sebanyak 1.544 paket akomodasi dan atraksi telah terjual. Paket tersebut terdiri dari hotel, homestay, perumahan klaster, dan live on board phinisi.

"Termasuk juga hotel di Bali yang banyak dipesan karena ada shuttle yang nanti melayani Bali-Lombok," jelas Sandiaga.

Sementara untuk atraksi utama penyelenggaraan balap MotoGP, Kemenparekraf memperkirakan acara tersebut dihadiri 60 ribu penonton dengan klasifikasi lima tipe tiket. Rangkaian acara tersebut terdiri dari free practice atau latihan prabalap yang akan berlangsung pada 18 Maret, kualifikasi MotoGP seri dua pada 19 Maret, dan race day pada 20 Maret.

Selama pelaksanaan balapan ini, Kemenparekraf juga mencatat total individu yang melakukan perjalanan dari luar negeri mencapai 2.500 pengunjung. Mereka terdiri dari pembalap, kru, official, tamu VVIP, hingga media atau wartawan asing yang datang meliput kegiatan di Mandalika.

Halaman:
Reporter: Nuhansa Mikrefin
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement