Indonesia Berencana Kirim Bantuan Kemanusiaan ke Ukraina

Image title
6 April 2022, 19:12
Seorang wanita membawa kucingnya saat berjalan melewati sejumlah gedung yang hancur oleh serangan bom Rusia, di wilayah bagian Kyiv, Ukraina, Selasa (5/4/2022).
ANTARA FOTO/REUTERS/Zohra Bensemra/WSJ/dj
Seorang wanita membawa kucingnya saat berjalan melewati sejumlah gedung yang hancur oleh serangan bom Rusia, di wilayah bagian Kyiv, Ukraina, Selasa (5/4/2022).

Pemerintah Indonesia sedang mempertimbangkan untuk memberikan bantuan kemanusiaan kepada warga Ukraina, yang saat ini masih dilanda konlfik akibat serangan pasukan Rusia.

Tindakan ini merupakan respons atas permintaan yang diajukan Ukraina ke berbagai negara di dunia, termasuk Indonesia.

"Jadi beberapa kali Ukraina sudah meminta kita untuk memberikan bantuan kemanusiaan, terutama dalam bentuk pangan," jelas Menteri Luar Negeri RI, Retno Marsudi di Gedung Parlemen, Jakarta, Rabu (6/4).

Menurut Menlu, kebutuhan pangan di Ukraina semakin meningkat karena persediaan makanan mereka terus menipis. Sementara perang yang terjadi telah menyebabkan 4,2 juta orang mengungsi keluar Ukraina, dan 6,5 juta menjadi pengungsi domestik.

"Pada saat terjadi krisis kemanusiaan maka Indonesia berusaha untuk berkontribusi, hal yang sama kita lakukan di Myanmar, di Palestina sudah pasti, di Afganistan, terus kemudian sekarang ada di Ukraina," ucap Retno.

Menlu juga menjelaskan bagaimana sikap Indonesia mengenai konflik ini. Sebab Ukraina dan Rusia memiliki hubungan yang dekat dengan Indonesia.

Halaman:
Reporter: Ashri Fadilla
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...