Amien Sunaryadi Resmi Menjabat Kepala SKK Migas

Penulis: Nur Farida Ahniar

Jum'at 21/11/2014, 13.09 WIB

Sebagai Kepala SKK Migas ia dibebani tugas agar bisa mengembalikan kepercayaan publik

Katadata
KATADATA | Arief Kamaludin
AMien Sunaryadi dilantik sebagai Kapala SKK Migas yang baru, Jumat (21/11).

KATADATA ? Amien Sunaryadi resmi menjabat sebagai Kepala Satuan Kerja Khusus Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas (SKK Migas) pada hari ini, Jumat (21/11). Amien menggantikan Johannes Widjanarko yang sebelumnya menjadi Pelaksana Tugas (Plt) Kepala SKK Migas sejak Agustus 2013.

Sebelumnya Kepala SKK Migas dijabat oleh Rudi Rubiandini. Namun karena terkena kasus hukum di Komisi Pemberantasan Korupsi, Rudi tak lagi menjabat sebagai Kepala SKK Migas.

Dalam acara pelantikan yang diselenggarakan di kantor SKK Migas, Johannes berharap Amien dapat mengembalikan kedaulatan energi. Dia berharap Amien dapat bekerja dan membawa SKK Migas ke arah lebih baik. "Semoga kedepan makin sesuai harapan terutama target yang ditentukan," katanya.

Amien sendiri mengakui kurang menguasai bidang minyak dan gas. Sebagai Kepala SKK Migas, ia dibebani tugas agar bisa mengembalikan kepercayaan publik. Ia akan melakukan perbaikan di SKK Migas. Salah satunya proses bisnis di industri migas agar bisa berjalan cepat dan hati-hati."Sehingga menimbulkan kepastian, sehingga pada akhirnya produksi migas mencapai titik optimal," ujarnya. (Baca: Alasan Penunjukan Kepala SKK Migas Amien Sunaryadi)

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said menilai Amien adalah sosok pejuang. Meski bukan dari kalangan internal, Sudirman berharap Amien dapat memberikan perubahan besar untuk SKK Migas. "Tidak terbawa beban psikologis jika melakukan perombakan," katanya.

Sudirman juga meminta agar para pelaku industri migas tidak mengganggu timnya bekerja. "Jangan ganggu tim saya. Kami masuk untuk benah-benah. Ringankan beban kami," ujarnya.

Amien Sunaryadi diangkat Presiden Joko Widodo menjadi Kepala SKK Migas melalui Keputusan Presiden Nomor 189/M/2014. Dalam Kepres yang berlaku sejak 18 November 2014 itu juga memberhentikan Rudi Rubiandini sebagai Kepala SKK Migas dan memberhentikan Jonanes Widjonarko sebagai Plt Kepala SKK Migas. 

Amien merupakan mantan Wakil Ketua KPK periode 2003-2007. Pria kelahiran Malang, 23 Januari 1960 ini juga merupakan mantan Kepala Sub Direktorat Pengawasan Khusus Kelancaran Pembangunan pada Deputi Bidang Pengawasan Khusus, Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP).  

Reporter: Arnold Sirait

Anda Belum Menyetujui Syarat & Ketentuan
Email sudah ada dalam sistem kami, silakan coba dengan email yang lainnya.
Alamat email Anda telah terdaftar
Terimakasih Anda Telah Subscribe Newsletter KATADATA
Maaf Telah terjadi kesalahan pada sistem kami. Silahkan coba beberapa saat lagi
Silahkan mengisi alamat email
Silahkan mengisi alamat email dengan benar
Masukkan kode pengaman dengan benar
Silahkan mengisi captcha