Terseret Politik, Indika Ganti Dua Pengurus yang Jadi Tim Sukses AHY

Arnold Sirait
27 Januari 2017, 17:28
Dirut Indika Energy
Arief Kamaludin|Katadata
Direktur Utama Indika Energy, Arsjad Rasjid, saat jumpa pers terkait mundurnya Wishnu Wardana sebagai komisaris utama perusahaan di Jakarta, Jumat, (27/1).

PT Indika Energy Tbk segera melakukan perombakan pengurus dalam Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) pada Senin mendatang (30/1). Perombakan itu terkait dengan mundurnya dua orang pengurus perusahaan energi dan pertambangan tersebut karena menjadi anggota tim sukses Calon Gubernur DKI Jakarta Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

Komisaris Utama Indika Energy Wishnu Wardhana telah mengundurkan diri sejak 7 Desember 2016. Ia melepas seluruh jabatan di holding company dan anak-anak perusahaan Grup Indika Energy, serta tidak lagi terlibat dalam manajemen dan fungsi bisnis apa pun.

Sedangkan Rico Rustombi, Direktur Utama PT Mitrabahtera Segara Sejati Tbk mengundurkan diri sejak September 2016. Mitrabahtera merupakan anak perusahaan Indika Energy.

Alasannya, mereka tengah aktif menjadi anggota tim sukses AHY. Wishnu merupakan manajer kampanye sedangkan Rico menjadi juru bicara tim pemenangan AHY. Direktur Utama Indika Energy Arsjad Rasjid mengapresiasi keputusan Wishnu untuk mundur karena ingin fokus pada kegiatan di luar perusahaan. Langkah ini menjauhkan perusahaan dari benturan kepentingan pribadi, khususnya terkait politik.

“Meskipun kegiatan beliau di luar perusahaan dilakukan sepenuhnya dalam kapasitas pribadi, keputusan beliau untuk mundur dari Indika Energy diperlukan untuk menepis mispersepsi yang mungkin saja terjadi," kata dia di Jakarta, Jumat (27/1). (Baca: Manajer Kampanye Cagub Jakarta AHY Mundur dari Indika)

Menurut Arsjad, langkah Wishnu dan mantan karyawan lain yang berkiprah dalam kegiatan politik sepenuhnya merupakan keputusan dan tanggung jawab pribadi. Mereka sama sekali tidak merepresentasikan sikap perusahaan maupun pemegang saham.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...