Awal Ramadan Beda, Umat Muslim Indonesia Rayakan Idul Fitri Bersamaan

Aryo Widhy Wicaksono
1 Mei 2022, 19:45
Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas memberikan keterangan hasil sidang isbat penetapan 1 Ramadan 1443 Hijriah di Kemenag, Jakarta, Jumat (1/4/2022).
ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/aww.
Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas memberikan keterangan hasil sidang isbat penetapan 1 Ramadan 1443 Hijriah di Kemenag, Jakarta, Jumat (1/4/2022).

Umat muslim di Indonesia dapat merayakan Hari Raya Idul Fitri tahun ini secara bersamaan, karena sesuai penetapan pemerintah, dan kesepakatan mufakat di antara organisasi masyarakat (ormas) Islam 1 Syawal 1443 Hijriah jatuh pada Senin 2 Mei 2022.

Penetapan Idul Fitri ini diputuskan pada Sidang Isbat yang digelar Kementerian Agama (Kemenag), Minggu (1/5). Setelah melakukan perhitungan menggunakan dua metode, yaitu rukyatul hilal atau melihat penampakan hilal, serta hisab dengan menggunakan perhitungan matematis atau ilmu astronomi.

"Dengan hasil Sidang Isbat ini, seluruh umat Islam di Indonesia dapat merasakan Idul Fitri secara bersama-sama," kata Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas usai sidang Isbat yang disiarkan secara hybrid, Minggu (1/5).

Menag berharap keputusan ini juga dapat memperkuat persatuan di kalangan umat muslim. "Semoga ini menjadi cerminan kebersamaan umat Islam di Indonesia," jelas Yaqut.

Pada kesempatan terpisah, Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) juga telah menetapkan bahwa Hari Raya Idul Fitri jatuh esok hari (2/5). Penetapan ini diambil setelah perwakilan PBNU di berbagai daerah melihat penampakan hilal.

Sama halnya dengan pemerintah, PBNU juga menetapkan Idul Fitri menggunakan metode rukyat dan hisab.

Halaman:
Reporter: Aryo Widhy Wicaksono
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...