Kuasai Saham Alfamidi, Laba AMRT Bisa Meroket

Penulis:

Editor:

8/10/2014, 11.36 WIB

Meski menjual seluruh kepemilikannyaLawson ternyata masih bisa memiliki MIDI secara tidak langsung

alfamart
KATADATA

KATADATA ?  PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk (AMRT) siap menguasai PT Midi Utama Indonesia Tbk (MIDI). AMRT akan membeli 864,7 juta atau 30 persen saham MIDI milik Lawson Asia Pacific Holdings Pte Ltd.

Dengan membeli seluruh porsi Lawson, AMRT kelak menguasai 86,72 persen saham MIDI. Untuk mewujudkan rencana itu, AMRT akan melakukan private placement atau menerbitkan saham baru tanpa Hak Memesan Efek Terlebh Dahulu (HMETD) sebanyak 864,7 juta saham atau 2,24 persen dari modal disetor penuh. Harga private placement itu Rp 600 per saham atau Rp 518,82 miliar. 

Meski menjual seluruh kepemilikannya, Lawson ternyata masih bisa memiliki MIDI secara tidak langsung. Peritel asal Jepang ini akan menyerap saham private placement AMRT. Artinya, Lawson akan menyerah seluruh saham baru AMRT. Dengan demikian, transaksi ini seperti tukar menukar kepemilikan saham.

Meski Lawson Asia Pacific tak lagi menggenggam MIDI, kinerja operasional pemilik gerai Lawson, Alfamidi dan Alfa Express ini masih sesuai target. "Transaksi ini tak berpengaruh terhadap kinerja MIDI. Tapi dampaknya akan signifikan untuk AMRT," ujar Tomin Widian, Direktur Keuangan AMRT seperti dikutip Kontan (8/10).

AMRT akan meraup tambahan laba dari MIDI. "Dampaknya cukup positif ke laba. Ada tambahan sebesar 30 persen kontribusi MIDI ke laba AMRT" ujar Tomin.

Reporter: Redaksi

Anda Belum Menyetujui Syarat & Ketentuan
Email sudah ada dalam sistem kami, silakan coba dengan email yang lainnya.
Alamat email Anda telah terdaftar
Terimakasih Anda Telah Subscribe Newsletter KATADATA
Maaf Telah terjadi kesalahan pada sistem kami. Silahkan coba beberapa saat lagi
Silahkan mengisi alamat email
Silahkan mengisi alamat email dengan benar
Masukkan kode pengaman dengan benar
Silahkan mengisi captcha

Video Pilihan