Turki Keluarkan Travel Warning ke AS dan Eropa, RI Pantau Situasi

Aryo Widhy Wicaksono
29 Januari 2023, 23:26
Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Teuku Faizasyah memberikan keterangan dalam sesi pengarahan pers di Jakarta, Kamis (19/1/2023). (ANTARA/Shofi Ayudiana)
ANTARA/Shofi Ayudiana
Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Teuku Faizasyah memberikan keterangan dalam sesi pengarahan pers di Jakarta, Kamis (19/1/2023). (ANTARA/Shofi Ayudiana)

Turki memberikan peringatan perjalanan atau travel warning kepada warganya yang bepergian ke kawasan Amerika Serikat dan Eropa, terhadap risiko meningkatnya kemungkinan serangan dengan latar belakang Islamofobia, xenofobia, dan rasisme.

Peringatan ini merupakan buntut dari aksi pembakaran Al-quran yang dilakukan Pemimpin partai politik politik sayap kanan Stram Kurs, Rasmus Paludan, saat demonstrasi di depan kantor Kedutaan Besar Turki di Stockholm, Swedia, pada Sabtu (21/1) pekan lalu.

Menanggapi peringatan Turki ini, Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia (Kemlu RI), akan memantau perkembangan dan memeriksa situasi untuk memastikan kebenaran adanya peningkatan risiko serangan kekerasan terhadap warga muslim. Hal ini dilakukan untuk menjamin keselamatan warga Negara Indonesia di kedua kawasan tersebut.

"Sedang dipastikan oleh rekan yang menangani perlindungan WNI," ungkap Juru Bicara Kemlu RI, Teuku Faizasyah, melalui pesan singkat kepada Katadata.co.id, Minggu (29/1).

"Khususnya apakah ada perspektif ancaman serupa dengan yang disinyalir oleh pihak Turki," ujarnya melanjutkan.

Menurutnya, Indonesia saat ini belum mengeluarkan travel warning secara khusus kepada WNI, terutama mereka yang berada di Eropa dan Amerika Serikat.

Terkait aksi pembakaran ini, Indonesia sebelumnya telah mengutuk keras tindakan Paludan. Melalui akun Twitter resmi, Kemlu RI menyatakan tindakan Paludan merupakan penistaan terhadap Al-Quran.

"Kebebasan ekspresi harus dilakukan secara bertanggung jawab," tulis Kemlu RI pada akun Twitter @Kemlu_RI, Minggu (22/1) lalu.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...