Sandiaga Siapkan Jurus Tangkal Hujan Saat MotoGP 2022

Image title
16 Maret 2022, 15:04
Menparekraf Sandiaga Uno (tengah) menghadiri rapat kerja dengan Komisi X DPR di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Rabu (16/3/2022). Rapat tersebut membahas kesiapan dukungan pelaksanaan MotoGP Mandalika 2022, strategi pemulihan dan penguatan parekraf se
ANTARA FOTO/Aprillio Akbar/tom.
Menparekraf Sandiaga Uno (tengah) menghadiri rapat kerja dengan Komisi X DPR di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Rabu (16/3/2022). Rapat tersebut membahas kesiapan dukungan pelaksanaan MotoGP Mandalika 2022, strategi pemulihan dan penguatan parekraf setelah mulai melandainya pandemi COVID-19 (syarat perjalanan tanpa tes usap), serta keputusan Raker/RDP dan Panja yang belum ditindaklanjuti.

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) tak mau ada aral yang mengurangi kenikmatan pelaksanaan ajang balap internasional MotoGP yang digelar di Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB), pada akhir pekan ini. Salah satunya, dengan mengantisipasi turunnya hujan pada hari balapan nanti.

Menparekraf Sandiaga Uno mengatakan sudah mengantisipasi datangnya hujan menggunakan Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC). Untuk menerapkan teknologi tersebut agar dapat berjalan maksimal, diperlukan koordinasi dengan beberapa pihak, dimulai dari Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), hingga Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara (TNI AU). 

Advertisement

Kali ini, Sandiaga berkaca pada penyelenggaraan Race 1 World Superbike yang sebelumnya juga digelar di Sirkuit Pertamina Mandalika. Kegiatan Race 1 menjadi molor, lantaran hujan deras mengguyur selama 12 menit sebelum balapan dimulai.

"Tadi soal hujan pak, waktu World SuperBike itu ada pawang pak, tapi akhirnya pawangnya menuntut pihak panitia pak. Karena pawangnya (meski ada) iya, tetap hujan," ujar Sandiaga dalam Rapat Kerja dengan Komisi X Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) pada Rabu (16/3).

Selain itu, Kemenparekraf telah melakukan rapat sinkronisasi putaran ke-12 dengan mantan Panglima TNI Hadi Tjahjanto yang dipercaya menjadi Komandan Lapangan untuk mempersiapkan gelaran MotoGP. Sandiaga menyebut semua persiapan telah dilakukan dan yakin Indonesia siap untuk menggelar event berskala internasional ini.

Halaman:
Reporter: Nuhansa Mikrefin
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement